Camarines Sur

 

Danau Buhi (dok Lake Buhi Resort/ Facebook)

Sekilas Tentang Camarines Sur

Wisata di Filipina, berkunjunglah ke Provinsi Camarines Sur. Provinsi ini berada di Pulau Luzon dengan beragam keindahan wisatanya yang beribukota Naga City.

Wisata di Camarines Sur kamu tidak perlu khawatir dengan rasa bosan. Banyak hal yang bisa dilakukan dan dikunjungi. Tinggal pilih, kamu mau kegiatan apa? Mau wisata pantai, mau yang sejuk dan hijau? Atau berpetualang dengan menjelajahi kekayaan alam air terjun dan gua-guanya?

Tidak hanya kaya akan alam, Camarines Sur juga memiliki beragam festival menarik. Dan satu lagi, kulinernya jangan sampai terlewatkan satupun. Kamu harus makan kenyang di provinsi ini!

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Wisata di Filipina, salah satu hal yang harus dikunjungi adalah pantainya. Di Camarins Sur ada pantai yang populer, namanya Pantai Pasacao. Pantai ini berada di Naga City.

Pantai lain yang bisa kamu kunjungi saja pantai kerikil yang berada di Bagolatao, Minalabac. Ke sini kamu bisa menggunakan Jeepney selama 40 hingga 60 menit perjalanan.

Masih belum puas? Ingin yang lebih terisolasi dan alami lagi? Kunjungi Semenanjung Caramoan. Ada juga Pulau Atulayan, yang terkenal dengan cangkang dan batu lautnya yang unik. Bisa nih tambah koleksi.

Pantai Sabang, Pantai Gota, dan Pantai Nato juga jangan sampai terlewatkan ya.

2. Wisata Alam

Saat berwisata di Camarines, kamu bisa berkunjung ke banyak destinasi alam yang cantik dan masih perawan. Mulailah petualangan di Taman Nasional Gunung Isarog yang mempunyai Air Terjun Malabsay.

Ada juga Air Terjun Itbog yang mengalir diantara vegetasi hijau di Sta Cruz, Buhi. Juga Air Terjun Bayagin yang sering jadi favorit latar film dan Air Terjun Bayagin. Di beberapa air terjun ini kamu bisa melakukan kegiatan adrenalin seperti canyoneering dan rappelling.

Yang ingin wisata gua juga bisa. Jelajahi aja Gua Omang dengan interior guanya yang menawan, Juga ada mata air kristal Kepungkulan Spring di Brgy San Juan, Naga City.

Wisata di Camarines Sur, kamu juga bisa berkunjung ke Danau Buhi yang memiliki spesies ikan terkecil (tabios) di dunia. Danau ini juga memiliki pulau kecil di tengahnya yang bernama La Roca Encantada.

 

Festival Penafrancia (dok Our Lady of Peñafrancia Association/Facebook)

3. Festival

Banyak festival yang bisa kamu saksikan saat wisata di Camarines Sur. Diantaranya Festival Tinagba, festival untuk menghormati Feast of Our Lady of Lourdes yang diadakan setiap 11 Februari di Kota Iriga. Pada saat festival warga akan berlomba-lomba menghiasi gerobak dan memamerkannya dalam karnaval.

Ada juga Festival Penafrancia yang diadakan setiap tahun pada minggu ke tiga September. Perayaan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu untuk menghormati Our Lady of Penafrancia.

Kamu juga bisa melihat Festival Bowa Bowaaan (2 Mei), Festival Kamundagan (bulan Desember), Festival Voyadores yang diramaikan oleh tari-tarian.

4. Wisata Kota dan Sejarah

Wisata di Filipina, yang paling mudah ditemukan adalah gereja. Karena sebagian besar penduduk Filipina memang memeluk agama Kristen. Saat Wisata di Camarines Sur kamu bisa berkunjung ke Gereja Quipayo, Gereja Nabua Ladriilo, Gereja Paroki St Joseph dan Gereja Paroki Bambon.

5. Kuliner

Bicalanos (sebutan untuk etnis Filipina) terkenal dengan masakan dan resep pedasnya. Nah kamu pecinta pedas bisa nih berburu kuliner saat wisata di Filipina, khususnya di Camarines Sur.

Cicipi Gulay Na Natong (Laing) resep dari irisan natong atau daun gabi yang dibumbui dengan udang atau kepiting kecil. Terkadang juga diaduk dengan sedikit lemak babi untuk penambah selera, dan beberapa potong lada asli yang di masak di api yang besar. Mmmm!

Kuliner lain yang bisa kamu cicipi yaitu Langkang Palusag dengan resep Langka, bangut, bawang putih direbus di santan yang mendidih. Ada Inon on Sibobog, Butse dan banyak lagi.

Cara ke Camarines Sur

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Naga dengan lama penerbangan sekitar 45 menit. Kamu bisa menggunakan maskapai Cebu Pacific atau Philippines Airlines.

2. Darat

Kamu bisa bepergian dengan bus dari Terminal Cubao atau Terminal Bus Pasay dengan menaiki rute ke Naga Cam.

Apabila ingin berkeliling Kota Naga, kamu bisa berjalanan kaki, naik Jeepney, becak dan taxi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *