Baguio

 

Danau di Burnham Park (baguio.gov.ph)


SEKILAS BAGUIO

Baguio adalah salah satu kota terkemuka di Filipina yang berada di utara Pulau Luzon. Kota ini terkenal sebagai salah satu pusat wisata musim panas Filipina selama 99 tahun terakhir karena berada di ketinggian 1450 Mdpl.

Berada di dataran tinggi Filipina, kota ini dikenal dengan nama Kota Pinus. Walau tempat ini dingin, bukan berarti tempat ini sepi. Kota Baguio terkenal dengan populasi siswanya paling banyak di Filipina. Juga terdapat banyak resort untuk wisatawan.

Kota ini dulunya tujuan rekreasi warga Amerika yang kemudian mengembangkan kota ini sebagai lokasi liburan di awal 1900-an. Sejak itu Baguio berkembang dan ramai dikunjungi wiatawan, terutama para backpacker. Beragam destinasi siap memanjakan para wisatawan yang ingin wisata di Baguio.

Beragam petualangan bisa kamu dapatkan di Kota Pinus ini. Mulai dari menelusuri Session Road dan wisata  belanja di Ukay-ukay (toko diskon). Barang bekas dengan merk terkenal bisa kamu temukan dengan harga miring di kawasan ini.

Kamu yang suka kerajinan tangan, bisa memuaskan hasrat untuk menambahkan koleksinya. Penduduk Cordillera terkenal karena ukuran dan tenunnya. Pasar kota menjual berbagai ukiran bulul (dewa padi) termasuk ukiran “nakal” Barrel Man. Kerajinan rotan seperti pasiking (ransel tradisional) dan keranjang hadir dalam berbagai pilihan. Asyiknya lagi, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung saat pengrajin bekerja. Untuk menggapai tempat ini, kamu bisa naik taksi dari Asin Road di Green Valley.

Mencari inspirasi? Kunjungi Bencab Gallery and Museum. Dibangun di pingiran bukit dengan pemandangan hutan dan taman tropis yang indah, museum ini milik seniman nasional Ben Cabrera. Mahakarya etnis dalam bentuk sendok, pipa rokok, dan asbak dipajang bersandingan dengan lukisan dan patung.

Untuk mengenal kehidupan Cordillera lebih dalam tanpa perlu meninggalkan pusat kota, Desa Tam-Awan patut dikunjungi. Di sini kamu dapat mencari replika rumah dari anyaman ilalang dan bertemu langsung dengan seniman lokal.

Burnham Park, Camp John Hay dan Mines View Park merupakan tempat bersantai yang menarik. Banyak hotel dan homestay seperti bangunan The Manor yang mirip pondok kayu dan serviced apartment Gardenville di Green Valley. PNKYHome adalah penginapan yang terasa seperti rumah sendiri.

Jika ingin mengekplore lebih, tidak akan cukup waktu libur sehari. Rencanakan kunjungan kamu untuk lama-lama di sini ya. Simpan cutimu untuk liburan ke sini.

Mines View Park ( baguio.gov.ph)

KEGIATAN UTAMA

1. Hidup seperti pribumi

Kunjungi Desa Tam-Awan dan simak langsung keseharian penduduk pribumi. Kota kecil ini dapat mengajarkan beragam makna dari hidup. Berbaurlah!

2.Seni dan Indahnya Pegunungan

Sempatkan datang ke galeri seniman nasional BenCab dan lihat aneka mahakarya etnis. Jangan lupa juga nikmati makan siang sambil memandang hutan tropis. Yakin tak mau?3.

3. Buru Sensasi Seni

Singgahlah di Victor Oteyza Community Art Space (VOCAS) di Session Road di mana Anda dapat melihat penampilan seni dari seniman setempat yang diadakan berkala. Di sana juga terdapat restoran vegetarian, Oh My Gulay (“Ya ampun sayurku!”).

4. Wisata Kuliner

Kunjungi Casa Vallejo di Upper Session Road, dulunya merupakan tempat pengungsian tapi sekarang disulap menjadi salah satu tempat menarik di Baguio. Di sini terdapat restoran Miele Guide-listed Hill Station, Mt. Cloud Bookshop yang unik, North Haven Spa, dan Baguio Cinematheque.

5. Wisata Alam
Kunjungi Burnham Park dengan taman dan danaunya yang sangat cantik. Juga ada Mines View Park dengan pemandagannya indah dari Lembah Amburayan. Segarkan matamu!

 

Manapuri Ethnics (dok PDOT)

BAGAIMANA MENCAPAINYA

– Udara

Tidak ada rute udara

– Darat

Beberapa rute bus berangkat setiap jam ke Baguio dari Cubao dan Pasay. Perjalanan memakan waktu lima jam.

– Laut

Tidak ada rute laut

TIPS

Anda mungkin akan melihat penduduk setempat mengenakan pakaian tradisional di tempat wisata di Baguio. Kebanyakan orang menyebut mereka “Igorots” atau “suku primitif,” tapi julukan ini menghina. Istilah yang lebih tepat suku pribumi.

FAKTA MENARIK

Camp John Hay Golf Course mengikuti Golden Bear International Design karya Jack Nicklaus —pegolf dijamin akan merasakan permainan yang menyenangkan dan menantang di sini.

INFORMASI HARGA

Makan
– Hidangan Pinikpikan Php 20 / porsi

Transpor
– Menggunakan Jeepney Php 8.50 / orang; Php 6.75 / pelajar
– Menggunakan Taxi Php 35 buka pintu + Php 2 per 200 meter
– Menggunakan perahu – Burnham Park Php 60 / 30 menit

Kegiatan

– Museum Baguio Mountain Province Php 30 / orang
– BenCab Museum Php 100 / dewasa ; Php 80 / pelajar
– Suvenir T-Shirt Php 80 – 100
– Barang antik Php 100 atau lebih
– Petualangan Pepohohan (Treetop Adventure) Baguio – Superman Ride Php 300 / orang
– Petualangan Pepohohan Baguio – Treedrop Adventure Php 150 / orang
– Petualangan Pepohohan Baguio – Silver Surfer Php 200 / orang
– Petualangan Pepohohan Baguio – Trekking Php 100 / orang
Kegiatan – Petualangan Pepohohan Baguio – Canopy Ride Php 200 / orang
– Tur keliling kota + pemandu Php 2,000 / orang
– Tur keliling kota rute bebas Php 250 – 300 / orang
– Agroturisme (pertanian organik) Php 150 / orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *