Bukidnon

 

 

Seru-seruan di Dahiliyan Forest Park (dahilayanforestpark.com)

 

 

SEKILAS TENTANG BUKIDNON

Wisata di Filipina, kamu bisa ke Bukidnon. Bukidnon merupakan provinsi yang berada di Pulau Mindanap, bagian selatan Filipina. Provinsi ini mencakup sebagian besar Mindanao Utara, sekaligus merupakan provinsi keempat terbesar di Filipina.

Udara sejuk kota ini dikarenakan lokasinya di dataran tinggi 915 Mdpl dan dikelilingi pegunungan. Berbasis pertanian, daerah ini penghasil utama beras dan jagung, termasuk penghasil nanas, pisang, dan tebu. Cocok untuk traveler yang ingin udara segar saat liburan di Filipina.

Liburan di Filipina, kamu bisa kunjungi Bukidnon untuk menikmati alam yang hijau. Tahukan kamu, karena daerah ini berada di ketinggian dan memiliki jurang yang dalam, Bukidnon terlindung dari badai dan topan.

 

(Kampojun/Facebook)

KEGIATAN UTAMA

1. Jelajah Alam

Salah satu obyek wisata utama di sini adalah Gunung Kitanglad gunung berapi aktif yang juga puncak tertinggi keempat di Filipina dengan ketinggian 2.899 Meters, dan Association of Southeast Asian Nations Heritage Park. Juga adaSungai Pulangi yang merupapkan salah satu sumber air Rio Grande de Mindanao.

Ingin kegiatan yang memacu adrenalin, datang saja ke Dahilayan Adventure Park. Ada zipline terpanjang di Asia, ATV, dan kegiatan untuk seluruh keluarga. Ada juga Kampo Juan, dengan daya tariknya sebuah jembatan gantung sepanjang 120 meter yang membentang di ketinggian 165 meter di atas sebuah sungai. Menantang bukan?

Bukan itu saja! Sumilao dengan guanya yang banyak menanti untuk kamu jelajahi. Lalu ada Baungon, habitat dua bunga terlangka dunia.

Provinsi ini memang tidak memiliki pulau dan pantai yang identik dengan Filipina, tapi banyak terdapat mata air alami. Kebanyakan dijadikan bagian dari resor seperti MGM Mountain Resort, RR Family Spring Resort, dan Waig Crystal Spring Resort.

Bukidnon juga kaya budaya karena didiami tujuh suku asli: Manobo, Higaonon, Talaandig, Matigsalug, Tigwahanon, Bukidnon, dan Umayamnon

 

Festival Kaamulan (bukidnon.gov.ph)

2. Menikmati Festival

Di Bukidnon terdapat perayaan bernama Festival Kaamulan. Ritual ini merupakan pertemuan Suku Bukidnon yang bisa berarti upacara pernikahan, festival rasa syukur saat musim panen, perjanjian damai dan semua itu dirangkai dalam satu pertemuan.

Di festival ini kamu bisa melihat budaya asli Bukidnon. Kaamulan diadakan setiap pertengahan bulan Februari sampai 10 Maret setiap tahunnya. Biasanya diadakan di Malaybalay City, ibukota Provinsi Bukidnon.

Simak juga gaya hidup Suku Taalandig dengan mengunjungi tanah leluhur mereka. dan untuk oleh-oleh kamu bisa bawa pulang bagian dari Bukidnon melalui tenun tradisionalnya.

 

Bersantai di Dahiliyan Forest Park (dahilayanforestpark.com)

BAGAIMANA CARA KE SINI?

1. Udara

Tidak ada penerbangan komersil langsung ke Bukidnon. Tapi kamu bisa terbang dari Manila, Cebu, Iloilo, dan Davao ke Lumbia Airport ke Badnara Cagayan de Oro City. Dari sana, kamu bisa melanjutkan melalui jalur darat ke Bukidnon.

2. Darat

Bus, jeepney, dan mobil sewaan akan mengantar kamu dari Cagayan de Oro City ke Bukidnon. Meggunakan bus paling praktis. Agora Bus memiliki tarif Php160 (US$3.85). Perjalanan 104 kilometer ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

3. Laut

Bukidnon merupakan dataran tinggi dan untuk mencapai ke sini kamu bisa menggapai pelabuhan terdekat dan ada di Cagayan de Oro City. Dari Cagayan de Oro City, kamu dapat melanjutkan melalui jalur darat.

 

INFORMASI HARGA

(Harga update November 2018)

Kegiatan Harga
Kegiatan – Dahilayan Adventure Park mulai dari Php 400 / wahana
Kegiatan – Dahilayan Forest Park mulai Php 100 (dewasa); Php 50 (anak di bawah 12 tahun/ tergantung pilihan kegiatan )
Kegiatan – Kampo Juan Php 600 / orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *