Boracay

White Beach di Pulau Barocay (dok PDOT)

Sekilas Tentang Boracay

Tahun ini, 3 pulau dari Filipina masuk ke dalam ‘The Best Islands in the World 2018’ versi pembaca Conde Nast (media AS). Salah satu dari 3 pualu itu adalah Pulau Boracay yang berada di posisi ke dua. Wow!

Perlu kamu ketahu lagi, di tahun 2012 Pulau Barocay juga terpilih sebagai Pulau Terbaik 2012 oleh Travel+Leisure Magazine. Wajar saja, berpasir putih nan halus dengan air lautnya yang super bening akan memikat turis manapun yang liburan ke Filipina.

Sebelum kamu liburan ke Filipina, perlu kamu ketahui dahulu nih. Pulau Barocay berada di Malay, Aklan. Pulau ini berada di 315 Km dari Kota Manila.

Pulau ini tidaklah besar, panjangnya hanya 7 Km dengan lebarnya kurang dari 1 Km. Walau berukuran kecil, pulau ini adalah surga tropis mini. Cantik banget!

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pulau Barocay adalah wisata pantainya. Kamu yang berkunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih selembut tepung, air laut sejernih kristal dengan bawah lautnya yang menawan.

Jika kamu mencari tahu tentang Barocay, yang keluar kemungkinan besar merupakan foto White Beach, pantai yang menghadap ke barat. Bentangan pasir putih halus sepanjang empat kilometer berhiaskan resort, pertokoan, dan restoran.

Nah, White Beach dibagi menjadi tiga. Bagian paling utara, Station 1, memiliki pesisir pantai yang lebar. Tempat ini memiliki resor dan hotel terbaik (dan termahal).

Bagian tengah White Beach adalah Station 2. Di sini pengunjung datang untuk makan, berbelanja, dan berpesta. Dan untuk daerah yang leih tenang,di Station 3 tempat yang cocok.

Perairan White Beach sangat tenang selama Musim Amihan (November sampai Mei) karenanya pariwisata memuncak di bulan-bulan ini dengan bertiupnya angin timur laut. Keadaan cuaca berbalik di musim hujan saat angin Habagat atau muson bertiup.

Tidak hanya ada White Beach di Barocay. Juga ada Pantai Bulabog, surga yang tidak kalah memikat. Bulabog Beach, di sisi timur pulau dan berseberangan dengan White Beach, memiliki angin yang kencang sepanjang tahun.

Karena kondisi angin itu daerah ini menjadi tujuan utama untuk berselancar angin dan selancar layang (kiteboarding). Bulabog Beach termasuk salah satu tempat favorit untuk selancar layang. Yakin tidak mau datang? Kamu tinggal memilih sisi mana yang ingin dikujungi, dan semuanya bagus dan menawan kok!

Karena pengunjung Boracay berasal dari berbagai belahan dunia, kau akan mudah menemukan berbagai ragam pilihan makanan seperti Cina, India, Amerika, Perancis, Italia, Swiss, bahkan Maroko! Hidangan laut yang segar juga sudah pasti ada.

Tidak sekedar main di pantai saja, kamu yang diving silahkan ‘basahi insang’ di bawah laut Barocay. Terdapt 25 titik diving dengan beragam cerita di dalamnya.

(dok PHILIPPINES DEPARTMENT OF TOURISM/tourism.gov.ph)

2. Kegiatan Adrenalin

Selain wisata pantai, kamu juga bisa mencoba beragam kegiatan adrenalin yang asyik banget. Yang ingin melakukan parasailing silahkan di coba. Nanti kamu akan ditarik menggunakan paraw (perahu tradisional) untuk tur mengelilingi pulau, bermain ski air, atau terjun bebas dari tebing karang. Menyenangkan bukan?

3. Pijat dan Spa

Setelah letih melakukan berbagai olahraga air, kamu bisa bersantai dengan pijatan yang menenangkan baik di pantai langsung atau di salah satu spa yang ada.

Nikmati shake buah yang menyehatkan di Jonah’s. Berenang lah di air segar kolam infinity di Shangri-La Resort and Spa, dengan pemandangan laut yang memukau. Cobalah berbelanja perhiasan dari kerang dan saat matahari terbenam Anda bisa langsung menuju salah satu bar di Boracay dan merasakan kehidupan malam di pulau tersebut. Cocktail, bir draft, dan ale impor melimpah semalaman dan nikmati sambil mendengar live band dan musik disko.

Tentu saja Anda juga jangan lupa untuk sekedar berjemur dan bermalas-malasan di atas pasir putih yang menjadi cri khas Boracay.

PERLU KAMU TAHU

1. Pulau Barocay baru saja dibuka dan sempat ditutup selama 6 bulan (bulan April- Oktober 2018) karena pantainya yang kotor akibat sampah dan limbah.
2. Jumlah turis dibatasi berkunjung ke Barocay.
3. Pemerintah melarang wisatawan untuk pesta minuman dan merokok

Cara ke Barocay

1. Jalur Udara

Cara tercepat ke Boracay adalah dengan menggunakan pesawat dari Manila ke Bandara Caticlan di Pulau Panay. Ada juga banyak penerbangan ke Kalibo, salah satunya dari Manila. Namun, dari Kalibo masih harus menyambung perjalanan 1,5 jam dengan bus ke Caticlan. Penerbangan dari Manila ke Caticlan hanya 50 menit.
Dari Cebu City, penerbangan memakan waktu 50 menit dan 30 menit dari Tablas, Romblon.

2. Jalur Laut

Cara yang lebih menantang namun lebih santai dan romantis adalah menggunakan feri dari Manila ke Caticlan atau Dumaguit, di dekat Kalibo. Lama perjalanan sekitar 17 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *