Cauayan City

 

Tentang Cauayan City

Cauayan City berada di Provinsi Isabela. Cauayan City adalah salah satu objek wisata di Filipina yang menyediakan beragam kegiatan dan destinasi menarik.

Cauayan City kaya akan tanah pertanian yang luas dengan warisan budaya yang melimpah. Wisata ke Filipina, khususnya ke Cauayan City kamu bisa menikmati beragam reruntuhan tua yang kaya akan sejarah, hamparan ladang dan perkebunan dan juga wisata alamnya yang masih perawan.

Kegiatan Utama

1. Mengunjungi kebun buah dan sayur

Salah satu pengusaha pertanian yang sukses di Cauayan City adalah Floresma Dacuycuy, pemilik Isabela Green Valley Farm di Brgy. Sillawit. Lahannya berhiaskan anggrek yang semarak, tanaman hias, dan pohon buah yang subur.

Kamu bisa memetik buah sendiri, dan belajar bagaimana menanam dan merawatnya. Juga bisa membeli anggrek langka, tanaman hias, nanas-nanasan hias, bahkan udang. Lahan perkebunan ini juga menawarkan makan di ruang terbuka.

Anda dapat membantu petani Cauayan dengan berkunjung ke Gulayan ng Bayan, pusat program kesejahteraan masyarakat yang mendorong warga untuk mengelola kebun rumahan. Serta membeli buah seperti pisang dan melon, sayur seperti okra, labu putih, dan terung. Anda bisa memetik sendiri hasil bumi dari pertanian yang luas ini.

Hebatnya lagi kamu bisa memilih aneka sayur dan buah di Cortez dan Lindon seperti rambutan, mangga, pepaya, pisang dan lainnya. Jangan lewatkan makan siang dengan olahan ikan nila yang langsung ditangkap dari kolamnya di Cortez. Nyam!

Mudahnya bertani jamur di Cauayan menjadikannya ‘ibukota jamur dari utara’. Jangan lupa singgah di Mushroom Center dan mencicipi aneka jamur lokal yang lezat dan dimasak dengan cara yang tidak biasa seperti tempura, sisig, dan lumpia.

2. Ke ladang tembakau

Kota ini dulunya penghasil tembakau dan masih ada sisa-sisa perkebunan masa lalu di Old Tabacalera Warehouse, yang dikenal sebagai Compania General de Tabacos de Filipinas pada masa kolonial Spanyol. Industri tembakau setempat merupakan industri besar dari tahun 1881 dan menyediakan tembakau untuk monopoli pemerintah Spanyol.

 

Parade di Gawagaway yan Festival (Gawagaway-yan Festival/Festival)

 

3. Wisata budaya dan festival

Cauayan City didiami oleh suku Gaddang, dan kota ini merayakan tradisinya dengan festival tahunan Gawagaway-yan. Perayaan ini menampilkan kompetisi tarian jalanan, pawai kendaraan hias, dan aneka kegiatan yang diikuti berbagai suku.

Di Cauayan City juga ada beberapa festival menarik yang bisa kamu nikmati. Ada Gawagaway yan Festival (30 Maret-13 April). Ini merupakan perayaan atas panen yang berlimpah.

TIPS

Untuk dapat menikmati momen di Cauayan City, ada waktu-waktu terbaiknya. Untuk menikmati festival di waktu panen, datanglah di 30 Maret-13 April. Ingin makan buah sepuasnya di Cortez dan Lindo, waktu terbaiknya adalah April-Mei. Dan jika kamu ingin makan jamur, kapanpun bisa datang sepanjang tahun.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Cebu Pacific Air terbang tiga kali seminggu (Senin, Rabu, dan Jumat) dari dan ke Cauayan, Isabela. Setelah itu menggunakan transportasi darat menuju Cauayan City.

2. Darat

Anda juga bisa menggunakan bus jurusan Cauayan, Isabela dari Manila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *