Antique

Sekilas Tentang Antique

Wisata di Filipina, kamu harus menentukan pilihan mau liburan kemana terlebih dahulu. Karena Filipina negara kepulauan dengan destinasi tersebar di semua pulaunya. Jadi kamu pekerja yang cuti tidak lebih dari dua minggu harus memikirkan matang-matang rencana liburan di Filipina.

Salah satu provinsi yang kamu kunjungi adalah Provinsi Antique (baca an-TI-keh) sebuah provinsi di Visayas Barat dengan ibukota San Jose. Provinsi ini berbatasan dengan Pulau Panay, Akalan, Capiz dan Iloilo.

Pasti penasaran kan kamu bisa apa saja di Antique? Tenang, beragam destinasi siap menanti kehadirn kamu untuk petualangan liburan yang tidak terlupakan. Pantai, alam, festival dan kuliner siap menunggu untu kamu jamah. Tunggu apa lagi? Yuk!

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai dan Laut

Jika ingin menikmati pantai yang sepi maka Antique dapat menjadi tujuan yang sesuai. Kamu dapat menyewa kapal dari Culasi untuk berlayar ke Pulau Malalison yang berbentuk sabit. Airnya yang berkilauan mengelilingi pantai berpasir putih halus. Kamu juga bisa snorkeling di terumbu karang Batabat, dan menyaksikan kerumunan ikan dan hewan laut lainnya.

Lokasi lainnya yang cocok untuk menyelam dan snorkeling adalah Pulau Batbatan di lepas Pantai Culasi. Pulau tropis ini memiliki gua dan pantai berpasir putih alamiah.

Ada juga Pulau Maniquin, yang juga dijuluki pulau hiu martil cocok untuk para penyelam. Ada juga Nogas, pulau tak berpenghuni di lepas pantai Anini-y, yang merupakan suaka laut dengan jajaran pohon kamboja yang cantik.

Main juga ke mata air panas Sira-an, kolam air belerang dengan pemandangan lautan. Bentangan pasir putih di Pulau Seco merupakan lokasi favorit untuk kitesurfing.

Berendam di wajan (dok Antique Tourism/Facebook)

2. Wisata Alam

Antique merupakan daerah yang memilik banyak air terjun indah. Datangi Air Terjun Bugtong-Bato yang bertingkat tujuh di pedalaman Brgy.Tuno, Tibiao. Airnya yang segar mengalir ke sebuah kolam yang sangat ideal untuk berenang.

Ayo pacu adrenalin dengan menaiki kayak dan mendayung di air bergelora di Sungai Tibiao. Nikmati juga berenang di kolam hijau di Air Terjun Pula. Di kota Carawisan, Anda dapat menemukan Air Terjun Batwan.

Ada lagi nih, favorit warga setempat yaitu Mata Air Malumpati, airnya mengalir ke Sungai Bugang. Anda bisa meminta pondok di dekat salah satu kolamnya. Tempat ini sangat cocok untuk berenang dan piknik.

Wisata di Ataque kamu juga bisa menjelajah ke gua-gua. Yuk mendaki di Gua Igbaclag, atau saksikan pemandangan menakjubkan di puncak Gua Bato di La Union. Anda dapat melihat pemandangan gunung yang subur, pertanian dan ladang yang subur.

Kamu yang hobi mendaki, cobain deh Gunung Igtuog dan jika beruntung kamu dapat menyaksikan Bunga Rafflesia Lobata saat sedang mekar. Bunga raksasa ini merupakan spesies endemik di pegunungan Antique dan Iloilo, dan tumbuhan ini juga sangat pilih-pilih soal waktu berbunga.

Akhiri hari Anda dengan mandi air hangat dalam kawa (wajan). Wajan ini umumnya dipakai penduduk setempat untuk memasak gula merah tapi kini menjadi wadah untuk berendam. Ughh enak!

Sungai Bugang (dok PDOT)

3. Festival

Saat wisata di Filipina, tidak afdal rasanya tidak menghadiri festival-festival rakyatnya yang meriah. Begitu juga saat wisata di Antique yang memiliki beragam festival untuk turis setiap bulannya.

Diantaranya Tatusan Festival dii Caluya (9-11 April) Banigan Festival (Maret 13-16) Hambaru Festival (minggu pertama Desember), Urukay Festival (November 20-21), Bugas Sa Lusong Festival (15-19 Januari), dan masih banyak lainnya.

Cara ke Antique

Jika kamu ingin wisata di Antique, kamu bisa mencapai kawasan ini dengan via darat dari Iloilo dan Aklan menggunakan bus atau mobil. Kamu bisa menaiki bus dengan jurusan San Jose dan Libertad. Waktu yang kamu tempuh lebih kurang 3 jam perjalanan.

Sayang sekali belum ada penerbangan langsung ke Antique. Jika kamu ingin terbang, bisa menuju ke Bandara Internasional Kalibo ( Aklan) dan Bandara internasional Iloilo. Setelah itu kamu menuju ke Antique dengan bus atau van.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *