Filipina Punya 6 Situs Warisan Dunia UNESCO

Saat ini ada 6 Situs Warisan Dunia UNESCO di Filipina. Ini termasuk 3 situs budaya dan 2 situs alami.

  1. Gereja-Gereja Barok Filipina (1993)
Sumber: Everything-Everywhere

Kumpulan dari empat gereja barok di Filipina yang dibangun selama era Spanyol masuk ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993. Keempat gereja Baroque yang termasuk dalam daftar ini adalah Gereja Paoay di Ilocos Norte, Gereja Santa Maria di Ilocos Sur, Gereja San Agustin di Manila dan Gereja Miagao di Iloilo. Semua gereja ini dianggap sebagai harta nasional untuk kepentingan sejarah dan budaya mereka.

2. Kota Bersejarah Vigan (1999)

Sumber: Everything -Everywhere

Ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999, kota Vigan di Ilocos Sur adalah salah satu kota kolonial terpelihara terbaik di Asia. Ini dilihat dari arsitektur dan perencanaan di kota dilestarikan sejak zaman penjajahan Spanyol selama abad ke-16. Selain arsitektur, jalan-jalan batu besar Vigan adalah contoh lain dari pengaruh kolonial yang tetap utuh sampai hari ini.

3. Taman Nasional Sungai Puerto-Princesa Subterranean (1999)

Sumber: Everything -Everywhere

Taman yang kerap dijuluki Sungai Bawah Tanah ini terletak di dalam gua yang harus Anda tempuh dengan perahu. Kubah gua itu berukuran sekitar 300 meter di mana itu diisi dengan saluran sungai, formasi batuan, dan lubang air yang dalam. Berdasarkan kepentingan alam ini, situs tersebut diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999, sekaligus dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Alam Baru pada tahun 2011.

4. Rice Terraces of the Philippine Cordilleras (1995)

Sumber: Everything -Everywhere

Banaue Rice Terraces, nama lain untuk Teras Sawah dari Cordilleras Filipina, dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995 untuk kepentingan budayanya. Teras sawah adalah pameran metode pertanian kompleks yang digunakan oleh penduduk asli Ifugao yang tinggal di daerah tersebut. Diyakini bahwa sawah membutuhkan waktu sekitar 2.000 tahun untuk diselesaikan karena teras-teras sawah mengukir lereng gunung. Terdapat lima situs yang termasuk dalam prasasti ini, yang semuanya merupakan bagian dari wilayah Cordillera di Filipina.

 

5. Tubbataha Reefs Natural Park (1993)

Tubbataha
Sumber: PDOT

Terletak di jantung Laut Sulu, Tubbataha Reefs Natural diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1993. Taman alam seluas 97.030 hektar ini adalah bagian yang dilindungi dari Filipina dan berfungsi sebagai tempat bersarang untuk penyu laut dan berbagai jenis burung. Sementara itu, ini terkenal karena sistem terumbu karang murni. Karena kealamiannya, situs ini diakui sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Alam Baru pada tahun 2008.

6. Suaka Margasatwa Gunung Hamiguitan Range (2014)

Hamiguitan
Sumber: PDOT

Suaka Margasatwa Gunung Hamiguitan Range terdaftar dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014 (terbaru di antara situs-situs di daftar ini) untuk kepentingan alaminya. Terletak di Koridor Biodiversitas Mindanao Timur, situs ini adalah rumah bagi beragam bunga dan fauna. Ada juga beberapa spesies langka dan endemik yang ditemukan di dalam tempat kudus.

 

Ingin wisata hemat ke Filipina? Klik di sini. (PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *