Bislig City

 

Sekilas Tentang Bislig City

Bislig City merupakan kota kelas tiga yang berada di Provinsi Surigao del Sur, Filipina. Bislig City perlahan-lahan mulai diminati turis dengan beragam destinasinya.

Adapun tujuan utama turis yang datang ke Bislig City adalah  wisata air terjunnya. Bislig City memiliki Air Terjun Tinuy, air terjun yang mengagumkan menjadikan Bislig City terkenal.
Dikenal sebagai air terjun terlebar di Filipina, tempat ini sering dijuluki sebagai ‘Air Terjun Niagara dari Filipina’.

Kegiatan Utama

1. Wisata air terjun

Naiki tingkat pertama di Air Terjun Tinuy-an, yang dijuluki ‘Air Terjun Niagara dari Filipina’ dengan tinggi 55 meter. Kawasan ini sangat asyik untuk berenang dan bermain air bersama teman-teman. Air terjun bertingkat tiga ini memiliki tirai-tirai putih dari air.

Tirai air berwarna putih mencurah sebanyak tiga tingkatan di air terjun ini. Sebagai tambahan dari keindahannya, pada jam 9 sampai jam 11 pagi, ada pelangi yang muncul di permukaannya

2. Wisata gua

Banyak gua yang bisa kamu jelajahi di Bislig. Sebut saja Gua Bislig, Gua Hinayagan, Gua Banbow (gua terpanjang ke 6 di Filipina) dan Gua Tatol (gua terpanjang kesembilan di Filipina).

Bersiaplah untuk berkeringat dan berkotor-kotor saat Anda menelusuri indahnya Gua Bislig. Rasakan betapa kecilnya diri Anda saat berada di Gua Hinayagan, Gua Banbow dan Gua Tatol.

Kagumi formasi batuannya, dari stalagmit yang tumbuh dari dasar dan stalaktit yang bergantungan di langit-langit. Lihat indahnya tirai-tirai batu, gemerlap kristal mineral, dan tiang-tiang kokoh.

Nikmati juga keindahan Gua Hinayagan (dulunya disebut Gua Suhotan) dengan formasi batuannya yang unik. Pasti Anda sangat ingin memegangnya, tapi tahan diri karena sentuhan dapat merusak formasi batuan yang ada.

3. Menikmati pulau

Kamu yang telalh lelah menjelajah, yuk naik kapal ke Pulau Hagonoy dan menginap semalam di pondok yang sederhana. Di sini kamu bisa berjemur di pantainya di siang hari, mencoklatkan kulit, dan makan hidangan laut sepuasnya. Nikmati sejuknya udara malam hari ya. Sungguh indah!

Pulau Hagonoy, hanya 30 menit dari pulau utama Bislig. Tempat ini merupakan pulau tropis impian dengan perairan yang berkilau, pasir putih halus, dan pantai berhias pohon kelapa.

4. Jelajah kota

Siapa yang menyangka ada museum boneka di Bislig? Kunjungi International Doll House yang memamerkan banyak sekali boneka dari berbagai penjuru dunia.

Tips

Kunjungi Air Terjun Tinuy-an pada jam 9-11 am untuk menyaksikan pelangi yang muncul di air terjun ini.

FAKTA UNIK

1. Bislig dijuluki sebagai ‘Kota Teluk yang Berkembang Pesat’.

2. Mangagoy, Bislig dijuluki sebagai kota kecil di dalam kota.

Bagaimana Mencapainya

Kamu bisa menggunakan beragam transportasi untuk menuju Bislig City.

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Butuan, lokasi bandara terdekat.

2. Darat

Dari terminal Davao City’s Ecoland, Anda dapat mengunakan bus jurusan Mangagoy (Bislig). Dari Terminal Butuan Integrated Bus (Agusan del Norte), ada bus yang langsung ke Mangagoy (Bislig). Dari San Franz (Agusan del Sur) ada bus dan mobil angkutan jurusan Mangagoy (Bislig).

3. Laut

Pelabuhan terdekat ada di Nasipit (Agusan del Norte) dan Lipata (Surigao del Norte).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *