Iloilo City

 

Laguna Tangke (dok PDOT)

 

Tentang Iloilo City

Iloilo City merupakan salah satu kota yang berada di sebelah Barat Filipina. Kota ini merupakan ibukota dari Provinsi Iloilo.

Di masa kejayaannya, Iloilo City dikenal sebagai Ratu Selatan. Kota ini merupakan kota koloni Spanyol terakhir di Filipina saat Manila menyerahkan diri ke Amerika Serikat. Liburan ke Iloilo kamu akan menemukan banyak peninggalan masa laliu di jalanan yang ramai.

Wisata di Filipina, terutama ke Iloilo City, banyak hal yang bisa kamu kunjungi. Terutama dari situs-situ budaya dan sejarah yang beragam. Kota ini sangat kaya akan bangunan gereja yang telah berusia ratusan tahun.

Selain budaya, Provinsi Iloilo juga kaya akan wisata laut. Banyak pulau cantik dengan bawah lautnya yang menawan. Sebut saja Pulau Cabugao Gamay, Pulau Magalumbi, Pulau Antonia, Sitio Pulupandan dan banyak lagi. Silahkan kamu lihat di sini ya.

Katedral Jaro di Iloilo City (dok PDOT)

Kegiatan Utama

Saat wisata di Iloilo banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai wisata sejarah dan budaya, wisata alam , dan kuliner.

1. Wisata Religi dan Budaya

Salah satu gereja yang bia dikunjungi di Iloilo adalah Iglesia de San José de Placer (Gereja San Jose), berdiri di Plaza Libertad dengan tiang-tiang gaya Korintus dan kubah berbentuk salib. Konon merupakan tempat kelahiran festival Dinagyang.

Harta paling bernilai di dalamnya adalah Nuestra Señora del Rosario (Bunda Rosario Kudus) yang dibuat pada tahun 1616, dan replika Sto. Niño dari Cebu yang dibawa ke Iloilo tahun 1968. Sto. Niño dari Paroki Arevalo merupakan tempat disimpannya wujud asli dari Sto. Niño.

Konon katanya patung-patung ini tiba kurang lebih tahun 1581, dibawa oleh aliran Augustin yang mendirikan La Villa Rica de Arevalo (Villa Arevalo) sebagai pemukiman Spanyol. Paroki St. Anne (Gereja San Jose) berdiri megah di tengah alun-alun. Satu-satunya gereja bergaya gotik di luar Manila, dan ciri khasnya adalah bahan dari batu koral dan lukisan dinding yang menggambarkan penyaliban dan kebangkitan Kristus. Menara Lonceng Jaro memiliki 30 lonceng.

Kamu juga bisa berziarah dan menyalakan lilin di National Shrine of Our Lady of the Candles atau Katedral Jaro. Tempat ini sudah dinyatakan sebagai tempat bersejarah oleh Institut Sejarah Nasional. Selagi di Jaro, sempatkan juga berkunjung ke rumah bergaya art deco, Nelly’s Garden.

Iloilo City juga punya gereja yang menjadi Warisan Dunia UNESCO. Gereja ini bernama Gereja Miagao atau The Church of Saint Thomas of Villanova. Gereja Katolik Roma ini selesai dibangun pada tahun 1797 dengan bentuk bangunannya yang megah dan kaya akan relief menawan di masanya.

Namun bukan gereja-gereja saja yang menjadi objek wisata sejarah di Iloilo. Daerah pusat kota pun kaya sejarah. Awali perjalanan dari Iloilo Capitol (Casa Gobyerno atau rumah gubernur). Di dekatnya, Anda akan mendapat Iloilo Museum, di mana terdapat fosil, artefak, gerabah tradisional, dan foto-foto tua provinsi Iloilo.

Bangunan penting lain adalah Air Mancur Arroyo, kilometer nol dari seluruh Pulau Panay. Air mancur yang megah ini juga menjadi bundaran titik temu dari jalan-jalan penting termasuk Calle Real yang bersejarah. Kamu dapat melihat-lihat di JM Basa Street. Di jalan ini banyak bangunan kuno. Tempat ini juga pusat belanja favorit bagi warga Iloilo yang juga disebut Ilongo. Dekat dari situ, ada Freedom Grandstand, tempat ajang Festival Dinagyang diadakan.

Kamu bisa mencapai puncak gedung bea cukai negara yang dikenal dengan nama Aduana dan nikmati pemandangan menarik dari Pusat Niaga Iloilo, Dermaga Sungau Iloilo dan Pulau Guimaras. Muelle Loney juga merupakan dermaga di sungai Iloilo yang melayani feri RORO (roll-on, roll-off) ke Bacolod City. Pastikan Anda melihat patung Nicholas Loney, pria yang dijuluki sebagai bapak dari industri gula di Filipina yang namanya juga dipakai sebagai nama dermaga tersebut.

Berlokasi di sisi selatan Calle Real ada Plaza Libertad, yang dibangun untuk menghormati pahlawan nasional Jose Rizal. Di sekitarnya Anda dapat melihat bangunan-bangunan penting seperti Rumah Kolonial Lacson, Masonic Temple, dan reruntuhan Botica Lacson dan Iglesia de San Jose de Placer. Ada juga Benteng San Pedro, yang dulu melindungi Iloilo City dari pemberontak Moro.

Iloilo juga mulai diminati sebagai kota untuk mengadakan pertemuan (Meetings, Incentives, Conventions dan Exhibitions (MICE)) dengan menawarkan juga berbagai kelebihan. Dengan berkembangnya fasilitas pariwisata, sejarah pelayanan yang dapat diandalkan, akses transportasi dan komunikasi yang mudah, dan keamanan, Iloilo menjadi pilihan ideal bagi perusahaan untuk mengadakan acara. Namun, yang menjadi daya tarik terbesar adalah hiburan yang bisa didapatkan setelah acara perusahaan berakhir. Kalau saatnya tepat, Anda bisa ikut serta dalam festival-festivalnya yang semarak!

 

Pulau Carles Cigantes (dok iloilo.gov.ph)

2. Kuliner.

Tidak lengkap rasanya bila traveling tidam mencobam asakan warga setempat. Kamu harus mencoba hidangan khas setempat La Paz Bachoy, sup mie dari kaldu udang, dada ayam, jerohan babi, rebusan ayam, sayuran yang dicacah dan kulit babi garing.

3. Wisata Pantai dan Laut

Villa Beach di Arevalo merupakan tujuan yang banyak diminati di akhir pekan. Pantai dengan pasir kelabu ini cocok untuk skimboarding, dan hidangan lautnya patut dicoba.

Iloilo kaya akan wisata bawah lautnya dan kota ini surga untuk kegiatan air seperti snorkling, boating, swimming dan diving. Datang saja ke Bugnayan Point Marine Sanctuary and Park, Pulau Agho, Barangay Tambaliza dan lainnya. Kamu bisa lihat di sini spot pulau dan bawah laut yang cantik di Iloilo.

4. Wisata Alam

Wisata di Iloilo kamu harus main air di laguna air asin yang dikeilingi oleh dinding granit sehingga terihat sangat menawan. Laguna ini bernama Tangke. Berair biru dan airnya sangat sejuk.

 

BAGAIMANA MENCAPAINYA

  1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Iloilo. New Iloilo Airport berlokasi di Cabatuan, 18 kilometer dari batas kota dan dapat dicapai dengan jeepney, bus, dan taxi. Setiap harinya ada penerbangan dari Manila ke Iloilo. Saalh satu maskapai yang melayani adalah Cebu Pacific.

2. Darat

Anda dapat mencapai Iloilo City lewat darat dari berbagai wilayah lain di Panay Island. Ada juga layanan bus dari RORO (roll-on roll-off) system. Sdangkan di Iloilo, kamu bisa mengitari kota dengan bus, Jeepney, atau PUV.

Laut

Iloilo City adalah pelabuhan kedatangan utama dan hanya berjarak lima menit dari daerah niaga utama. Kapal berlayar ke Iloilo City dari Manila sebanyak 12 kali seminggu, dari Zamboanga atau Cagayan dua kali seminggu, dan dari Cebu harian. Kapal cepat dari Bacolod City memakan waktu sejam.

INFORMASI HARGA

 

BARANG/JASA Harga
Makan – Batchoy mulai Php 75
Makan – Pancit Molo mulai Php 50
Makan – Biscocho mulai Php 55
Akomodasi – Kamar Hotel mulai Php 400
Akomodasi – Kamar Keluarga mulai Php 3,000
Akomodasi – Kamar Resor mulai Php 2,000
Transportasi – 30 menit menggunakan kapal mulai Php 200
Kegiatan – Tiket museum – Museo Iloilo mulai Php 25 (adults); 15 (students)
Kegiatan – Gereja Molo Gratis
Kegiatan – Casa Mariquit (tur rumah tua) Sumbangan Sukarela
Belanja – Kerajinan Setempat – Tas Tradisional mulai Php 50
Belanja – Tas manik-manik mulai Php 60 – 1,500
Belanja – Suvenir T-Shirt mulai Php 250
Belanja – Suvenir Miniatur Paraw mulai Php 250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *