Bandara Internasional Bohol yang Ramah Lingkungan

Di bulan November ini, Bandara Internasional Panglao akan diresmikan dan beroperasi. Bandara ini akan menjadi bandara pertama di Filipina dengan teknologi ramah lingkungan.

Setelah beberapa waktu tertunda, Bandara Internasional Panglao akan segera dibuka. Bandara Bohol baru ini dibangun di Pulau Panglao. Pembangunan bandara ini diharapkan mampu menampung dua juta wisatawan yang ditargetkan berkunjung tahun depan.

Bandara Internasional Panglao dirancang dengan standar internasional dengan mampu menampung kapasitas 2 juta wisatawan. Jumlah ini dua kali lipat dari kapasitas Bandara Tagbilaran. Harapannya bandara ini membantu mengurangi lalu lintas di Bandara Tagbiliran, bandara nomor 11 tersibuk di Filipina.

Japan International Cooperation Agency (dok Annie Perez, ABS-CBS News)
Japan International Cooperation Agency (dok Annie Perez, ABS-CBS News)

 

 

Berdesain megah dan fasilitas yang lengkap, Bandara Panglao juga didesain untuk ramah lingkungan. Bandara eco-friendly ini terwujud karena adanya teknologi dan dana dari Japan International Cooperation Agency-Overseas Development Assistance.

Adapun penerapan ramah lingkungan ini diterapkan di beragam sisi. Di mulai dari menampilkan sistem pembangkit listrik fotovoltaik dan sistem penyaringaan pencegah polusi di sekitar bandara selama drainase. Juga bandara memiliki papan solar, plafon berbahan kayu pinus (pinewood) dan keramik.

 

(dok Annie Perez, ABS-CBS News)

 

Juga fitur hemat energi yang diselipkan dalam desain bandara adalah pada faktor pencahayaan. Bandara dipasangkan lampu LED, lampu alami, dan ventilasi di sebagian besar area publik. Untuk pendingin udara akan didukung oleh energi matahari dan hanya tersedia di area keberangkatan.

Bandara International Panglao sebenarnya ditargetkan selesai di tahun 2021. Namun mengingat target yang terlalu lama, akhirnya pembangunan bandara dipercepat.

(dok Annie Perez, ABS-CBS News)

 

Dengan adanya bandara baru, Bandara International Panglao, diharapkan mempermudah wisatawan yang ingin liburan ke Filipina, khususnya ke Bohol. Kamu yang ingin tahu informasi mengenai Bohol, bisa dibaca di sini.

Sumber: Annie Perez, ABS-CBS News
Foto diambil dari: https://news.abs-cbn.com/business/10/25/18/panglao-international-airport-nearly-complete

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *