Provinsi Iloilo

 

Pulau Carles Cigantes (dok iloilo.gov.ph)

 

Tentang Provinsi Iloilo

Provinsi Iloilo berada di wilayah Visayas Barat di Filipina. Ibukotanya adalah Iloilo City, walaupun kota ini independent dan tidak langsung diperintah oleh pemerintah Provinsi Iloilo.

Kamu yang ingin liburan di Provinsi Iloilo, banyak daya tarik yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari peninggalan masa kolonial, gereja berusia ratusan tahun yang mengagumkan, Keramahan Ilonggo, dan sup La Paz Batchoy yang lezat.

Temukan rahasia Provinsi Iloilo, dari kepulauan beriklim hangat di utara sampai dengan dataran tinggi yang sejuk di selatan. Temukan indahnya provinsi yang penuh dengan tempat bersejarah, pantai tropis, dan keajaiban alam.

Kegiatan Utama

1. Dari gereja ke gereja

Kunjungi berbagai gereja mengagumkan di selatan Iloilo seperti Gereja Miag-ao, Gereja Guimbal, dan Gereja San Joaquin.

Kunjungi Gereja Miag-ao, salah satu gereja bergaya barok di Filipina yang merupakan situs warisan budaya UNESCO World Heritage. Gereja ini merupakan salah satu bangunan yang paling banyak difoto di Provinsi Iloilo. Tapi Iloilo bukan sekedar tentang rumah kuno dan gereja kolonial.

2. Pulau tak berpenghuni

Sewa kapal untuk mengantar Anda menuju kepulauan di North Utara. Anda bisa menjelajahi di antara 16 pulau di kepulauan Concepcion.

Concepcion memiliki 16 pulau-pulau kecil. Pan de Azucar merupakan yang paling popular, dan juga merupakan yang terbesar. Pasirnya keemasan dan airnya biru cerah. Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Manaphag. Kota San Joaquin memiliki gereja yang cantik, pemakaman yang menawan, dan pulau-pulau kecil yang indah. San Joaquin memiliki jaringan suaka laut di sepanjang garis pantainya yang melindungi berbagai spesies asli — Balabago Marine Sanctuary, Pagang-Guibongan Marine Sanctuary, Tambi-Tambi Marine Sanctuary, dan Kuliatan Marine Sanctuary.

 

Laguna Tangke (dok PDOT)

3. Wisata alam

Trekker pasti akan menyukai Iloilo Selatan. Air Terjun Nadsadjan di Igbaras, dengan batu gampingnya yang besar, menampilkan air yang jernih mencurah ke kolam yang dalam. Jalan menuju air terjun penuh dengan batu-batu raksasa. Sebuah kapel sederhana berdiri di atas bukit dengan pemandangan padang rumput dan teras sawah di sekitarnya. Taklukkan Gunung Napulak, dan Anda mungkin dapat melihat bunga raksasa Rafflesia lobata sedang mekar jika beruntung.

Tempat lain yang wajib kamu kunjungi di selatan adalah Bucari di Leon. Tempat ini dikenal karena udaranya yang sejuk dan hutan pinusnya, serta teras sawah di Sitio Tabionan. Anda dapat berendam di Air Terjun Imoy yang menyegarkan atau di mata air dan air terjun kecil di Sitio Camandag.

Di lepas Pantai Carles dan Estancia di utara Iloilo, Anda dapat menemukan pantai pasir putih dan pulau-pulau tropis. Pulau Gigantes terdiri dari Pulau Gigantes Selatan (Isla Gigantes Sur) dan Pulau Gigantes Utara. Anda dapat menyewa kapal untuk mengantar anda ke tebing batu gamping yang mengelilingi teluk di Pulau Gigantes Selatan. Garis pantainya yang panjang dan airnya yang tenang membuatnya sangat cocok untuk berenang dan snorkeling.

Daki tebing batu gamping dan berenang di air tenang Laguna Tangke. Temukan keindahan Gua Pawikan dan hutannya yang tersembunyi.

Cara ke Iloilo

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Iloilo. New Iloilo Airport, berlokasi di Cabatuan dan berjarak 18 kilometer dari batas kota, dapat dicapai dengan Jeepney, bus, atau taksi.

2. Laut

Iloilo City merupakan akses laut untuk provinsi dan hanya berjarak sekitar lima menit dari pusat niaga kota. Kapal berlayar ke Iloilo City dari Manila 12 kali seminggu dari Zamboanga atau Cagayan de Oro dua kali seminggu, dan dari Cebu harian. Kapal cepat dari Bacolod City memakan waktu paling lama sejam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *