Cabadbaran City

 

Gunung di Cabadbaran City (dok PDOT)

 

 Tentang Cabadbaran City

Cabadbaran mungkin belum pernah Anda dengar, tidak seperti Butuan City, tapi kota ini sebenarnya merupakan ibukota Agusan del Norte.

Cara ke Cabadbaran City

1. Udara

Ada penerbangan dari Manila ke Butuan, lokasi bandara terdekat.

2. Darat

Ada beberapa armada bus dari Butuan Integrated Bus Terminal dengan jurusan Surigao City. Anda dapat meminta supir untuk berhenti di Cabadbaran City. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan van, Jeepney atau multicab dari Butuan atau Surigao City ke Cabadbaran.

3. Laut

Pelabuhan terdekat ada di Nasipit (Agusan del Norte) dan Lipata (Surigao del Norte).

 

Higanteng Bato (Cabadbaran City Tourism/Facebook)

Kegiatan Utama

1. Wisata sejarah

Dikenal sebagai salah satu wilayah tertua dengan pemukiman yang sudah ada sejak 1200 masehi, daerah ini sangat kaya akan warisan budayanya. Kota yang aktif ini memiliki banyak situs arkeologi seperti Brgy. Calibunan, Sanghan, La Union, Kauswagan dan Caasinan.

Anda dapat berpesiar di Cabadaran City, yang penuh dengan rumah peninggalan masa kolonial Spanyol. Jangan lewatkan Rumah Keluarga Atega, kediaman Andres Atega, pahlawan revolusi kota ini. Pemukiman purba yang banyak ditemukan di sekitar perairan Desa Caasinan, Capudlusan dan Cambuayon patut Anda kunjungi. Beberapa artefak arkeologis telah diekskavasi dari masa sebelum kolonisasi Spanyol dan sekarang dipamerkan di Museum Cabadbaran.

2. Jelajah

Higanteng Bato di Sitio Pirada di Del Pilar menjadi tujuan favorit penduduk setempat yang menyukai petualangan di ruang terbuka. Anda dapat menggunakan perahu mengarungi sungai lalu mendaki bongkahan batu besar yang terjal untuk mencapainya.

Latih otot Anda sambil trekking dari simpang Pirada Road melalui sungai yang deras dan menuju batu besar yang disebut Higanteng Bato (Batu Raksasa).

Untuk yang memiliki jiwa petualang, uji ketahanan Anda dengan mendaki puncak tertinggi di Mindanao Timur Laut, Gunung Hilong-hilong. Hasil jerih payah Anda akan terbayar saat tiba di danau berair tenang, air terjun yang megah, dan jika beruntung kamu akan melihat Rajawali Filipina sedang terbang karena daerah ini habitatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *