Kepulauan Mactan & Olango

 

 

 

Tentang Kepulauan Mactan & Olango

Liburan ke Filipina, jangan lewatkan melipir ke Kepulauan Mactan dan Olango. Pulau-pulau cantik ini berada di sebelah tenggaranya Pulau Cebu.

Tentu kamu sudah bisa menebak, wisata apa yang ada di pulau-pulau cantik Cebu, kan? Yap, wisata di pantai cantik berpasir putih dengan bawah lautnya yang menakjubkan.

Selain wisata pantai, kamu juga bisa menjajali beragam kegiatan air. Seperti jet ski, parasailing dan selancar angin. Jangan lewatkan olahan seafood segarnya ya.

 

Suaka Margasatwa Pulau Olango (dok PDOT)

 

Kegiatan Utama

1. Bersantai di pantai dan resor cantik

Pulau Mactan dan Olango punya pantai-pantai cantik dengan pasir putihnya. Serta beragam resor di tepi pantai menawarkan pengalaman mewah yang tidak akan terlupakan. Beragam resor mewah bisa kamu pilih di sana.

Banyak juga wisatawan yang berbaring di pasir resor tepi pantai untuk berjemur. Akomodasi di Mactan mencakup dari losmen yang terjangkau sampai Shangri-La Mactan Resort & Spa yang sangat lux, yang juga dikenal sebagai resor papan atas di Asia oleh Travel + Leisure dan Condé Nast Traveler.

2. Bertemu burung

Abadikan burung-burung indah di Suaka Margasatwa Pulau Olango dengan kamera Anda. Ada 60.000 burung migran dari Cina Utara bahkan Siberia yang singgah di 920 hektar hutan bakau, rumput laut, dan daerah endapan lumpur laut. Kuntul cina, trinil paruh panjang, dan gegajahan timur hanya sebagian dari spesies yang dapat kamu temukan di sini.

3. Cicipi hidangan laut segar

Jangan sampai melewatkan makan di restoran sutukil, dan kamu bisa memasak hidangan laut sesuai dengan selera Anda— sugba (bakar), tuwa (rebus) atau kilaw (mentah/lalap). Seafoodnya segar-segar dan memancing selera!

4. Aktivitas air

Di perairan sekitar banyak lokasi menyelam dari tingkat kesulitan yang rendah sampai tinggi, termasuk lokasi favorit seperti Terumbu Kontiki, terumbu Tambuli dan Suaka Laut Pulau Hilutungan.

Seperti Mactan, Olango memiliki beberapa lokasi menyelam dan snorkeling, termasuk Mabini Point yang banyak hiu, habitat koral lunak di Santa Rosa, dan menyelam di lereng laut Baring.

5. Keliling kota

Kalau kamu tidak ingin sekedar bermalas-malasan, Lapu-Lapu City merupakan pusat pembuatan gitar tradisional di Cebu. Kenali lebih jauh industri lokal dan produsen Alegre Guitars melayani tur di pabriknya. Jangan lupa bawa pulang sebagai kenang-kenangan; gitar Cebu terkenal karena kualitas baik, awet, dan harga murah.

 

 

TIPS

1. Saat yang paling tempat untuk berkunjung adalah antara bulan Juli sampai November.

2. Saksikan reka ulang perang antara kepala suku Filipina, Lapu-Lapu dan penjelajah Portugis Ferdinand Magellan setiap 27 April dalam festival tahunan, Kadaugan sa Mactan.

3. Pulau Olango dikelilingi pulau-pulau kecil yang sangat seru untuk dikunjungi satu per satu. Jangan lewatkan pulau Hilutungan, Nalusuan dan Sulpa.

Bagaimana mencapainya

1. Udara

Mactan hanya berjarak kurang dari sejam dari Cebu City, kota dengan akses internasional. Kamu bisa terbang dari Manila (45 menit) ke Mactan-Cebu International Airport.

Ada juga penerbangan internasional langsung dari Hong Kong, Singapura, Narita, Japan, Incheon dan Busan, Korea Selatan.

Banyak juga penerbangan dari kota-kota besar Filipina seperti Iloilo, Bacolod, Davao, Tacloban, Clark, Zamboanga, Dumaguete, Legaspi dan Tagbilaran.

2. Laut

Untuk mencapai pulau Olango, kamu bisa menggunakan perahu tradisional (20 menit) dari Mactan ke Pelabuhan Sta. Rosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *