Provinsi Capiz

 

 

Baybay Beach (dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Provinsi Capiz

Provinsi Capiz merupakan provinsi yang berada di wilayah Visayas Barat dibagian tengah Filipina. Ibukotanya Provinsi Capiz adalah Kota Roxas.

Beragam destinasi wisata bisa kamu temukan di Provinsi Capiz. Mulai dari wisata pantai, air terjun, spot selam, kuliner dan juga sejarah. Dijamin liburan kamu di Filipina akan berkesan!

Provinsi Capiz yang sebagian besar belum terpetakan, memiliki banyak lokasi menyelam yang bagus dan gua-gua megah yang tersembunyi di dalam hutan. Belum lagi hidangan lautnya yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Enak!

Capiz juga merupakan kota kelahiran Manuel Roxas, presiden pertama Filipina merdeka. Kunjungilah rumahnya yang terbuat dari batu dan bertingkat dua (sekarang menjadi monumen nasional) yang berlokasi di pusat kota.

 

Panay Bell (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Pesta Hidangan Laut

Nikmati hidangan laut lezat sepuasnya dengan harga terjangkau di sepanjang pantai berpasir hitam Baybay. Pantai ini menjadi tempat liburan favorit penduduk setempat.

2. Oleh-oleh kerang cantik

Kagumi indahnya kerajinan kerang Capiz yang dikerjakan oleh warga setempat. Daerah ini membanggakan kerangnya atau ‘pi-os’ dalam bahasa setempat. Produk kerang Capiz dapat ditemukan di mana-mana.

Kerang kepah hijau banyak terdapat di perairan Sapian. Kunjungi Mussel Farm, di mana ratusan tiang bambu menjulang dari air asin. Lihat juga peternakan kerang kepah di Kotamadya Sapian bisa dicapai menggunakan kano. Tiang-tiang bambu yang menjulang dari dalam air menarik kerang kepah hijau.

3. Wisata Religi

Di Capiz juga terdapat lonceng terbesar di Asia Tenggara dengan diameter 2,1 meter dan berat 10,4 ton. Lonceng ini dibuat dari 76 karung uang logam yang dilebur dan ada di Gereja Sta. Monica di Pan-ay.

Katedral Our Lady of Immaculate Conception, berdiri megah di sebelah alun-alun kota dan merupakan salah satu gereja tertua di Pulau Panay. Gereja Dumalag dibangun dari batu pasir berwarna kuning dan interiornya berbentuk salib. Gereja ini juga memiliki menara lonceng bertingkat lima dan memiliki lima lonceng dengan ukuran berbeda.

Tempat keagamaan lainnya ada di Tempat Doa Agtalin, yang berada di puncak bukit di Brgy. Dulangan, Pilar. Di sini terdapat patung Blessed Virgin Mary setinggi 24 meter dan merupakan salah satu bangunan keagamaan terkenal di Filipina.

4. Jelajah Gua

Capiz memiliki banyak gua. Jelajahi ruang-ruang besar di Gua Quipot. Anda juga dapat melihat bebek liar, burung, dan rusa di daerah tersebut.

Kagumi indahnya gua Pilar, yang dipercaya merupakan pemakaman kuno dari penduduk asli provinsi ini. Warga setempat menemukan tembikar. Di musim kemarau, anggrek yang indah menghiasi gua ini. Ada juga Gua Balisong yang merupakan lokasi peperangan di masa kolonial Spanyol.

Gua Suhot terkenal karena air jernihnya yang mencurah dari mata air. Karena panjangnya, gua ini dipercaya tersambung dengan Gua Badian di kota tetangga Dumarao. Gua Suhotan memiliki kubah seperti katedral dan memiliki banyak ruang dengan tirai batuan, stalaktit, dan stalagmit yang besar. Gua Igang juga merupakan gua batu gamping yang terkenal di Maayon, dengan ruang-ruang yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit mengagumkan.

 

Palina Greenbelt Ecopark (dok PDOT)

 

5. Wisata pantai

Berjemurlah di pantai pasir putih yang indah di Pulau Olotayan. Tempat ini juga ideal untuk menyelam. Coba juga ke Pulau Napti di dekatnya. Di daratan utama, ada Pantai Buntud yang bisa dicapai menggunakan Jeepney atau becak.

Kalau kamu ingin sekedar berjalan santai di pantai, segeralah ke Pantai Baybay. Pantai ini sederhana dengan pasir kelabu. Namun hidangan laut yang sangat lezat dapat Anda temukan di sepanjang pantai. Saksikan juga para skimboarder saat matahari terbenam.

Kalau kamu penggemar menyelam, datanglah ke Pulau Mantalinga. Pulau ini berada di lepas Pantai Baybay dan juga cocok untuk berkayak dan berlayar. Pantai favorit lainnya adalah Buntud. Pantai ini membanggakan perairannya yang tidak ada ubur-ubur serta pasir hitam halus dan air birunya.

Kalau kamu ingin berkunjung ke pulau yang terpencil, carter kapal dari Terminal Banica di Roxas City untuk membawa Anda ke Pulau Olutayan. Selami airnya dan temukan biota laut penuh warna!

Kamu juga bisa ke Pulau Napti yang mungil dan terkenal karena air birunya penuh lobster dan ikan. Jelajahi gua kecil di pulau tersebut dan nikmati suasananya yang tenang dengan pemandangan Roxas City dan Pan-ay.

6. Air terjun

Kamu bisa berendam di salah satu air terjun di Pangilatan Eco-Tourism Park di Brgy. Artuz, Tapaz, Capiz. Menyatu dengan alam sambil menikmati tentramnya taman yang dikelilingi hutan lebat ini. Air Terjun Hinulugan yang lebar dan menjulang tinggi menjadi daya tarik utama lainnya di provinsi ini. Ketiga curahan airnya berkumpul di dalam satu kolam.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Kamu bisa menuju Capiz dengan melakukan penerbangan dari Manila ke Roxas City, Capiz. Ada penerbangan setiap harinya.

2. Darat

Dari Iloilo City, Capiz dapat dicapai dengan berkendara selama dua jam dengan bus atau kendaraan pribadi.

3. Laut

Feri dari Manila memakan waktu 16 jam. Pelabuhan feri ada di Culasi Port di Roxas City. Dari Banica Port, ada kapal ke Mandaon, Masbate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *