Camarines Norte

(dok PDOT)

Sekilas Tentang Camarines Norte

Wisata di Filipina banyak wilayah yang akan memikat kamu dengan keindahannya. Salah satunya adalah Provinsi Camarines Norte (Camarines Utara). Provinsi ini berada di Region Bicol dengan ibukotanya ialah Daet.

Jika kamu ingin wisata ke Filipina dan belum menentukan pilihan kemana, berkunjunglah ke Provinsi Camarines Utara ini. Banyak destinasi cantik yang menunggu kedatanganmu untuk dijelajah.

Kamu tinggal pilih, apakah mau bersantai di pantai berpasir putih, berselancar, menikmati bentangan alam nan hijau atau ingin makan makanan laut yang segar? Semuanya ada di Camarines Utara.

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Banyak pantai-pantai cantik yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Filipina. Termasuk juga pantai-pantai di Camarines Utara. Salah satu yang favorit adalah Pantai Bagasbas.

Kamu yang suka selancar dan peminat kite-board pasti akan bersenang-senang di Pantai Bagasbas di Daet. Pantai ini memiliki ombak yang besar yang menjadikannya surga untuk para peselancar.

Jika kamu ingin berenang dan bermain air laut dan pasir yang putih, kunjungi saja Pantai Pas Asa, Pantai Mangcamagong dan Pantai San Jose.

Jika kamu ingin menjauh dari daratan dan menikmati wisata pulau, silahkan berkunjung ke Mercedes Group od Island. Di pulau ini kamu akan menemukan pantai pasir putih dengan airnya yang jernih. Serta gugusan karang di bawah laut dengan ikannya yang berwarna-warni. Di sini kamu bisa juga surfing, berenang, jetski, treeking, snorkling dan lainnya.

Kamu dapat menyewa banca (perahu tradisional) dan seorang pemandu untuk menuju Pulau Apuao Grande. Pasir coklat keemasannya sangat cocok untuk pasangan yang mencari pulau romantis dan malam penuh bintang.

 

Pantai Bagasbas (Bagasbas Beach/ Facebook)

 

2. Jelajah Alam

Ada beberapa air terjun yang bisa jelajahi saat wisata di Camarines Utara. Di antaranya Air Terjun Itok dan Air Terjun Mananap. Puaskan juga hasrat jelajah kamu dengan jelajah Gua Canton.

3. Belanja Perak

Vinzons terkenal karena perhiasan peraknya. Terdapat kandungan emas dan perak di batuan setempat dan sampai hari ini perdagangan bahan tambang ini masih berlanjut.

4. Kuliner

Kamu dapat menemukan kacang pili dan nanas yang manis berlimpah di mana saja. Cicipi juga hasil laut yang segar dengan belanja hasil laut di Mercedes Fish Port sekitar jam 5 pagi dan melihat langsung bulungan sa pandawan (jual-beli ikan di saat subuh).

Penawar tertinggi ditentukan setelah nomornya diundi secara berbisik. Pintar-pintar menawar ya, kalau beruntung kamu bisa mendapatkan ikan segar untuk sarapan.

5. Landmark

Saat wisata di Filipina, kamu harus berkunjung ke situ-situ sejarahnya yang jadi kebanggaan warga Filipina. Saat kamu berada di Camarines Norte, silahkan berkunjung ke First Rizal Monumen, monumen pertama untuk menghormati Dr Jose P Rizal. Juga ada Lanton Shrine, Mrtyr’s Shrine, Wenceslao Q Vinzons Shrine, dan rumah tua Rufino Pabico’s Ancestral House.

Kamu yang ingin mengenal budaya Camarines Norte, kunjungi saj Mueo Bulawan. Museum ini mengoleksi iberagam segi kehidupan dan budaya lokal, memorablia pahlawan, pameran, galeri seni dan lainnya.

 

Rufino Pabico’s Ancestral House (dok benjielayug.com)

BAGAIMANA MENCAPAINYA

1. Udara

Tidak ada penerbangan komersial yang langsung menuju Camarines Norte. Jika ingin wisata ke Camarines Sur, kamu bisa mencapainya dengan terbang ke Bandara Naga City dari Manila. Kemudian melanjutkannya dengan jalur darat ke Kota Daet yang berjarak dua jam perjalanan dari bandara.

2. Darat

Jika ingin menempuh jalur darat, kamu bisa menaiki bus atau mobil pribadi dan berangkat dari Manila. Dari Pasay atau Cubao di Metro Manila, kamu dapat menggunakan van UV Express atau bus ke berbagai kota tujuan di Camarines Norte.

Dari Daet Transport Terminal, Kamu bisa menggunakan van UV Express atau Jeepney ke Vinzons. Ada juga kapal yang dapat disewa untuk mengantar ke Pulau Calaguas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *