Las Piñas

Gereja Saint Joseph (dok laspinascity.gov.ph)

 

Sekilas Tentang Las Piñas

Liburan di Filipina, berkunjunglah ke La Pinas. Kota yang terkenal dengan urbannya ini berada kawasan Metro Manila. Kota ini berjarak 22 Km dari pusat Kota Manila.

Salah satu destinasi terkenal di kota ini yang mesti kamu kunjungi saat liburan di Filipina adalah Orgel Bamboo.  Di awal tahun 1800-an seorang pendeta bernama Diego Cera membuat orgel dari logam dan kayu tapi bahan utamanya bambu. Hampir berumur 200 tahun, Orgel Bambu merupakan Harta Budaya Nasional karena hanya satu-satunya di dunia.

Kegiatan Utama

1. Wisata Religi dan Sejarah

Orgel ini memiliki 1.031 pipa. Kunjungi Gereja Saint Joseph di Historical Corridor dan lihat sendiri alat musik yang megah ini di lantai duanya. Untuk mendengarkan suara khasnya, anda harus menghadiri misa.

Organis kawakan Armando Salarza dan murid-muridnya melayani sampai dengan tujuh misa setiap hari minggu, dan dua misa di hari biasa. Gereja Saint Joseph nya sendiri patut dikunjungi. Gereja ini dibangun dari tanah liat dan batu gunung berapi di abad ke-19.

Bagaimana kalau kamu juga berkunjung ke pabrik di mana mereka membuat ‘museum berjalan?’. Sarao Jeepney Factory merupakan pembuat jeepney paling terkenal di Filipina.

Setelah Perang Dunia II, warga Filipina mengambil kendaraan perang tentara Amerika Serikat dan memodifikasinya. Kini fungsinya seperti bus antar kota yang kecil dan lebih asyik.

Jeepney merupakan gambaran dan ekspresi kepribadian pemiliknya. Kadang ada foto anak pemiliknya, ungkapan favorit, lukisan tempat kerja atau kampung halaman, karikatur aktor favorit, atau pernak-pernik hiasan yang berkilau. Jeepney sudah seperti museum dan menarik untuk dipandang. Mampirlah di Pulang Lupa untuk melihat kendaraan khas Filipina ini dibuat.

2. Melihat anek burung

Kunjungi Kota Parañaque, area Las Piñas-Parañaque Critical Habitat and Eco-tourism merupakan satu-satunya lokasi hutan bakau yang tersisa di Coastal Road. Di sini kamu bisa mengamati burung raja udang kalung putih, bondol rawa, dan dara laut kumis.

Cara Menuju La Pinas

Ingin liburan di Filipina dan menuju ke La Pinas, kamu bisa terbang ke Manila. Setelah itu melanjutkannya dengan jalur darat.