Lingayen

Pantai di Lingayen (pangasinan.gov.ph)

 

Sekilas Tentang Lingayen

Wisata di Filipina, banyak tempat menarik  yang bisa kamu kunjungi, apalagi kamu pecinta pantai. Berkunjung saja ke Lingayen, munisipalitas yang berada di Provinsi Pangasinan. Filipina memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 15.000 kilometer. Sampai saat ini Lingayen masih menjadi tempat terindah dan favorit wisatawan di Pangasinan.

Provinsi Pangasinan memiliki 44 kota kecil dan empat kota besar—15 di antaranya berada di garis pantai Teluk Lingayen. Pastinya siapaun yang berkunjung ke sini tidak akan kehabisan pantai dan kota pesisir.

Wisata di Lingayen, kamu tidak hanya akan disajikan pesisir pantai saja. Kunjungi juga beragam arsitektur kuno dan kulinernya yang memanjakan lidah.

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Jika ingin merasakan pantai di tengah kota, cobalah ke Pantai Capitol. Pantai ini membentang sejauh mata memandang. Sekedar berjalan santai, berjemur, berenang, kayak, atau berselancar di teluk pasti menyenangkan.

Kamu yang suka golf dan ingin menikmati pantai juga bisa berkunjung ke Lingayen Gulf Beach Club.

2. Keliling Kota

Beragam landmark menarik dengan arsitektur menawan bisa kamu kunjungi saat wisata di Lingayen. Untuk arsitektur kuno, kunjungi saja kantor gubernur (Capitol). Bangunan ini merupakan salah satu dari delapan keajaiban arsitektur Filipina. Dirancang dengan gaya kolonial Amerika di awal tahun 1900, gedung ini menampilkan pilar-pilar khasnya dipadukan dengan kayu keras.

Kunjungi Monumen PDII di Lingayen yang menyimpan peninggalan dan artefak dari pejuang kemerdekaan Filipina dan tentara Amerika. Jenderal MacArthur dan tentara sekutu mendarat di Teluk Lingayen selama PDII.

Kamu juga bisa berkunjung ke Rumah Urduja yang sarat pengaruh arsitektur suku setempat. Namanya berasal dari putri dalam dongeng di abad ke-14. Kini rumah ini menjadi kediaman gubernur.

Juga ada Gereja Epiphany of Our Lord Parish, Sison Auditorium, dan Museum Ramos Ancestral. Lingayen adalah ibukota provinsi dan kamu juga aakan mudah menemukan universitas, museum, dan perpustakaan provinsi.

3. Kuliner

Sebagai kotamadya yang terkenal dengan garis pantai yang panjang dan lebar, Lingayen tekenal dengan industri fermentasi produk ikannya, seperti bagoong (pasta ikan) bagoon alamang (pasta udang fermentasi) dan patis (saus ikan).

Biasanya fermentasi ini dicampur dengan sayuran, daging, bahkan sampai buah-buahan lho. Ibaratnya tak lengkap makan kalau tidak pakai bagoong. Produk-produk ini juga di ekspor ke luar Filipina lho.

Nah kamu juga harus seperti warga lokal Filipina yang suka nasi dan lontong. Direbus, dikukus, atau dipanggang, lontong manis ini selalu tersedia. Puto Calasiao menduduki posisi atas hidangan favorit. Penganan lezat yang kenyal dengan potongan sekali gigit. Puto dari kota ini selalu menjadi penganan yang istimewa.

 

Bagaimana Mencapainya

Lingayen dikelilingi darat di tiga sisinya dan cara terbaik adalah menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan memakan waktu lima jam dari Manila dengan kendaraan pribadi dan mungkin lebih lama beberapa jam menggunakan angkutan umum.

Gunakan NLEX (Northern Luzon Expressway) dan berkendara melewati provinsi Pampanga dan Tarlac. Manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati pemandangan di sepanjang jalan. Jika menggunakan bus, ada beberapa armada yang dapat Anda pilih seperti Dagupan Bus Lines, Victory Liner, Five Star Bus Company dan SOlid North Bus Company.

TIPS

Cobalah skimboarding di pagi hari di Teluk Lingayen atau coba Lapangan Golf Area di Capitol Resort.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *