El Nido, Taytay

Sumber: Journeyera.com

 

Tentang El Nido

Satu lagi tempat cantik di Palawan yang wajib kamu kunjungi jika liburan ke Filipina. El Nido, ikonnya Palawan, wilayah utama untuk menjelajahi keindahan Palawan.

El Nido adalah kotamadya Filipina yang berada di Palawan. Kota ini dikenal dengan pantai berpasir putih, terumbu karang, dan sebagai pintu menuju pulau-pulau cantik.

Dari El Nido kamu bisa berkunjung ke Kepulauan Bacuit yang terkenal dengan tebing curamnya. Ada lagi Pulau Miniloc yang terkenal dengan perairan jernih dan lagunanya yang menawan. Pulau Shimizu dengan beragam ikannya yang cantik dan spot selam berupa terowongan panjang di Pulau Dilumacad yang mengarah ke bawah gua laut.

Sudah terbayangkan, apa yang bisa kamu nikmati di El Nido? Ya, hamparan ciptaan Tuhan berupa laut dan pulau yang indah berserta bawah lautnya.

Siapkan koper dan baju renangmu. Ayo liburan!

 

Freediving Filipina di El Nido
Freediving Filipina di El Nido (Sumber: situs freediving-dimension)

 

 

Cara ke El Nido

1. Udara

Kamu bisa terbang langsung ke El Nido dari Manila dan Cebu. Setiap harinya ada kok penerbangan langsung ke sini.

2. Laut

Kamu yang punya waktu luang banyak, bisa juga berlayar dari Coron ke El Nido, dan ini cukup memakan waktu. Lama kamu berlayar sekitar 7-10 jam dan kapal hanya beroperasi 4-5 kali dalam seminggu. Itupun tergantung dengan cuaca dan harga kapal feri ke El Nido sekitar 1.800 Peso (Rp 483 ribu).

 

Pemandangan di Bacuit Bay (from elnidotourism.com)

 

Kegiatan Utama

Tentu kamu sudah tahu, kegiatan utama yang bisa dinikmati di Palawan, terutama El Nido adalah wisata lautnya. Ada pulau, pantai, dan laguna yang menunggu kaki kamu.

1. Wisata Pantai

Selama di El Nido kamu akan terpuaskan oleh pantai-pantai berair jernih dan pasir putih bersih. Ada Nacpan Beach, Maremegmeg Beach, Lio Beach, Duli Beach, Hidden Beach dan masih banyak pantai lainnya.

Perlu juga kamu ketahui, tidak semua pantai di El Nido berpasir putih. Di sana juga ada pantai berpasir keemasan yang pesonanya sangat cantik. Kamu wajib berenang, berjemur dan merasakan kesegaran berenang di perairan ini. Jangan lewatkan juga sunset menawan ya.

 

Nacpan Beach (from homeiswhereyourbagis.com)

 

2. Diving

Karena kecantikan lautnya, El Nido sampai dijuluki sebagai ibukotanya scuba diving Filipina. Tak afdal rasanya berlibur ke sini bila kamu tidak menikmati bawah lautnya.

Banyak spot selam yang bisa kamu jelajahi di sini. Mulai dari kedalaman 6-30 meter dengan terumbu karang dan ikan lautnya yang beragam. Kamu yang pemula tidak perlu khawatir, karena sebagian besar spot selam ini ramah untuk pemula.

Bila kamu tida bisa menyelam, snorkling bisa jadi pilihan. Nikmati pemandangan bawah laut yang tidak akan terlupakan.

 

Hidden Beach (from gettingstamped.com)

 

3. Wisata pulau

Terdapat pulau-pulau eksotis yang menunggu kamu. Sebut saja Snake Island dengan pasir timbulnya yang melekuk seperti ular. Ada juga Pulau Simizu dengan struktur bebatuan tebingnya yang menakjubkan.

Jangan lewatkan Pulau Helikopter, sesuai dengan namanya pulau ini dari kejauhan seperti badan helikopter raksasa yang berada di Bacuit Bay. Pulau ini rumah bagi pantai-pantai cantik di El Nido.

 

Sunset di El Nido (El Nido/ Facebook)

 

4. Air terjun

El Nido juga punya air terjun, namanya Nagkalit-kalit Waterfalls yang berada tidak jauh dari Pantai Nacpan. Untuk menuju ke sini dibutuhkan waktu 40 menit untuk berjalan kaki melewati sungai. Di sini erdapat kolam air terjun yang bisa kamu gunakan untuk berenang.

Masih banyak keajaiban alam yang tersembunyi di El Nido, Palawan. Mulai dari laguna nya yang tersembunyi di balik tebing-tebing karang, kuliner setempat dan landmark kota.

Kamu yang suka mengekplore sendiri bisa menjelajahi El Nido dengan sepeda motor. Ataupun kamu yang tidak mau repot dan ingin menghemat waktu, bisa gunakan jasa travel dan tour.

 

Nagkalit-kalit Waterfalls (from elnidoparadise.com)