Camiguin

 

Sunken Cemetery (dok PDOT)

 

Tentang Camiguin

Liburan ke Filipina kamu harus ke Hawaii-nya Filipina, yaitu Pulau Amiguin. Deretan gunung berapi memenuhi kawasan kepulauan ini, dan satu lagi jangan lupakan pantai cantik yang dimilikinya.

Karena terkenal dengan aktivitas gunung berapinya, jadi jumlah wisatawan yang liburan ke sini tidak lah seramai kawasan cantik lain di Filipina. Padahal banyak surga tersembunyi yang bisa dijelajahi di sini.

Ada White Island dengan pantai berpasir putih bersih, juga ada pemandian air panas yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke sini. Jelajahi juga keindahan alamnya dengan trekking di gunung berapi dan beberapa air terjunnya.

Selain keindahan alam, kamu juga bisa menikmati landmark seperti gereja tua dan kuburan di tengah laut.

Segeralah cuti dan jelajahi keindahan Camiguin!

Kegiatan Utama

1. Jelajah pulau dan pantai

Wajib berkunjung ke White Island bila ke Camiguin. Ini bukanlah pulau, tapi sebuah gundukan pasir berwarna putih bersih yang membentang di perairan Mambajo. Sangat putih dan berair jernih, sangat ideal untuk berenang. Di sini kamu akan melihat dua gunung berapi dan jangan lupa foto!

Ada juga Mantigue Island, pulau cantik dengan bawah lautnya yang menawan. Pulau ini cocok untuk snorkling dan berenang. Terkadang wisatawan yang datang juga melakukan pesta kerang, kepiting dan belut untuk menikmati keindahan pulau kecil ini.

Berkunjunglah ke Pantai Kabila untuk melihat konservasi karang raksasa warna-warni, Giant Clam Conservation. Di sini terdapat lebih dari 2.500 kerang raksasa warna-warni lho.

 

White Island (dok PDOT)

2. Kolam alami dan air panas

Sebagai pulau yang kaya akan gunung berapi, tentu saja ada pemandian air panas alaminya. Singgah saja ke Mt Hibok Hibok Ardent Hot Spring di Mambajao. Nikmati berendam di air panas di kolam-kolamnya yang beragam.

Ada lagi nih kolam alami Sto Nino Cold Spring yang airnya sangat jernih. Cara asyik menikmatinya adalah menginap di cottage pinggir kolam dan berenang bersama keluarga. Jangan lewatkan juga Soda Water Pool ya.

Soda Water Pool (dok PDOT)

3. Landmark

Sunken Cemetery merupakan landmark terkenal di sini, yaitu berupa kuburan yang berada di tengah laut. Ini terjadi saat Gunung Vulcan meletus tahun 1870-an dan menenggelamkan beberapa bagian Camiguin termasuk kawasan pemakaman ini.

Untuk sampai ke pemakaman ini perlu dengan kapal. Tandanya adalah salib besar di tengah laut. Silahkan foto dan jangan lupa untuk menikmati bawah lautnya juga.

Kamu yang suka sejarah bisa melihat reruntuhan Gui-ob Old Church. Gereja ini hancur ketika Gunung Vulcan meletus. Pemadnagnan di belakang gereja ini sangat cantik lho.

 

Sunken Cemetery (dok PDOT)

4. Air terjun

Ada Air Terjun Katibawasan yang sangat mudah dijangkau. Di situ kamu bisa berenang lho, suasananya juga asri dan sejuk. Selain itu juga ada Tuasan Falls nan eksotis.

Cara ke Camiguin

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila ke Cagayan de Oro atau Butuan City. Setelah itu menyambung perjalanan dengan ferry. Dari Cagayan de Oro kamu bisa naik bus ke terminal Balingoan dan menuju pelabuhan. Dari sana naiklah feri ke Benoni.

Jika ingin terbang langsung ke Camiguin, kamu harus berangkat dari Kota Cebu ke Mambajao.

2. Laut

Jalur laut sebagai tranfer untuk kapal fery. Kapal ini melayani Jagna, Bohol ke Camiguin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *