27 Resor dan Hotel Filipina Menerima Sertifikat Anahaw

Pada 31 Agustus 2018 lalu, DOT bekerja sama dengan organisasi penelitian dan pengembangan yang berbasis di Austria, Pusat Teknologi Tepat Guna, menganugerahi 27 resor dan hotel Filipina sertifikasi pariwisata tahunan Anahaw Filipina.

Sertifikasi yang menjadi bagian dari inisiatif Zero Carbon Resorts (ZCR) Uni Eropa ini menjadi hasil dari proyek yang bertujuan untuk mengurangi dampak emisi karbon dari hotel dan resor melalui prinsip 3R – Reduce, Replace, dan Redesign.

Resort di Cebu
Crimson Resort & Spa Mactan, Cebu. Sumber: Crimson website

Sertifikasi Anahaw sendiri diciptakan untuk menunjang akomodasi di Filipina yang ingin meningkatkan citra merek perusahaan mereka. Selain itu, resor dan hotel yang mengikuti proyek ini diharapkan mampu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan dengan menarik pasar baru wisatawan.

Dikutip dari Philstar.com, kriteria penghargaan Anahaw mencakup administrasi dan manajemen kebijakan lingkungan, listrik, penghematan energi, air, infrastruktur bangunan, dan sekitarnya, serta pengolahan limbah, bahan kimia dan deterjen, bahan bakar dan perlindungan lingkungan dan pelestarian budaya. Dalam pemberian sertifikasinya, ada lima tingkat penilaian, mulai dari tingkat 1 dengan penilaian perusahaan antara 50 hingga 59 persen, sampai ke tingkat 5 dengan penetapan perusahaan antara 90 hingga 100 persen.

Di antara perusahaan yang mendapat sertifikasi Tingkat 1 adalah Crimson Resort and Spa Mactan; Hotel Dominique; Jpark Island Resort and Waterpark; Nurture Wellness Village; Club Balai Isabel; Lalaguna Villas; Misibis Resort and Hotel Management; Donatela Hotel; dan The Lighthouse Marina Resort; Coron Hilltop View Resort.

Mereka dengan sertifikasi Level 2 adalah P & I Resorts; Quest Hotel and Conference Centre; Bohol Beach Club; The Bellevue Resort; Puerto Pension Bed and Breakfast; Microtel by Wyndham South Forbes; Balay Tuko Garden Inn dan Kolam Renang; Qi Palawan.

Sementara itu, penerima penghargaan Tingkat 3 adalah Seda Nuvali; Penginapan Mayflower; Cebu Elicon House; Gorordo Barat Hotel; Crimson Hotel Filinvest City; Shangri-La Mactan Resort and Spa.

Hanya tiga perusahaan yang menerima sertifikasi Level 4, yaitu Daluyon Beach dan Mountain Resort, Amarela Resort, dan Sangat Island Dive Resort.

Jpark Island Resort and Waterpark. Sumber: Agoda

Seperti yang dikabarkan Cebu Daily News, Jpark Island Resort & Waterpark di Mactan, Cebu, penerima Sertifikasi Tingkat 1 berhasil untuk menjaga keindahan alam pulau Mactan sebagai prioritas utamanya, program dalam mempertahankan energi, air, bahan bakar, dan sumber daya lainnya. Tak heran jika Jpark juga disertifikasi ulang dengan Organisasi Internasional untuk Sertifikasi Standardisasi untuk Sistem Manajemen (ISO 9001: 2015) untuk operasi hotelnya tahun ini.

Sertifikasi ini berada di atas penghargaan yang telah diberikan kepada Jpark yang termasuk Rating 5-bintang Departemen Pariwisata, Sertifikasi Sistem Manajemen Akreditasi Kerajaan Inggris, ASEAN MICE Venue Standards Award untuk Pengaturan Hotel, Hotel Pilihan Cina Ctrip untuk 2018, Rakuten Penghargaan Perunggu Perjalanan 2017, Sertifikat Trip Advisor Excellence untuk tahun 2017, dan Trip Advisor Travellers Choice untuk 2018.

Hotel di Tagaytay
Hotel Dominique, Tagaytay, Cavite. Sumber: AsiaTravel

Proyek Anahaw sendiri dimulai oleh Kantor Standar dan Peraturan Pariwisata DOT pada tahun 2011 dengan serangkaian pelatihan dan seminar tentang teknologi hijau dan diskusi kelompok terarah dengan pemangku kepentingan industri. Selama bertahun-tahun berjalan, pemerintah terus berusaha meningkatkan kualitas pembangunan dan pariwisata yang bertanggung jawab.

“Di DOT, kami melihat kebutuhan untuk menginspirasi, berkolaborasi, mendidik, dan membiasakan upaya kami pada advokasi ini, tidak peduli betapa menakutkannya,” kata DOT Wakil Menteri Pariwisata, Koordinasi dan Sumber Daya Generasi Arturo Boncato, Jr. saat ia mewakili Puyat dalam upacara pembukaan acara penghargaan Anahaw.

DOT Wakil Menteri Pariwisata, Koordinasi dan Sumber Daya Generasi Arturo Boncato, Jr. Sumber: the daily guardian

Ke depannya, pemerintah ingin melibatkan konsumen untuk menerima peran sebagai turis yang bertanggung jawab, membantu orang-orang terinformasi tentang pariwisata berkelanjutan, serta menciptakan cara yang dapat dilakukan bagi konsumen untuk menjadi terbiasa mempraktekkan pariwisata berkelanjutan.

Jika Anda tertarik untuk liburan di resor dan hotel Filipina, datang saja ke Cebu untuk berlibur di hotel dan resornya. Selengkapnya tentang wisata di Cebu dan akses ke sana dapat dilihat di sini. (PDOT)

Foto utama: Shangri-la Mactan Resort, Cebu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *