Coron, Busuanga, San Vicente

 

Coron, Busuanga, dan San Vicente merupakan kawasan cantik yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Palawan, Filipina. Siapa yang tak kenal dengan keindahan Palawan di Filipina? Dunia saja mengakui betapa cantiknya gugusan kepulauan yang menjadi kebanggaan warga Filipina ini.

Tentu saja, laut cantik berair jernih, pantai berpasir putih, jajaran pohon kelapa yang daunnya bergoyang karena angin menjadi daya pikat yang tidak akan dilupakan oleh wisatawan. Apalagi bawah laut, lagunanya, jajaran batuan karang yang begitu indah dan masih perawan. Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan Palawan!

Banyak kawasan cantik yang bisa kamu jajali di Provinsi Palawan. Terutama ketiga daerah ini yaitu Coron, Busuanga dan San Vicente.

1. Coron

Coron merupakan daerah Palawan yang paling populer di dunia. Sebenanrnya nama Coron tertuju pada dua wilayah, pertama yaitu kota besar yang berada di Pulau Busuangan dan Pulau Coron yang berada di 30 menit lepas pantai Coron Town. Dua-duanya menjadi destinasi pilihan turis kok.

Kota Coron adalah desa nelayan yang makin hari makin populer dikalangan wisatawan. Seringkali Coron terdaftar dalam destinasi populer dan favorit di dunia setiap tahunnya.

Apa yang bisa kamu lakukan di Coron? Banyak destinasi cantik yang siap untuk kamu jelajahi di Coron. Kunjungi Danau Kayangan yang paling cantik dan selalu menjadi sasaran fotografer. Nikmati sensasi naik rakit mengayuh di perairan cantik ini. Ada juga danau berair jernih yang berada di sebelalh Danau Kayangan, yaitu Danau Barracuda. Uniknya danau ini adalah adanya mata air panas dan gunung bawah lautnya.

 

Kayangan Lake (Keven Osborne /Fox Fotos Getty Images/ Lonely Planet)

 

Ada Pantai Malpuca dengan perairan jernih dan pesisir pantainya yang menawan. Jangan lewatkan juga diving di menikmati bangkai kapal perang Jepang di Coron yang masih terpelihara dan selalu menjadi incaran para diver. Kamu juga bisa snorkling di Luson Gunboat, situs snorkling dengan kapal karam yang perairannya tidak terlalu dalam.

Tentu tidak afdal bila tidak menikmati keindahan Pulau Coron. Kamu bisa menyewa kapal seharian untuk menikmati keindahan pulau ini.

Jika kamu ingin ke Coron bisa dengan beragam metode. Bila ingin jalur udara, ada penerbangan dari Manila menuju Bandara Coron. Perlu kamu ketahui, bahwa di Bandara Coron setelah senja tidak ada lagi penerbangan karena belum ada lampu landasan. Dan untuk menuju Kota Coron, kamu bisa menggunakan taxi.

Bisa juga menggunakan kapal feri dari Manila dan Puerto Princesia dengan lama perjalanan 15 jam.

2. Busuanga

Perlu nih kamu ketahui, bahwa Coron dan Bulusuangan membentuk Caamianes, kelompok pulau-pulau bintang yangn di perairan Palawan Utara. Pulau Busuanga adalah pulau terbesar yang dibagi menjadi dua wilayah yaitu Coron dan Busuanga.

Kota Busuangan adalah adalah kota pelabuhan dan bandara, sedangkan Coron adalah pusat wisatanya. Jadi jika kamu ke Coron pasti melewati Busuanga dan begitu juga sebaliknya. Tentu saja destinasi yang ada di Busuanga setali dengan Coron.

 

Sunken Wreck (oceanislandtravel.com)

3. San Vicente

San Vicente mungkin terdengar asing bagi wisatawan, dan memang tidak sepopuler Coron. Namun tahukah kamu, bahwa pantai berpasir putih terpanjang di Filipina ada San Vicente lho. San Vicente berada di sisi barat laut pulau utama Palawan.

Adapun destinasi wisata utama di sini adalah Long Beach sepanjang hampir 15 Km. Pantai in sangat tenang dan jauh dari keramaian. Ini adalah tempat cantik tersembunyi dam salah satu pantai terbaik di Filipina.

Ada juga German Island dengan air sejernih kristal, pantai berpasir putih dan spot snorklingnya yang cantik. Singgah juga ke Exotic Island yang merupakan salah satu pulau terindah di Port Barton.

 

Long Beach (from Philippine Beaches)

 

Jangan lewatkan keindahan Pulau Boayan yang merupakan pulau terbesar di San Vicente. Di sin terdapat pantai pasir putih terpencil, hutan lebat nan perawan dan kehidupan bawah lautnya yang spektakuler. Jika kamu ingin ke San Vicente, waktu terbaik berkunjung ke sini adalah saat musim kemarau (Desember-Mei).

Jika kamu ingin ke sini melalui jalur udara, bisa terbang dari Manila dengan maskapai Philippine Airlines. Jika berangkat dari Puerto Princesa, kamu bisa menggunakan maskapai Air Juan dengan lama terbang kurang dari 1 jam.

Bisa juga dengan mobil bila dari El Nido atau Sabag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *