Cagayan De Oro

(dok cagayandeoro.gov.ph)

Tentang Cagayan De Oro

Cagayan de Oro merupakan kota yang berada di Mindanao Utara yang dikenal sebagai tempat paling bahagia di Filipina. Cagayan de Oro juga dikenal sebagai ‘Kota Persahabatan Emas’ dan kota ini memiliki penduduk yang bersahabat dan ramah.

Saat kamu jalan-jalan ke sini, senyuman mereka selalu siap menyambut dengan beragam destinasi menarik. Lokasi Cagayan de Oro yang mudah dicapai dan wajar saja bila dijadikan ‘Gerbang ke Mindanao Utara’.

Penasaran kan apa yang ditawarkan Cagayan de Oro? Kota ini sangat terkenal dengan wisata arung jeramnya. Rasakan adrenalin kamu terpacu di derasnya sungai!

Cagayan de Oro juga pastinya memenuhi keinginan untuk peminat ekoturisme selain pencinta olah raga. Sandang ransel anda dan langsung menuju tempat yang akan menyuguhkan keindahan alam. Anda pasti akan menikmatinya!

Kegiatan Utama

1. Wisata arung jeram

Cagayan de Oro terkenal dengan wisata arung jeram dan trekking sungai, bahkan menjadi salah satu tujuan utama untuk kegiatan ini. Arus Sungai Cagayan de Oro terkenal sangat menantang dan sangat banyak spot arus derasnya.

2. Jelajah alam

Pastikan kamu mengunjungi Gua dan Jurang Bukit Macahambus. Tanyakan pada pemandu wisata kamu mengenai Perang Bukit Macambus, kemenangan pertama rakyat Filipina melawan Amerika.

Saksikan pemandangan dari Sky Bridge setinggi 120 meter, dan telusuri kabel zipline sepanjang 120-meter.

Banyak petulangan penuh aksi menanti Anda di Jatico Adventures. Kabel zipline dengan lima rute, perjalanan dengan ATV (kendaraan segala medan), dan rute hiking hanya sebagian dari banyak petulangan yang bisa Anda nikmati.

Jangan lupa kunjungi Cagar Alam Mapawa dan saksikan air terjun, ikuti trekking, dan rapelling (panjat tebing).

3. Jelajah dan mengenal budaya setempat

Pahami gaya hidup dan tradisi setempat di Museo de Oro. Kenali juga masyarakat Mindanao Utara melalui Museum Tiga Budaya. Desa Ekoturisme Taman Malasag akan menampilkan rumah adat di jalur-jalur alamiah.

Di General MacArthur Marker, Anda dapat mempelajari peran Cagayan de Oro dalam sejarah dan mengenai Jenderal MacArthur dari AS, salah satu tokoh penting dalang Perang Dunia II.

Kagumi jendela kaca patri di St. Augustine Metropolitan Cathedral yang bergaya gotik. Di dekat situ Anda juga dapat bersantai di bawah rindangnya pepohonan Gaston Park.

Lihat juga The Executive Building yang dibangun pada 1940. Bangunan sejarah ini menjadi saksi dimamana Casa Real menjadi pusat pemerintahan kolonial Spanyol dahulunya.

Sempatkan juga ke MacArthur Marker, sebuah topi militer raksasa, mungkin ini topi terbesar di dunia! PAtung ini menandai Pelabuhan Macabalan dimana Jenderak Dougkas MacArthur mendarat pada tahun 1942 dalam perjalanan ke Australia selama Perang Dunia II.

4. Jelajah gua

Cagayan de Oro juga punya destinasi gua bernama Macahambus Cave. Gua in sangat bersejarah karena gua ini adalah tenpat Pertempuran Macahambus pada tanggal 4 Juni 1990. Pertempuran ini menandakan kemenangan Filipina melawan Amerika.

5. Menikmati festival

Pada bulan Agustus di Cagayan de Oro ada Festival Kagay-an. Perayaan selama dua minggu ini suasananya bagaikan karnaval dan merupakan peringatan bagi St. Augustine pelindung kota ini.

Perayaannya tidak tanggung-tanggung! Ada pameran pertanian dan parade dan lomba tarian di jalanan. Puncak perayaan ini merupakan arak-arakan Golden Float Parade. Pastikan Anda mengenakan kaca mata hitam karena warna-warninya pasti sangat mencolok!

6. Wisata religi

Berkunjunglah ke gereja tua yang dibangun pada tahun 1624. Namanya Katedral St. Augustine yang penduduk lokal menyebutnya El Padre Capitan.

Cara ke Cagayan de Oro

1. Udara

Ada penerbangan harian dilayani oleh Maskapai Philippine Airlines dan Cebu Pacific ke Bandara Lumbia atau Cagayan de Oro. Kamu bisa berangkat dari Manila, Cebu, davao, Bacolod, dan Iloilo.

2. Darat

Cagayan de Oro merupakan salah satu rute utama dalam trayek bis antar provinsi. Dari kedua terminal bus di CDO – Market City (Agora) Bus Terminal, Bulua Westbound Bus Terminal – kamu dapat tiba atau berangkat ke berbagai tujuan di Mindanao.

3. Laut

Pelabuhan Cagayan de Oro merupakan salah satu dermaga tersibuk di Filipina. Ada kapal dan feri berkala dari CDO dan pelabuhan besar lainnya di Filipina seperti Manila, Ilo-ilo dan Cebu. Informasi lebih kamu lihat di sini ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *