Cotabato City

 

Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mosque (dok PDOT)

 

Tentang Cotabato City

Wisata di Filipina, kamu harus tahu dulu tujuan destinasinya kemana. Karena negara Filipina adalah kepulauan dan destinasinya tersebar di beragam pulau. Salah satu yang harus kamu kunjungi adalah Cotabato City.

‘Dunia lain’ sering digunakan untuk menjabarkan Cotabato. Anda bagaikan berkelana ke masa lalu di masa Raja dan Datuk memimpin. Wanitanya masing mengenakan malong (semacam songket) yang indah dan musik serta kerajinan tradisional masih lestari.

Cotabato City berada di Provinsi Maguindanao, Filipina. Cotabato City mempunyai pemerintah independen dan merupakan pusat regional Wilayah Otonomi di Mindanao Muslim atau ARMM (Autonomous Region of Muslim Mindanao). Jadi saat liburan ke Cotabato City, kamu akan menemukan masjid dan beragam makanan Halal. Nah, yuk wisata di Filipina dan melipir ke Cotabato City.

Kegiatan Utama

1. Wisata Religi

Wisata di Filipina kamu tidak akan menemukan beragam gereja megah saja. Kamu juga bisa berkunjung ke Grand Mosque (Masjid Agung) Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mosque. Masjid ini berdiri di antara Sungai Tamontaka dan Teluk Moro dan terlihat sangat mencolok di desa pesisir Inawan. Masjid terbesar dan terindah di Filipina ini dibangun berkat sumbangan dari warga Filipina dan bantuan dari Masjid Sultan Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei.

Kesultanan Filipina dan Brunei memiliki sejarah hubungan dan persaudaraan yang baik dan tak lekang waktu. Masjid ini terlihat sangat cerah dengan atap keemasan dan menara yang menjulang setinggi bangunan bertingkat 15. Bangunan ini terlihat seperti istana negeri dongeng.

Kunjungi juga Church of the Immaculate Conception of Tamontak, gereja tertua di Cotabato City yang dibangun pada tahun 1872.

2. Keliling Kota

Wisata di Cotabato City kamu juga bisa berkeliling kota menikmati beragam landmark dengan arsitektur menawan. Kunjungi Old City Hall (balai kota lama) bangunan yaang berusia ratusan tahun dan New City Hall (balai kota baru) , yang juga disebut Istana Rakyat. Bangunan ini arsitekturnya campuran Muslim dan Kristen.

Bagaimana kalau mencoba jelajah gua di tengah kota. Jaringan gua Kutawato memiliki lorong di segala penjuru kota. Ada beberapa pintu masuk tapi Barangay Bagua merupakan lokasi terbaik. Menurut catatan sejarah, penduduk setempat bersembunyi di jaringan gua ini semasa Perang Dunia II.

Jangan lewatkan Rio Grande, sungai terpanjang di Mindanao yang melewati beberapa titik di kota. Bila beruntung, kamu bisa melihat balapan perahu.

Jika ingin melihat panorama kota, kamu bisa ke San Pedro Hill. Di kaki bukit ini ada Taman Tantawan dengan patung emas Sultan Kudarat, pahlawan lokal.

2. Belanja Oleh-oleh

Ada beberapa pasar tekstil di kota ini seperti di Cotabato Mega Square, Cotabato Mega Market dan Barter Trade Center di mana Anda bisa mencari segala macam kerajinan dari daerah Maguindanao.

Saat kamu wisata di Filipina, harus tahu nih kalau Filipina terkenal karena tradisi tenunnya dan ini dapat terlihat di kain Inaul. Dikerjakan dengan teliti untuk pakaian pria dan wanita sebagai malong dan hiasan kepala, Inaul tampil dalam aneka ragam warna dan desain seperti corak makabimban dan sinukimpan. Kalau Anda ingin tampil seperti bangsawan, pilih warna oranye dan kuning. Warna hijau berarti damai.

Untuk kerajinan logam, datanglah ke pengrajin kuningan di Barangay Kalanglangan. Menggunakan metode kuno pengolahan kuningan, para pengrajin membuat bejana, gong, dan kolintang.

Bagaimana Mencapainya

Udara

Ada penerbangan setiap hari dari Manila ke Cotabato City.

 

INFORMASI HARGA

  • Harga tergantung tempat dan waktu
  • 1 Peso = Rp 282 (Update November 2018)
BARANG/JASA Harga
Makan – hidangan khas – Pastil mulai Php 5 – 10
Makan – hidangan khas – Maguindeli mulai Php 30 – 35 / pack
Makan – ayam bakar mulai Php 5 – 10 (hati dan ampela ayam)
Makan – ayam bakar mulai Php 25 – 50 (paha, sayap, dsb.)
Makan – hidangan khas – kepiting Cotabato mulai Php 350 (jantan) Php 450 (betina) / kilogram
Makan – hidangan khas – Udang mulai Php 170 – 250 / kilo
Makan – hidangan khas – Udang besar mulai Php 250 – 350 / kilo
Akomodasi – kamar hotel (Standar) mulai Php 750 – 2.500
Akomodasi – losmen (Standar) mulai Php 500 – 750
Akomodasi – mess (Standar) mulai Php 550 – 600
Transportasi – 10 menit menggunakan becak mulai Php 7
Transportasi – 10 menit menggunakan Jeepney mulai Php 8 – 12
Transportasi – Transportasi setempat – Habal Habal (semacam ojek) mulai Php 20
Transportasi – Transportasi setempat – Payong-Payong (becak motor berpayung) mulai Php 20
Kegiatan – masuk gua gratis
Kegiatan – masuk Grand Mosque gratis
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu ke bukit Pedro Colina mulai Php 200 – 300
Belanja – Suvenir T-Shirt mulai Php 200 – 300
Belanja – oleh-oleh khas – Inaul mulai Php 1.000 – 2.500
Belanja – oleh-oleh khas – kerajinan kuningan mulai Php 100 – 5.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *