Agusan del Norte

 

Danau Mainit (dok PDOT)

Tentang Agusan del Norte

Liburan ke Filipina, kamu bisa menuju ke Agusan del Norte, salah satu provinsi yang terkenal dengan kekayaan wisata alamnya. Beragam destinasi menarik siap mengisi liburan kamu di sini. Agusan del Norte berada di wilayah Caraga dengan ibukotanya Cabadbaran.

Kamu yang petualang, dijamin akan puas saat liburan ke Agusan del Norte. Mau mendaki? Diving? Pantai? Sejarah? Air terjun? Semuanya ada di sini. Nah tunggu apa lagi?

Kegiatan Utama

1. Mendaki

Kamu yang mendaki dan hiking, kunjuni saja Mount Payapay, salah satu spot populer pendaki di Agusan del Norte. Gunung setinggi 675 meter ini bisa didaki dengan waktu 2 jam dengan jalannya yang berliku. Nikmati pemandangan dari puncaknya ya.

Ada juga Gunung Hilong-hilong yang merupakan gunung tertinggi di Agusan del Norte dan di seluruh kawasan Caraga. Gunung setinggi 2.012 mdpl ini rumah bagi beragam flora dan fauna liar. Terdapat 7 air terjun dan gua ynag masih perawan alias belum terkenal di sini. Tahukah kamu, untuk menahlukan puncaknya saja butuh waktu 5 hari perjalanan lho. Disarankan hanya untuk pendaki berpengalaman.

Kamu yang ingin menikmati pemandangan Agusan del Norte dari ketinggian bisa datang ke Mount Carmel View Deck and Park atau dikenal juga dengan Taman Marcos. Ini adalah taman yan berada di 810 mdpl yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Dari sini kamu bisa melihat gunung-gunung dengan awan yang menutupi puncaknya, laut yang luas dan garis pantai yang menawan.

 

dok PDOT

2. Air terjun

Banyak air terjun yang bisa kamu jelajahi di Agusan del Norte. Berkunjunglah ke Air Terjun Tagnote, favoritnya warga lokal. Air terjun setinggi 6 meter mengalir di tebing selebar 10 meter per segi yang kedalaman kolamnya mencapai 1 meter. Air terjun ini mengalir di tengah hutan yang rimbun.

Ada juga Air Terjun Sak-a dengan aliran airnya terdiri dari 3 tingkat. Airnya yang jernih dikelilingi juga oleh tanaman hijau yang subur, dan udaranya juga segar. Kamu bisa berenang di kolam-kolam air terjunnya, namun tetap berhati-hati ya.

 

Air Terjun Tagnote (Courtesy of Sarah via llpdcpi.gov.ph)

 

3. Museum

Kunjungi Balangay Shrine Museum dengan koleksi balangay tuanya. Adapun koleksi terbaik di sini adalah sebuah kapal kayu yang ditemukan pada tahun 1970 oleh para pemburu harta karun setempat. Kapal ini telah berumur lebih dari 300 tahu dengan panjang 15 meter dan lebar 3 meter.

Kunjungi juga Museum National Butan dengan koleksi benda-benda bersejarah yang ditemukan di Agusan del Norte. Ada guci tua, keramik, alat pertanian, alat tekstil, peti mati, tulang berulang dan masih banyak lagi.

5. Pantai dan pulau

Salah satu pantai yang terkenal di Agusan del Norte adalah Pantai Bolihon. Pantai ini langsung menghadap ke Teluk Butuan. Jajaran pohon kelapa, hamparan pasir putih, dan pondok-pondoknya yang tertata mebuat pantainya elok dipandang mata. Di sini kamu juga bisa menikmati bawah lautnya yang canti dan air lautnya yang jernih.

Kamu yang ingin liburan lebih berkesan, datanglah ke Vinapor Blue Water Resort, resor indah yang menghadap ke Teluk Butuan. Resor ini memiliki gua dengan kolam di dalamnya, pondok-pondok di tebing batu, dan lainnya. Kawasan resor juga punya pantai jernih yang sempurna untuk berenang, snorkling dan menyelam.

 

Vinapor Blue Water Resort (Vinapor Blue Water Resort/Facebook)

6. Scuba diving

Tak afdal bila ke Agusan del Norte tidak menikmati keindahan bawah lautnya. Provinsi ini memiliki 102 Km garis pantai dengan 22 spot diving. Di Carmen bisa kamu temukan terumbu karang cantik dengan beragam ikan di dalamnya. Ada juga Jabonga dan Tubay, untuk kamu yang ingin diving melihat gua, lorong, dinding bawah laut yang menawan.

Kamu yang ingin sekedar snorkling, pilihan terbaiknya adalah Gosoon Fosh Sanctuary dan Cahayagan Fish Sanctuary di Carmen. Juga Amontay Cave di Nasipit.

7. Kegiatan outdoor dan adrenalin

Kamu yang suka jelajah gua bisa datang ke Gua Humilog, Kaanislangan, Libas, Anibongan dan Mabaho.

Yang mau menantang adrenalin si selancar angin, coba saja di Carmen, Nasipit, dan Buenabista Sea LAnes.

Cara ke Agusan del Norte

1. Udara

Terdapat penerbangan dari Manila dan Cebu menggunakan maskapao Cebu Pacifik dan maskapai Filipina. Lama perjalanan sekitar 1 jam penerbangan.

2. Darat

Kamu bisa menempuh jalur darat bila datang dari Mindanao dengan bus atau kendaraan pribadi.

3. Laut

Bisa menggunakan kapal dari Cebu, Bohol menuju pelabuhan di Nasipit seitar 26 menit berlayar.

Juga bisa berangkat dari Manila, namun butu tiga hari menuju ke sini dan kamu harus menempuhnya dengan jalur darat dan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *