Batanes

Basco Marine Sanctuary (batanes.gov.ph)

 

 

SEKILAS TENTANG BATANES

Batanes adalah provinsi kepulauan di Filipina yang terletak di wilayah Lembah Cagayan. Batanes merupakan provinsi paling utara dan juga yang terkecil, baik dalam populasi maupun luas daratan. Ibukotanya adalah Basco yang terletak di Pulau Bata. Batanes terdiri dari 10 pulau yang indah dengan total 84,56 mil persegi yang terdiri dari pegunungan hijau dan perbukitan yang luas.

Liburan ke Batanes, Filipina bisa jadi pilihan kamu yang ingin menikmati alam Filipina. Pantai, laguna, gua, dan pulau-pulau yang menawan akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Kamu akan memuja keindahan wisata Filipina ini. Sisihkan waktu liburan kamu di bulan Maret-Mei ya, karena ini adalah waktu terbaik berkunjung ke Batanes.

Gunung Iraya (batanes.gov.ph)

KEGIATAN UTAMA

1. Jelajah Pulau

Sampai sekarang, Pulau Batan masih memiliki peninggalan masa kolonial Spanyol dimulai dari bangunan kuno, gereja berumur ratusan tahun, dan jembatan yang dibangun bangsa Spanyol. Kamu bisa menjelajahi pulau cantik ini dengan bersepeda.

Kunjungi juga Racuh Apayaman, dijuluki Marlboro Country, padang penggembalaan milik bersama. Kagumi naik turunnya lembah, bukit dan padang rumput di mana kerbau, kuda, dan sapi merumput dengan bebas.

Desa Purba Diura yang berada di tepi pantai juga layak dikunjungi terutama di musim menangkap ikan saat para nelayan melakukan ritual Kapayvanuvanua. Bagi yang berjiwa petualang dapat hiking di  Gunung Iraya di Basco. Kamu bisa mengkoordinasikan perjalanan dengan hotel untuk mendapatkan pemandu.

2. Wisata Budaya Budaya

Menyeberanglah ke Pulau Sabtang salah satu tempat yang melestarikan kebudayaan suku Ivatan.

Coba juga berkeliling di Savidug dan Chavayan untuk melihat rumah batu. Kamu bisa membawa oleh-oleh berupa bakul anyaman tangan dari Asosiasi Penganyam Sabtang.

Jangan tinggalkan Sabtang sebelum menjelajahi lengkung batu alam di pesisirnya.

3. Berkunjung ke Beragam Situs

Kunjungi Gereja San Carlos Borromeo dengan arsitektur putihnya yang menawan. Juga ada Gereja San Jose El Obrero, Gereja STA Maria Imaculada. Tambah wawasan budaya kamu di rumah batu House of Dakay, Vernacular Houses dan masih banyak lainnya.

Gereja San Carlos Borromeo (batanes.gov.ph)

 

4. Wisata Pantai

Liburan di Batanes kamu bisa bermain ke Pantai Valugan Boulder dengan pesosor bebatuan kerikilnya. Juga ada Pantai Maydangeb dan Pantai Tinian dengan pasir putihnya.

5. Wisata Kuliner

Hidangan laut setempat wajib dicoba di Batanes, terutama lobsternya. Singgahlah di Hiro’s Café, Doque Grill Xaus dan Pension Ivatan. Sempatkan juga ke Honesty Shop. Tempat ini terkenal karena tidak ada yang menjaga toko: kalau mau membeli sesuatu tinggalkan saja uang kamu di kotak yang disediakan.

CARA KE SINI

Satu-satunya cara mencapai Batanes melalui jalur udara. Cari tahu penjadwalan penerbangan dari Manila, Cagayan atau Ilocos Norte. Untuk transportasi kamu selama di Batanes, bisa kamu cari tahu di sini ya.

 

Basco Rolling Hills (batanes.gov.ph)

SARAN

1. Untuk dapat menikmati pemandangan terbaik di Batanes datanglah di saat musim kemarau (Maret– Mei) atau di bulan September.
2. Nikmati makan di tempat terbuka di malam musim kemarau di Naidi Hills.
3. Sewa sepeda! Bersepeda merupakan cara terbaik untuk menikmati perbukitan yang naik turun.

INFORMASI HARGA

Kegiatan Harga
Makan – Hidangan khas setempat – kepiting kelapa dengan sayuran lokal mulai Php 300 / porsi
Makan – ayam bakar mulai Php 150
Akomodasi – kamar hostel mulai Php 300
Akomodasi – kamar hotel mulai Php 1.200
Akomodasi – kamar keluarga mulai Php 2.000
Akomodasi – kamar resor mulai Php 1.800
Akomodasi – Fundacion Pacita (resor di puncak gunung) mulai Php 10.000 / kamar
Transportation – rental vanmulai mulai Php 4.000 / hari
Transportation – 10 menit menggunakan becak mulai Php 50 / orang
Transportation – 10 menit menggunakan Jeepney mulai Php 20 / orang
Transportation – 30 menit menggunakan kapal mulai Php 75 / orang
Belanja – Suvenir T-Shirt mulai Php 250
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu (Batan) mulai Php 500
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu (tur sehari) mulai Php 1.000