Bacolod City, Si Kota Senyum

 

 

SEKILAS TENTANG BACOLOD CITY

Wisata ke Filipina, jangan hanya main di Manila saja. Kunjungi juga Bacolod City, kota bersahabat dan penuh beragam destinasi menarik. Tidak hanya wisata laut, namun juga wisata sejarah, kuliner, dan budaya.

Bacolod City merupakan kota yang berada di pantai barat laut Provinsi Negross Occidental, Filipina. Kota ini sangat bersahabat sehingga dijuluki The City of Smiles (Kota Senyum). Akses menuju kota ini juga sangat gampang, bisa dengan jalur udara, darat dan lauut.

KEGIATAN UTAMA

1. Terjun di Aklan
Anda dapat mengunjungi berbagai air terjun di Aklan. Di kota Nabas sendiri saja ada delapan. Di Air Terjun Jawili di Tangalan, dasarnya yang ada tujuh kolam rasanya seperti danau kecil yang sangat menyegarkan untuk berenang.

2. Jelajah gua
Gua Ignito yang menakjubkan. gua purba di bukit Tigayon. Gua Tulingon sepanjang 20 kilometer. Bersiaplah menjelajah gua dan di berbagai gua yang ada di provinsi ini.

3. Aktivitas air
Di mata air Hurom-Hurom, Anda dapat berkayak sepanjang Sungai Gibon. Bersiaplah melihat langsung Burung Rangkong dan rusa bertotol. Anda juga dapat melakukan arung jeram di Sungai Aklan. Apa pun yang Anda lakukan, semuanya selalu menjadi petualangan.

4. Hiking di hutan bakau
Kunjungi Bakhawan Eco-Park, di mana Anda dapat menemukan hutan bakau yang masih lebat. Di Katunggan It Ibajay Eco-Park, Anda dapat menyaksikan langsung pepohonan bakau berusia ratusan tahun. Pohon terbesar tingginya 20 meter dan kelilingnya 8 meter.

5. Kain Piña
Kalau Anda pernah melihat atau mengenakan busana tradisional Filipina, Anda pasti tertarik mengunjungi Desa Kalbo Piña. Tradisi menenun serat nanas yang sudah berlangsung selama delapan abad dan proses yang menuntut keterampilan luar biasa menghasilkan piña. Anda pasti akan belajar untuk lebih menghargai kain yang mewah ini.

6. Sto. Niño de Kalibo
Katedral Kalibo menyimpan patung Yesus sebagai Anak Kecil yang konon keramat. Dibangun di tahun 1581, katedral ini direnovasi tahun 1993. Renovasinya merupakan salah satu proyek terakhir dari seniman nasional Leandro V. Locsin.

7. Kesenian
Kunjungi Museo It Akean, menampilkan kekayaan warisan budaya provinsi Aklan melalui berbagai artefak dan karya seni.

8. .Ziarah
Kunjungi Aklan Freedom Shrine, sebuah monumen yang didedikasikan untuk leluhur Aklanon. Di sini Anda dapat melihat makam 19 orang Aklanon yang mati syahid, serta patung Francisco del Castillo – pemimpin Katipunan di Aklan.

 

BAGAIMANA MENCAPAINYA

Udara

Waktu tempuh dari Kota Manila hanya 55 menit dan dilayani olrh 5 maskapai penerbangan utama Filipina, yaitu Philippine Airlines, Cebu Pacific, Air Philippines, Zest Airlines, dan Sea Air. Terapat empat penerbangan pulang pergi setiap harinya.

Dari Kota Cebu, Bacolod City hanya 30 menit dengan 3 kali perjalanan setiap hari melalui Philippine Airlines dan Cebu Pacific.

Darat

Jika berangkat dari Manila, kamu akan menempuh waktu 18 jam (melalui darat dan laut). Perjalanan ke Aklan memakan waktu kurang lebih lima jam dengan bus atau mobil dari Iloilo City.

Laut

Waktu normal untuk menempuh Bacolod dari Manila dengan cruise adalah 20 jam. Sedangkan dari Iloilo hanya 55 menit saja. Adapun titik masuk untuk kapal berada di Pelabuhan Banago dan Pelabuhan BREDCO. Jika ditempuh dari Pelabuhan Iloilo, waktu tempuh hanya 45 menit dan ini adalah yang termudah karena keberangkatan ada setiap jam.

 

FAKTA MENARIK

Dipercaya sebagai provinsi tertua di FIlipina, Aklan konon didirikan sekitar tahun 1212-1213 oleh pendatang dari Kalimantan.

 

INFORMASI HARGA

Kegiatan Harga
Makan – Makanan Popular – Binakoeng Manok Php 600 porsi 4 orang
Makan – Makanan Popular – Inubarang Manok Php 750 porsi 4 orang
Akomodasi – Kamar Hostel Php 800
Akomodasi – Kamar Hotel Php 1,680
Akomodasi – Kamar Hotel Php 1,680
Akomodasi – Family Room Php 3,136
Akomodasi – Resort Room Php 1,500
Transportasi – 10 menit menggunakan becak Php 10
Transportasi – 10 menit menggunakan Jeepney Php 14
Kegiatan – Tiket Museum Php 15; Php 10 (pelajar/mahasiswa)
Kegiatan – Ati-Atihan Experience (Biaya pendaftaran, biaya pelatih, sewa kostum, pemandu wisata, makan siang) Php 810.26 per orang (min 6 – 7 peserta)
Kegiatan – Tur desa Pina (demo menenun) Php 1.005.13 per orang (min 6 – 7 orang)
Belanja – Kerajinan lokal Php 45 – 90
Belanja – T-Shirt Suvenir Php 120 – 180
Kegiatan – Tur Bakhawan Eco Park Php 80 per orang
Kegiatan – Tur Katunggan it Ibajay Php 600 per orang (min 10 orang)