Alaminos

 

Hundred Island (dok PDOT)

Tentang Alaminos

Alaminos sebuah kota dengan julukan ‘Home of the 100 Islands’ berada di Provinsi Pangasinan. Sesuai dengan julukannya, terdapat ratusan pulau-pulau kecil di wilayah ini.

Ratusan pulau kecil yang menghiasi Alaminos menjadikannya rumah bagi The Hundred Islands National Park, dengan jumlah pulau 124 yang tersebar di lepas pantai Barangay Lucap.

Terbayangkan apa yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Alaminos? Ya, kamu bisa wisata menikmati ratusan pulau kecil ini dan juga menikmati bawah lautnya. Kota Alaminos adalah surga bagi kamu yang suka wisata pantai dan laut.

Yuk ke Alaminos!

 

(Alaminos City Tourism/Facebook)

Kegiatan Utama

1. Wisata pulau

Sesuai dengan julukannya, kamu bisa berkunjung ke The Hundred Islands National Park menikmati ratusan pulau kecil. Walau jumlah pulaunya sangat banyak, namun kamu bisa menjelajahnya dalam waktu sehari saja. Kamu bisa menyewa kapal atau menggunakan jasa tur.

Adapun daya tarik selain jumlah pulaunya, di sini kamu juga bisa menyelami perairannya yang biru dengan keindahan bawah laut yang memukau. Setelah menyelam, kamu wajib bersantai di teluk-teluknya dengan pantai pasir putihnya. Jangan lewatkan menjelajah gua-gua laut dan lagunanya!

Masih dalam kawasan Hundred Island, kamu bisa ke berkunjung ke Virgin Island, tidak hanya untuk menikmati pantai saja. Di sini juga ada gua karang yang di dalamnya terdapat patung duyung.

Lain lagi dengan Marcos Island yang punya Gua Imelda yang menawan. Gua ini memiliki kolam yang berada di bawah tebing setinggi 6 meter. Kamu harus melompat untuk berenang di sini. Seru bukan?

Jika ingin menikmati Hundred Island dengan menantang adrenalin, coba saja wahana ziplane yang membentang dengan panorama ratusan pulau. Kamu akan terpukau! Kamu juga bisa menikmati beragam water sports, seperti helmet diving, banana boat, kayaking, snorkling, jet ski dan parasailing.

 

(Alaminos City Tourism/Facebook)

2. Wisata pantai

Banyak pantai menawan yang bisa kamu temukan di Alaminos. Kunjungi Bolo Beach, Tobuan Beach, dan cicipi juga seafood setempat yang menggugah selera.

Pantai-pantai ini punya pasir putih, air laut yagn jernih dan sunset yang menawan. Kamu juga bisa berenang dan bersantai sambil berjemur.

 

(Alaminos City Tourism/Facebook)

3. Kuliner

Wisata ke Filipina, tak lengkap bila tidak merasakan racikan masakan warga setempat, begitu juga di Alaminos. Filipina punya sosis versi mereka yang dikenal dengan nama longganisa.

Nah, di Alaminos, sosis ini dioleskan bumbu paduan bawang merah dan kombinasi garam setempat yang menimbulkan rasa yang khas. Wajib kamu cicipi bila di Alaminos!

4. Festival

Beberapa festival yang bisa kamu saksikan saat di Alaminos di antaranya Hundred Island Festival yang diselenggarakan pada pertengah Maret. Saat festival kamu bisa melihat parade besar-besaran menghiasi Alaminos.

Beragam rangkaian acara mengisi festival selama seminggu. Di antaranya perlomaan tari, pameran pertanian, kembang api, lomba olahraga dan beragam kontes lainnya.

 

Hundred Island Festival (Alaminos City Tourism/Facebook)

 

Cara ke Alaminos

1. Udara

Kamu bisa melakukan penerbangan ke Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila atau Clark International Aiport di Pampanga. Setelah itu menempuh jalur darat menuju Alaminos City.

2. Darat

Dari Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila butuh waktu 5 jam perjalanan menuju Alaminos. Sedangkan dari Clark International Aiport di Pampanga butuh 3 jam berkendara.

Kamu juga bisa menggunakan bus dari Manila atau Pampanga. Selain itu bila kamu berangkat dari Baguio, gunakan saja bus atau puv dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.

Info Harga

1. Tur di Hundred Island

-Day Tour (Entrance Fee: P30 per person / Environmental Fee: P40 per person / Insurance: P10 / person)

Small Boat (1 to 5 persons) – P1.400
Medium Boat (6 to 10 persons) – P1.800
Big Boat (11 to 15 persons) – P2.000

– Overnight (Entrance Fee: P30 per person / Environmental Fee: P80 per person / Insurance: P10 / person)

Small Boat (1 to 5 persons) – P3.000
Medium Boat (6 to 10 persons) – P3.800
Big Boat (11 to 15 persons) – P4.500

2. Water Sports:

Helmet Diving: P400/dive (15 minutes)
Banana Boat Ride (max 7 pax): P250/pax
Kayaking (max 2 pax): P250/hour
Snorkeling Gear Rental: P250/set (mask,snorkel, aqua shoes and life vest)
Jet Ski: P1,000/15 mins and P2,000/30 mins
Parasailing: P2,000/solo ride and P3,000/2 person

3. Lain-lain

Governor Island Zipline (546 m): P250/jump
Quezon Island Zipline (120 m): P100/jump
Wall Climbing: P50/pax
Rappelling: P50/pax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *