Catanduanes

Pantai Puraran (dok catanduanes.gov.ph)

 

Sekilas Tentang Catanduanes

Satu lagi provinsi di Filipina yang bisa jadi pilihan untuk liburan kamu. Namanya Provinsi Catanduanes, berada di Region Bico dengan ibukotanya Virac.

Bentangan alam di Catanduanes menjadikan dia provinsi yang kaya wisata alam. Salah satu destinasi surfing dengan standar internasionall ada di sini.

Keindahan Catanduanes mulai terkenal sejak 1987, saat fotografer dan peselancar dari majalah Surfer datang ke Pantai Puraran dan mengangkat nama pulau tersebut sebagai tempat impian bagi peselancar. Semenjak itulah para peselancar di dunia datang dan menikmati ombak di Catanduanes.

Laguna Tuwad Tuwadan (dok catanduanes.gov.ph)

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Pantai yang paling terkenal di Catanduanes adalah Pantai Puraran dengan ombaknya yang memancing peselancar untuk segera terjun ke laut. Karena ombaknya inilah, para peselancar datang ke Catanduanes. Musim puncak ada di bulan Agustus sampai September.

Jika tidak ingin surfing, kamu dapat duduk berjam-jam hanya memandang ombak berbaris menuju pantai. Catanduanes menghadap ke Samudera Pasifik dan setelah itu tidak ada daratan lagi jadi gelombangnya tinggi. Provinsi ini sering hujan dan terkena badai, jadi lebih disarankan berkunjung di musim kemarau. Pantai Puraran terkenal di kalangan peselancar.

Jangan lewatkan Pantai Jesus 3 Faces dengan karangnya yang berbentuk wajah dan view cantik yang menghadap luasnya lautan di Binurong Point.

Selain ombak dan pantai berhias pohon kelapa, bagian lain dari pulau ini belum terjamah kehidupan kota. Kamu bisa merasakan hidup di pedesaan sederhana dengan ketenangan dan santai. Ini benar-benar tempat bersantai tanpa hiruk-pikuk kota besar, tidak ada pencakar langit, dan tidak ada kebisingan.

 

Air Terjun Maribina (dok catanduanes.gov.ph)

2. Wisata Air Terjun dan Laguna

Nikmati berenang di air segar Air Terjun Maribina. Nikmati juga cantikya Laguna Tuwad-Tuwadan dengan tebing kecoklatan dan airnya sebiru kristal. Nih satu lagi destinasi buat memuaskan mata kamu, Poseidon Rock. Laguna cantik yang terbentuk dari formasi batuan secara alami ini berair biru dan langsung menghadap ke laut.

3. Wisata Budaya dan Religi

Kenali budayanya dengan berkunjung ke gereja-gereja tua di Catanduanes. Kamu bisa ke Gereja Bato, Gereja St. John Baptist di Batalay, tempat doa Batalay, dan Katedral Virac.

4. Menginap di pesisir

Banyak resort menarik yang bisa kamu inapi di pesisir Catanduanes. Seperti Twin Rock Resort & Hotel, Amenia Beach Resort, Pasa Tiempo Beach Resort, Emalyn Beach Resort, Bosdak Beach Resort, Kosta Alcantara, Bonot Resort, Dororian Resort, Catanduanes Island Resort, dan Puraran Beach Resort.

Binurong Point (dok catanduanes.gov.ph)

Cara ke Catanduanes

1. Udara

Ada penerbangan langsung dari Manila ke Kota Virac. Maskapai yang bisa kamu gunakan adalah Cebu Pasific dengan lama penerbangan 65 menit.

2. Darat + Laut

Kamu juga bisa menggunakan bus dari Manila ke Pelabuhan Tabaco. Setelah itu tranfer menaiki kapal ferry menuju Catandunes.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *