Manaoag

Manaoag Church (dok PDOT)

Sekilas Tentang Manaoag

Manaoag merupakan munisipalitas yang berada di Provinsi Pangasinan, Filipina. Jika kamu ingin wisata di Filipina dengan konsep religi, Manaolag lah tempat yang tepat.

Bisa dibilang Manaoag adalah destinasi wisata populer di kalangan untuk Kaum Katolik. Tidak hanya warga Filipina, namun tujuan turis dunia juga. Salah satu destinasi wajib yang dikujungin wisatawan bila wisata ke Manaoag adalah Gereja Basilika Manaoag.

Kegiatan Utama

1. Wisata Religi

Terdapat beberapa gereja yang bisa kamu kunjungi saat wisata di Manaoag, Filipina. Sebut saja Gereja Iglesia dan Gereja Basilika Manaoag. Gereja yang paling populer dan menjadi destinasi wajib turis adalah Gereja Basilika.

Saat bepergian di Filipina, kamu akan melihat bagaimana warga Filipina sangat memuja Bunda Maria. Dengan mudah kamu akan menemukan patung ini, termasuk jalan raya dan mall. Patung-patung Maria ini biasanya dinamakan sesuai dengan kota atau gereja setempat seperti Bunda Maria dari Peñafrancia, Bunda Maria dari Namacpacan, dan Bunda Maria dari Manaoag.

Bunda Maria dari Manaoag adalah patung gading dari abad ke-17 dengan baju yang memiliki detail rumit, bordiran emas, dan permata. Patung ini diperlakukan seperti manusia. Bajunya diganti dan diberi parfum secara berkala. Penduduk setempat yakin bahwa patung ini memiliki mukjizat menyembuhkan orang sakit dan kesusahan.

Bunda Maria dari Manaoag sangat penting sehingga ditempatkan di altar yang tinggi di dalam kaca anti peluru. Umat dapat masuk dari belakang altar untuk berdoa kepada Bunda Maria dan menyentuh punggungnya. Sangat menarik cara warga dan peziarah menunjukkan baktinya. Kalau kamu tertarik mengenal lebih jauh sejarah Bunda Maria dari Manaoag, kunjungilah museum yang diabdikan untuknya.

2. Menikmati Festival

Beragam festival di Filipina yang semarak untuk mengisi liburan kamu. Apa lagi perayaan untuk santo-santo pelindung. Salah satunya ada di Manaoag yaitu Festival Bunda Maria dari Manaoag setiap Rabu ketiga setelah Paskah. Pastikan kamua sudah reservasi hotel terlebih dahulu, karena hotel-hotel akan penuh di masa perayaan.

3. Jajanan Pinggir Jalan

Dijual di pinggir jalan, tupig adalah cemilan yang pantang ditolak. Kebanyakan makanan manis dipanggang atau rebus, tapi tupig dibungkus daun pisang dan dibakar. Penganan ini terbuat dari tepung beras manis dan parutan kelapa. Kenyal dengan parutan kelapa, tupig biasa dimakan setelah ke gereja. Loac, kota tetangga bahkan mengadakan Festival Tupig!

 

Bagaimana Mencapainya

Jarak antara Kota Manila dengan Manaoag sekitar 169 Km. Kamu bisa menaiki bus atau mengendarai mobil dari Manila. Waktu tempuh kira-kira 3-4 jam.

Dari Cubao, gunakan bus (4 jam perjalanan) jurusan Dagupan seperti Victory Liner dan Dagupan Bus Lines. Bus akan melewati Manaoag. Ada beberapa bagian Pangasinan yang selalu padat dengan kendaraan, anggaplah ini latihan untuk bersabar. Anda juga bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi (2 jam perjalanan) dari Baguio.

 

TIPS

Cobalah Patupat, semacam ketupat yang dibungkus banig atau bayong.

 

INFORMASI HARGA

– Harga tergantung tempat dan waktu
– Update November 2018

 

BARANG/JASA Harga
Makan – Hidangan khas – Patupat Php 100 / 3 potong
Makan – Hidangan khas – Puto Calasiao (kue dari tepung beras) Php 80 / kilogram
Makan – Hidangan khas – Tupig Php 5 – Php 7 / potong
Makan – Hidangan khas – Guapple (jambu biji raksasa) Php 10 – Php 20 / buah
Makan – ayam bakar Php 50 – Php 200 / porsi
Akomodasi – kamar hotel Php 800 – Php 2.500 / kamar
Akomodasi – kamar keluarga Php 1.500 – Php 3.500 / kamar
Akomodasi – kamar resor Php 2.000 – Php 4.000 / kamar
Transportasi – 10 menit menggunakan becak Php 10 / tarif minimum
Transportasi – 10 menit menggunakan Jeepney Php 8,50 / tarif minimum
Kegiatan – terima berkat dari gereja Sukarela
Kegiatan – menyalakan lilin di gereja Php 3 – Php 50 / lilin
Belanja – pernak-pernik lokal Php 10 – Php 150 / barang
Belanja – Suvenir T-Shirt Php 100 – Php 250 / kaus
Belanja – Gambar Bunda Maria dari Manaoag Php 120 – Php 4.000 lembar
Belanja – Rosario Bunda Maria dari Manaoag Php 15 – Php 250 / kalung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *