Biliran

 

 

Pulau Sambawan (dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Biliran

Biliran merupakan provinsi terkecil dan terbaru di Filipina. Walau begitu, kekayaan alam Biliran akan membuat siapaun yang datang akan terpukau!

Provinsi Biliran memiliki banyak air terjun, dari yang sangat tinggi sampai yang memiliki kolam untuk berenang di dasarnya.

Selain itu juga ada pulau dengan pantai-pantai menawannya. Tak lengkap kunjungan ke Biliran bila tidak berenang menikmati koral lautnya yang indah.

Kamu yang ingin liburan ke Biliran, harus mencoba bersepeda keliling kota, menikmati arsitektur kota dan bangunan sejarahnya. Jangan lupa beli oleh-olehnya juga ya!

 

Tinago Falls (dok PDOT)

 

Kegiatan Utama

1. Wisata air terjun

Banya kair terjun yang bisa kamu jelajahi di Biliran. Air terjun Tomalistis paling terkenal karena rasa airnya manis. Fakta ini menjadikan air terjun ini tercatat di Guinness Book of World Records.

Kunjungi juga Air terjun Tinago cocok untuk berfoto, di mana air mencurah dengan stabil ke sebuah cekungan dikelilingi batuan hijau. Singgahlah di air terjun Ulan Ulan (ulan dalam bahasa Filipina berarti hujan) untuk mendengar dan merasakan langsung gemuruh suara air dan arusnya yang deras.

2. Wisata pantai

Menjelajahi pantai-pantai tersembunyi di Biliran juga merupakan salah satu cara menikmati taman firdaus kecil ini. Pantainya masih alami dengan pasir yang berwarna cerah dan air berwarna biru pekat. Hal terbaik di sini adalah pantai ini sangat sepi.

Gunakan kapal ke Pulau Sambawan dan kamu bisa snorkeling di taman koralnya, atau sekedar menyiapkan tempat tidur gantung dan tidur siang di pantai Pulau Dalutan.

Gosong pasir sepanjang 200 meter di pulau yang selalu berubah bentuk membentang dengan indah ke arah laut dan pantainya menampilkan formasi batuan dan kerang yang cantik. Konon mantan presiden Ferdinand Marcos mengasingkan diri di pulau ini selama Perang Dunia II dan dikenal dengan nama Marcos Hill.

3. Mata air panas

Yuk kunjungi Mata Air Panas Mainit yang memiliki kolam-kolam dengan berbagai suhu dan cocok untuk melegakan otot-otot yang tegang.

Untuk menyegarkan mata, kalau kamu tidak sempat ke provinsi Ifugao di utara, Teras Sawa Iyusan cukup memuaskan sebagai miniaturnya.

4. Beragam festival

Beragam festival di Biliran yang bisa kamu saksikan. Sebut saja Ibid Festival, Gapnod Festival, Bagasumboi Festival, Tsinelas Party, dan Subingsubing Festival.

5. Berbelanja

Tak lengkap rasanya liburan tidak membawa cindera mata Biliran. Kamu bisa berbelanja di Tinambiran (di Naval), Nito Weaving (di Maripipi) dan Pottery Making (di Maripipi).

 

Iyusan Rice Taerraces (dok PDOT)

 

Tips

1. Jangan lupa mencoba aneka penganan suman (ketan dibungkus daun pisang), chicken in a barrel, dan Daddy’s Best Homemade Bagoong (terasi udang).

2. Sewa habal-habal (semacam ojek) untuk wisata ke air terjun.

3. Waktu yang ideal untuk tur pulau ke pulau adalah di pagi sekali.

 

Mainit Hot Spring (dok PDOT)

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Kamu bisa berkunjung ke Baliran melalu transportasi udara. Maskapai utama terbang langsung dari Manila ke Tacloban (satu jam perjalanan) setiap hari. Kamu juga bisa berangkat dari Cebu.

2. Darat

Bila ingin menempuh jalur darat, kamu bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi dari Luzon atau Mindanao ke semua kota besar di Biliran.

3. Laut

Bila ingin menggunakan transportasi laut, kamu bisa gunakan feri Cebu ke Naval dan beberapa kota lainnya. Juga ada rute dari Luzon dan Mindanao.

Atau gunakan kapal cepat dari Cebu jurusan Ormoc. Dari Ormoc City, kamu dapat menggunakan angkutan umum ke Naval.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *