Guimaras

 

San Lorenzo Windfarm (dok PDOT)

 

Tentang Guimaras

Liburan ke Filipina, melipirlah ke Guimaras, sebuah provinsi kepulauan yang berada di wilayah Visayas Barat. Guimaras beribukota Jordan ini, terkenal dengan produksi mangganya yang super duper enak dan manis.

Walaupun Guimaras termasuk provinsi terkecil di Filipina, namun kekayaannya tidak bisa dipandang remeh. Semuanya bisa kamu temukan di sini, ada pantai, situs sejarah, pemandangan, festival dan yang utama adalah pertanian mangganya. Mangga adalah ikon dari provinsi ini

Ayo siap-siap ke Guimaras!

Taklong Island Marine Reserve (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata sejarah

Kunjungi Mercusuar Guise di Nueva Valencia. Mercusuar ini dibangun pada Pemerintahan Spanyol 1894-1896 dengan tujuan menerangi Laut Filipina dan memandu kapal-kapal penting ke Pelabuhan Filipina.

Ada juga Pelabuhan McArthur di Buenavista. Dermaga ini dibangun Letnan Douglas Mcarthur pada tahun 1903 saat bertugas dengan US Corps of Engineers. Jangan lewatkan Camp Jossman Headquarters yang dulunya menjadi rumah tinggal Jenderal Doluglas McArthur selama penugasannya.

 

Guisi Light House (dok PDOT)

2. Wisata religi

Bala-an Bukid di Jordan merupakan tempat ziarah umat Katolik. Dikenal juga sebagai Gunung Suci, dan ditandai dengan sebuah kapel dan salib putih besar di puncaknya. Sehingga dari kejauhan salib ini terlihat. Dari puncak bukit ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Iloilo dan Guimaras.

Selanjutnya kunjungi Consoler of the Immaculate Heart of Mary (CIHM), sebuah biara seluas 7 hektar yang dibangun pada tahun 2000 oleh Pendeta Fr. Florentino Lim, mantan biarawan trappist dan saudara perempuan CIHM.

Situs religi yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Holy Family Hills di San Lorenzo. Dan juga Our Lady of the Philippines Trappist Monastery, satu-satunya biara pria di Filipina.

Kamu wajib juga berkunjung ke Gereja Navalas, gereja Roma tertua yang ada di Guimaras. Gereja ini dibangun papda 1880-1885.

 

Trapist Monastery (dok PDOT)

3. Jelajah alam

Di Guimaras kamu bisa ke Gua Bucoy di Yordania. Gua ini terbilang kecil, kamu harus merangkak jika ingin masuk ke dalam. Kamu akan terpana, di dalam gua terdapat pantulan cahaya dari kristal dan quart yang berkelap kelip seperti kunang-kunang. Di dalam juga ada danau kecil yang bisa digunakan untuk mandi.

Selain itu, ada Gua Capitoguan, rumah bagi kelelawar dengan panjang gua 250 meter dan tinggi pintu masuknya 12 meter. Juga ada Gua Higante yang kaya kaan stalagmit dan stalaktit. Sering kali turis yang datang ke sini meninggalkan koin dan membuat permintaan.

Kamu yang ingin seru-seruan juga bisa ke Gadsan Eco Park di Buenavista. Ini adalah kawasan lindung seluas 133 hektar untuk menikmati pemandangan perbukitan hijau dan laut biru di Guimaras.

Jangan lewatkan Guimaras Adventure Park di Yordania. Di sini kamu bisa mencoba beragam wahana outdoor yang menyenangkan seperti berkuda, menembak, dan lainnya.

Kamu yang suka hewan laut, bisa ke Jordan Marine Reserve. Ini adalah tempat pelestarian hewan laut yang terancam punah.

Nah jangan lewatkan pemandangan di Dan Lorenzo Windmills, kincir angin raksasa sebanyak 54 batang berputar di hamparan lahan yang hijau. Kincir ini merupakan salah sumber listrik di provinsi ini.

Satu lagi destinasi wajib di Guimaras yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu ke lahan pertanian mangga seluas 5.200 hektar. Di sini terdapat 50.000 lebih pohon mangga lho. Perlu kamu ketahui, Guimaras merupakan penghasil terbanyak jenis mangga termanis di dunia.

 

Alobihod Beach (dok PDOT)

4. Wisata pantai dan pulau

Ada Pantai Guisi untuk kamu yang suka jelajah gua, formasi batuan, dan pecinta pantai. Nikmati suasanaya yang sejuk diantara pohon kelapa yang bergoyang dipinggir pantai.

Nikmati juga tur pulau ke Turtle Island, Ave Maria Island, Baras Cave dan SEAFDEC (SOUTHEAST ASIAN FISHERIES DEVELOPMENT CENTER ). Namun yang wajib kamu kunjungi adalah Turtle Island, rumah bagi beragam spesies kura-kura yang menggemaskan.

Ada Lamurawan Island, yang dari puncak bukitnya kita bisa liat jajaran pulau-pulau kecil yang bertebaran di lautnya. Nikmati juga bersantai di Natago Beach, pantai terpecil bagi yang suka ketenangan. Dan ada Pantai Alobihod, favoritnya warga lokal.

 

Turtle Island (dok PDOT)

5. Festival

Adapun festival yang paling terkenal di Guimaras adalah Mangahan Festival yang diadakan setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya. Ini adalah festival mangga terbesar dan kebanggaannnya Filipina, terutama Guimaras. Selama festival kamu akan melihat bebragam buah mangga produksi lokal dan kamu bisa mencicipi sepuasnya.

Cara ke Guimaras

1. Udara

Bila kamu berangkat dari Manila, terbanglah ke Iloilo. Setelah itu kamu menuju ke Dermaga Ortiz dan naik perahu ke Perlabuhan Jordan di Guimaras.

2. Laut

Kamu juga bisa berangkat dari Bacolod menggunakan kapal feri menuju Kota Iloilo. Setelah itu kamu pergi ke Dermaga Ortiz menggunakan becak, dan naik kapal ke Dermaga Jordan di Guimaras.

Atau kamu naik feri menuju San Lorenzo, Guimaras melalui Dermaga Pulupandan yang bisa dicapai dari Kota Bacolod selama 1 jam menggunakan bus atau becak.

3. Darat

Adapun mode transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling Guimaras adalah becak, motor, atau mobil. Namun jika kamu ingin bebas, lebih baik gunakan motor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *