Pagsanjan, Laguna

 

 

Air Terjun Pagsanjan (dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Pagsanjan, Laguna

Wisata di Filipina, kamu bisa berkunjung ke Pagsanjan munisipaliti yang berada di Provinsi Laguna. Provinsi ini terkenal dengan air terjunnya.

Beragam bentangan alam dapat kamu jelajahi saat wisata di Filipina, begitu juga dengan Pagsanjan, Laguna. Di Pagsanjan kamu bisa jelajah ke Air Terjun Pagsanjan setinggi 91 meter, Salah satu air terjun tertinggi di Filipina.

Kegiatan Utama

1. Jelajah Alam

Air Terjun Pagsanjan merupakan objek wisata paling popular di Laguna. Untuk mencapainya, nikmati perjalanan menggunakan perahu selama sejam ke Sungai Bumbungan dan Balanac. Dua orang pengemudi akan menuntun kano melewati pepohonan, tanaman merambat, semak belukar, dan marga satwa. Perjalanan kembali akan menegangkan karena melewati 14 titik jeram.

Kaum yang suka jelajah, bisa hiking ke air terjun ini dari Kota Cavinti. Selanjutnya kamu harus siap menuruni 500 anak tangga dan dua tangga darurat. Walau sedikit menantang, jalur ini langsung membawa kamu ke dasar air terjun. Setelah itu kamu bisa menggunakan rakit bambu ke Devil’s Cave (Gua Setan).

Petualangan pun berlanjut dalam jarak 30 menit dari Pagsanjan, tepatnya di Danau Caliraya. Di ketinggian 360 meter di atas permukaan laut, tempat ini sangat popular untuk olah raga air dan memancing.

 

Jalur menuju Air Terjun Pagsanjan (dok PDOT)

 

2. Jelajah Budaya

Kamu juga patut melihat tradisi Suku Lumban dalam kain bordiran yang sangat halus. Singgah juga ke Paete kota yang dijuluki ibu kota ukiran di Filipina bersebelahan lokasinya.

Kamu juga dapat menemukan kerajinan papier-mâché (bubur kertas atau taka dalam bahasa setempat) dan berbagai macam ukiran kayu di J.V. Quesada Street. Tapi mahakarya ukiran Paete ada di gereja abad ke-18, Gereja St. James the Apostle. Gambaran para santo dan tokoh Alkitab, hiasan dinding, dan altarnya semuanya dikerjakan oleh seniman lokal.

3. Wisata Religi

Gereja menarik lainnya dari masa kolonial Spanyol ada di Pakil, Magdalena, dan Majayjay.

4. Kuliner

Lapar? Segera menuju Cafe Arabela di Liliw, Laguna. Restoran kecil dan manis ini berjarak 35 menit dari Pagsanjan.

Mencari hidangan yang lebih unik lagi? Ada Exotik Garden Restaurant di Kalayaan. Kalau hidangan kodok dan babi hutan masih terlalu biasa buat kamu, ada hidangan biawak, ular, dan buaya di menunya. Berani cicip?

 

Naik rakit menuju Air Terjun Pagsanjan (dok PDOT)

Bagaimana Mencapainya

Ingin wisata di Filipina dan menuju ke Laguna, kamu bisa lewat jalur darat karena jaraknya hanya 2 jam dari Kota Manila.

Provinsi Laguna berjarak dua jam dari Manila via South Luzon Expressway (SLEX). Untuk mencapai kota Pagsanjan, keluar di gerbang Calamba dan belok kanan di persimpangan Calamba. Pagsanjan ada setelah melewati kota Sta Cruz.

TIPS

– Perlu kamu tahu, Air Terjun Pagsanjan menjadi lokasi pengambilan gambar untuk adegan terakhir di film Apocalypse Now.

– Wajib coba kuliner ekstrim di Kalayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *