Malaybalay City

Monastery of the Transfiguration (dok PDOT)

Tentang Malaybalay

Malaybalay City adalah ibukota Bukidnon yang tidak memiliki garis pantai. Udara di Malaybalay City sejuk dan nyaman karena memiliki bentang alam dan pegunungan yang indah.

Kota ini memiliki sisa-sisa lahan hutan di Mindanao di perbatasan timur dan tenggaranya. Daerah ini juga habitat asli rajawali Filipina. Malaybalay City memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan.

Agri-Ecological Techno Demo Center di Gn. Kitanglad memiliki peran aktif dalam pertanian dan konservasi Gunung Kitanglad. Pusat ini menerapkan sistem pertanian yang sudah dikembangkan khusus dan memiliki taman lingkungan seluas enam hektar dengan spesies pohon endemik.

Malaybalay City merupakan suaka alam dan suaka budaya bagi tujuh suku asli yang merupakan penduduk pertama di provinsi ini. Festival Kaamulan menggalakkan pentingnya melestarikan budaya dengan merayakan adat dan budaya suku asli provinsi ini.

Ada beberapa objek wisata baik alami maupun buatan. Gunung Kitanglad merupakan gunung tertinggi keempat di Filipina. Monastery of the Transfiguration juga patut Anda kunjungi.

 

dok PDOT

Kegiatan Utama

1. Wisata budaya

Monastery of the Transfiguration dibangun oleh seniman nasional dalam bidang arsitektur, Leandro Locsin. Kunjungi rumah adat suku Tulogan untuk melihat keseharian penduduk setempat. Anda juga bisa mengunjungi Ethno-Cultural Museum di Bukidnon State University (BSU). Kunjungi juga Kaamulan Park, dan saksikan sendiri aneka budaya dari tujuh suku asli provinsi ini.

2. Mendaki gunung

Saat liburan di Malaybalay City, kamu bisa mendaki Gunung Kitanglad, gunung tertinggi keempat di Filipina. Juga ada Gunung Capistrino dengan formasi bebatuan yang unik dan gua-gua yang menantangnya. Cocok untuk para petualang.

Jangan lewatkan Gunung Dulang-Dulang, gunung kedua tertinggi di Filipina yang berada di Mt. Kitanglad Range Natural Park. Selama mendaki kamu bisa menikmati lembah dan melintasi panorama jajaran kitanglad. Disarankan mendakilah saat siang hari.

3. Melihat burung

Anda bisa mengamati burung di tiga lokasi, pertama Del Monte Eco-lodge, suaka burung yang menjadi habitat alami rajawali Filipina. Kedua di Gunung Kitanglad Agri-Ecological Techno Demo Center. Dan Cinchona Park, bekas pangkalan militer PDII yang sekarang menjadi tempat bersarang burung.

 

Gunung Dulang-Dulang (dok traverseandmore.com)

Cara ke Malaybalay

1. Udara

Tidak ada penerbangan komersil dari Manila ke Malaybalay City. Bandara terdekat adalah Lumbia di Cagayan de Oro City, yang melayani penerbangan domestik dari Manila, Cebu, dan Davao. Dari Cagayan de Oro City, Anda bisa melanjutkan melalui jalur darat Malaybalay City.

2. Darat

Ada bus yang berangkat berkala dari Cagayan de Oro ke Malaybalay City. Jaraknya sekitar 104 kilometer dan perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

3. Laut

Malaybalay City dapat dicapai melalui pelabuhan Cagayan de Oro City. Layanan feri menghubungkan pelabuhan Cagayan de Oro City ke pelabuhan Manila, Cebu, dan Bohol, serta pelabuhan lain di Luzon dan Visayas. Dari Cagayan de Oro City, Anda dapat melanjutkan melalui jalur darat ke Malaybalay City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *