CEBU

 

 

Gereja Basilica del Santo Niño (dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Cebu

Wisata di Filipina kamu harus berkunjung ke Cebu. Ini adalah provinsi dengan penduduk kedua terpadat di Filipina . Pulau Cebu merupakan salah satu pulau termakmur dengan pertumbuhan ekonominya jauh dari rata-rata standar nasional Filipina.

Daya tarik dari Cebu adalah banyaknya pantai cantik berpasir putih dengan bawah lautnya yang menawan. Cebu adalah salah satu surganya snorkling dan diving di Filipina. Hampir setiap tahunnya 2 juta wisatawan asing berkunjung ke Cebu.

Sebagai koloni Spanyol pertama di Filipina, Cebu ini memiliki banyak dari cagar budaya paling terkenal di negeri ini. Kota ini merupakan pelabuhan perdagangan besar dan industrinya sangat maju sehingga kota ini juga memiliki keragaman budaya yang kaya. Gabungan dari kota modern dan suasana daerah yang santai menjadikan kota ini tujuan favorit bagi yang ingin menyaksikan langsung perpaduan harmonis sejarah, budaya, dan pembangunan.

Kegiatan Utama

1. Wisata Sejarah dan Budaya

Wisata di Filipina kamu akan mudah menemukan kekayaan sejarah dan budaya. Begitu juga di Cebu, kamu bisa berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarahnya. Salah satunya Magellan’s Cross, monumen peringatan saat penjelajah Portugis, Ferdinand Magellan, memancangkan salib kayu di tanah Cebu sebagai tanda pekabaran Injil ke penduduk setempat.

Berkunjung jugalah ke Gereja Basilica del Santo Niño tempat disimpannya salah satu relikui keagaman tertua di Filipina patung Yesus sebagai anak kecil yang sudah ada dari sekitar tahun 1521.

Ikon sejarah yang tidak kalah penting yang dimiliki Cebu adalah Benteng San Pedro. Benteng ini merupakan posko Spanyol terkecil di Filipina yang dibangun pada abad 17. Benteng ini termasuk salah satu yang tertua di Filipina.

Mampir jugalah ke Casa Gorordo dan Rumah Kolonial Yap-San Diego  dapat memberikan gambaran gaya hidup penduduk Cebu di masa pendudukan Spanyol. Rumah ini masih alami lengkap dengan perabotannya yang utuh. Rumah ini masih terawat dan dijaga secara turun temurun.

Ingin pedalam sejarah lagi, kunjungi Museo Sugbo, museum yang menampilkan banyak sejarah provinsi ini. Kalau kamu suka keramaian dan suasana yang hiruk-pikuk, telusuri Colon Street, jalanan tertua di Filipina.

 

Menyelam bersama jutaan ikan (dok PDOT)

 

2. Wisata Kekinian

Kurang tertarik dengan sejarah? Masih banyak yang bisa diawarkan Cebu. Salah satunya tempat nongkrong dan seru-seruan yang kekinian.

Kamu yang ingin menantang adrenalin, bisa naik Edge Coaster setinggi 130 meter atau Sky Walk di Crown Regency Cebu. Atau pergi saja ke mall seperti Ayala Center dan SM City menawarkan berbelanja, makan, dan rekreasi sesuai dengan kantong setiap orang.

Kunjungan ke Cebu belum lengkap kalau tidak merasakan gaya hidup malamnya. Langsung saja kunjungi tempat gaul seperti IT Park atau Crossroads. Anda juga bisa sekedar nongkrong di bar hotel Anda. Treff menawarkan menu yang lain daripada yang lain dengan exterior serba kaca dan putih, atau nikmati pemandangan dari Blu Bar & Grill yang terpilih sebagai bar terbaik se asia menurut Travel + Leisure Asia.

 

Hiu di Pulau Malapascua (dok PDOT)

3. Wisata Kuliner

Tidak afdal rasanya bila tidak mencicipi masakan lokal saat wisata di Filipina. Nih, jangan lupa makan sepuasnya daging lechon (babi guling), yang menurut Anthony Bourdain babi terlezat dalam episode serial TV No Reservations. Zubuchon dan CNT Lechon menyajikan lechon terbaik di Cebu.

Hidangan tradisional Filipina yang tidak kalah enaknya dapat juga kamu temukan di Café Laguna, Golden Cowrie Native Restaurant dan Abuhan.

Untuk hidangan adiboga anda dapat menikmati prasmanan internasional dan vegetarian di Shangri-La Mactan’s Tides dan Marco Polo Plaza Cebu’s Cafe Marco, atau hidangan Cina yang gurih di Cebu Waterfront Hotel & Casino’s Tin Gow.

Puaskan perut Anda di Nonki (menu Jepang), Café Orchidia (Italia) dan La Marea (cicipi cupcake brownienya yang sangat laris).

Kamu yang ingin hunting beragam street foof Flipina, datang saja ke Sugbo Mercado. Ini adalah pasar yang menjual beragam makanan menarik dan kekinian. Pasar ini buka setiap hari Selasa-Minggu setiap pukul 17.00- 05.00 waktu setempat.

 

Festival Sinulog (dok PDOT)

 

4. Festival

Festival yang paling terkenal di Cebu adalah Festival Sinulog. Festival ini dirayakan atas nama Yesus sebagai Anak Kecil, dirayakan setiap Hari Minggu ketiga di bulan Januari. Cebu mengadakan parade yang meriah dan penuh warna yang didatangi orang dari seluruh penjuru Filipina bahkan Dunia.

5. Wisata Pantai dan Bawah Laut

Cebu adalah salah satu surga diving dan snorkling yang bisa dikunjungi saat wisata di Filipina. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Malapascua untuk melihat habitat hiu. Juga ada Pulau Olango dengan ribuan burung yang migrasi setiap September- April.

Kamu yang ingin berenang bersama jutaan ikan sarden, bisa menyelam di Pulau Pescador. Pulau ini memang sangat terkenal di Provinsi Cebu dengan spot divingnya yang menawan. Juga ada Pulau Bantayan, Pulau Hilutangan, Pulau Nalusuan untuk snorkling.

Ingin bersantai ria di pantai berpasir putih, kamu bisa datang ke White Beach. Sesuai namanya, pantai ini memliki pasir putih yang lembut lho!

 

Pulau Bantayan (dok PDOT)

 

Cara ke Cebu

1. Udara

Ada penerbangan harian ke Cebu melalui Mactan-Cebu International Airport dari kota-kota besar Filipina. Termasuk penerbangan berkala dari Hongkong, Singapura, Narita, Jepang dan Incheon.

2. Darat

Bus arah Cebu berangkat dari Dumaguete, Oriental Negros dan Bacolod, Negros Occidental setiap jam. Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi dan menyeberang menggunakan feri Roll On-Roll Off (RORO).

3. Laut

Cebu City Port melayani kapal antar pulau dengan rute Cebu-Manila-Cebu dari berbagai kota besar di Visayas dan Mindanao.

 

INFORMASI HARGA

1 Peso= Rp 282 (Update November 2018)

BARANG/JASA Harga
Akomodasi sekitar Php 800 – Php 20.000 tergantung bintang hotel dan tipe kamar
Transportasi – Menggunakan motor mulai Php 20
Transportasi – Mengunakan Jeepney mulai Php 8
Kegiatan – Tiket Museum mulai Php 10 – Php 75
Kegiatan – Tur keliling kota mulai Php 1.000
Kegiatan – Hiking 1 hari dengan pemandu mulai dari Php 1.000
Kegiatan – Memancing – Cebu Wetland Resort mulai Php 350 / orang
Kegiatan – Perahu Kayak – Cebu Wetland Resort mulai Php 200 / orang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *