Koronadal City

 

Air Terjun Siok (dok PDOT)

 

Tentang Koronadal City

Koronadal City merupakan kota yang berada di Mindanao, Filipina. Koronadal City dikenal juga dengan nama Marbel, kota kelas tiga di provinsi Cotabato Selatan.

Koronadal City juga dikenal sebagai ‘Mahkota dari Selatan’. dengan lembah di antara pegunungan Roxas dan Quezon ini merupakan perpaduan kota modern dan gaya hidup pedesaan.

Pusat kota ini memiliki berbagai fasilitas kota besar—mal, restoran, dan banyak sekali becak. Koronadal City juga pusat perdagangan dan pendidikan di wilayahnya. Sebagai ibukota provinsi dan wilayah ini, Koronadal merupakan pusat perdagangan dan pendidikan. Ada banyak restoran di sini.

Di pinggir kota, Anda akan menemukan lahan pertanian yang luas dan pegunungan dengan hutan tropis. Koronadal City salah satu kota yang berbahasa Hiligaynon di Mindanao, sementara lainnya berbahasa Cebuano. Namun, jangan kaget mendengar bahasa B’laan, T’boli, dan Maguindanaon karena populasi kota ini sangat beragam. Ingin menghindar dari ramainya perkotaan? Perbukitan dan pegunungan yang mengelilingi kota ini menawarkan pelarian dan petualangan.

 

dok PDOT

 

Kegiatan Utama

1. Wisata Kuliner

Tak afdal bila jalan-jalan tidak mencicipi kuliner setempat. Koronadal City punya Sabalai Bistro menyajikan hidangan tradisional Filipina sementara Cinco Ninas yang bergaya menawarkan suasana makanan modern. Wilayah ini, sama halnya dengan Cotabato Selatan, memiliki banyak hidangan daging—babi, ayam, sapi, dll. Anda akan menemukan di restoran seperti Manny’s Balbacua and Bulalo menyajikan segala bagian dari sapi—digoreng, rebus, atau kukus. Anda bahkan bisa mencicipi kulit sapi dan sumsum tulangnya.

Tentunya, setiap kota di Filipina memiliki versinya sendiri dari halo-halo, atau ‘campur-campur’. Hidangan pencuci mulut ini merupakan campuran dari agar-agar buah dan kacang, fla, susu, dan eskrim. Di Apareha’s, es campur ini disajikan dalam kelapa. Cicipi hidangan setempat dan cari tahu apa itu balbacua.

2. Wisata air terjun dan gua

Koronadal City juga punya berapa destinasi air terjun yaitu Saravia Falls, Supon Fall, dan Air Terjun Siok. Untuk menuju air terjun ini kamu harus hiking sekitar 2 jalm. Tertantang?

Kamu yang ingin menjelejahi lebih dalam pesona Koronadal City, berkunjung saja ke Gua Cadidang di pegunungan Roxas hanya berjarak 30-40 menit berkendara dari pusat kota.

Mau berenang? Paraiso Verde Water Resort memiliki kolam ombak dan kolam renang ukuran olimpiade. Jika ingin bermalam di resor, The Farm @ Carpenter Hill, menjadi pilihan favorit untuk bersantai dengan interiornya yang lega dan bergaya Asia.

3. Festival

Koronadal City punya festival yang diadakan setiap bulan Januari yaitu Hinugyaw Festival. Ini merupakan festival untuk perayaan hari jadi kota. Jangan lewatkan juga Koronadal international Folklore Festival.

 

Hinugyaw Festival (from hellotravel.com)

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Kamu bisa menggunakan pesawat untuk menuju ke Koronadal City. Ada penerbangan setiap hari dari Manila ke General Santos City. Kemudian menyambungnya dengan transortasi darat.

2. Darat

Dari General Santos, Koronadal berjarak sejam perjalanan menggunakan bus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *