Isabela

 

 

Bonsai Forest (dok provinceofisabela.ph)

 

Tentang Provinsi Isabela

Provinsi Isabela merupakan provinsi kedua terbesar di Filipina. Isabela memiliki landscap alamnya yang unik dan kekayaan budaya yang beragam, wajib hukumnya kamu kunjungi Provinsi Isabela  bila ingin liburan di Filipina.

Selain kaya akan alam yang cantik, beragam bangunan sejarah dan hal-hal unik bisa kamu temui di Isabela. Seperti kuliner mie khasnya Pangsit Cabagan. Juga ada butaka terbesar dunia (kursi dengan tangan panjang). Bata merah menjadi bahan bangunan untuk gereja Tumauini. Taman Alam Sierra Madre Utara merupakan hutan lindung terbesar di Filipina. Cocok sekali untuk dijelajahi.

 

Giant Butaka (dok provinceofisabela.ph)

Kegiatan Utama

1. Melihat Butaka terbesar di dunia

Kursi raksasa yang jadi pemecah rekor ini dikerjakan oleh 25 orang dan butuh waktu hampir sebulan untuk menyelesaikannya.

2. Kunjungi bangunan sejarah

Gereja bergaya barok dari bata merah Gereja San Matias di Tumauini merupakan Bangunan Bersejarah Nasional.

Juga ada Aguinaldo Shrine, monumen yang mengingatkan perjuangan rakyat Isabela dalam melawan Spanyol.

Berkeliling di Taman Nasional Sierra Madre Utara, kamu dapat menjelajahi hutan paling lebat dan pegunungan tertua di wilayah ini. Hutan lindung terluas di Filipina ini juga memiliki banyak jenis margasatwa.

3. Bertemu Suku Dumagat

Kamu dapat berkunjung ke Divilacan atau Maconacon untuk mengenali budaya suku asli ini. Ada komunitas yang besar di bantaran Sungai Blos (Sungai Dicatayan).

Suku asli dari kotamadya ini, Suku Dumagat yang berkulit gelap dan berambut keriting hidup semi nomaden, dan mengandalkan menangkap ikan dan berburu. kamu dapat bertemu suku yang sederhana dan ramah ini di Hutan Bakau Dicatian.

4. Jelajah alam

Daya tarik murni Divilican memanggil para petualang. Tersembunyi di alam liar di provinsi yang luas ini, tidak ada hal-hal yang umum dari pulau tropis. Generator BBM menjadi pembangkit tenaga. Danau Dicatian yang belum berkembang menjadi suaka buaya tempat Mabuwaya Organization melepaskan anak buaya.

Sempatkan juga ke Pantai Romualdez, pantai kerikil yang menawan dan Pantai Dimanoc, tempat berbiaknya penyu. Untuk sesuatu yang lebih terpencil lagi, segera menuju Dinapigue dan kunjungi air terjun Dibulo yang sangat tinggi.

Kamu mungkin juga tertarik mengunjungi Palanan, lokasi di mana presiden pertama Filipina, Jendral Emilio Aguinaldo, terakhir kali melakukan perlawanan terhadap tentara Amerika Serikat. Ada juga Danau Digoyo dan Diminalno, air terjun Sad-sad, gua Kanasamuan, dan pantai pasir putih di Dicotcotan dan Didadungan

Jelajahi juga Bonsai Forest seluas 5.000 hektar. Kamu bisa melihat hutan dengan bonsai setinggi 2 memter di sini lho.

4. Makan hidangan setempat

Cobalah Pangsit Cabagan di Isabela. Sabutan banyak memiliki hidangan khas setempat.

5. Wisata religi

Kunjungi juga gereja Our Lady of Atocha dan Saint Mathias Church. Dua gereja bersejarah dengan arsitektur megah ini merupakan kebanggaan warga Provinsi Isabela.

Satu lagi gereja paling tua di Provinsi ISabela, yaitu San Pablo Church. Gereja ini dibangun pada tahun 1624.

 

Our Lady of Atocha (dok provinceofisabela.ph)

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila ke Cebu menggunakan maskapai Cebu Pacific Air.

2. Darat

Gunakan bus jurusan Cauayan, Isabela dari Manila, atau bus jurusan Tuguegarao, Cagayan (kamu dapat turun di Isabela).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *