Dumaguete: Kota di Filipina Paling Ramah Pensiunan

Philippine Retirement Authority (PRA),  otoritas dalam penempatan pensiun di negara ini telah menganugerahi Kota Dumaguete sebagai “Kota di Filipina Paling Ramah-Pensiun 2018.” Sementara, pesaing terdekat Dumaguete adalah Tagaytay dan Puerto Princessa.

Tentunya, kriteria yang digunakan dalam menilai adalah standar internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia. Menurut Eksekutif PRA, faktor utama yang membuat Dumaguete mendapatkan penghargaan tersebut karena mencakup kategori: fasilitas bahasa dan keramahan orang-orang, standar dan biaya hidup yang terjangkau, universitas dan perguruan tinggi yang baik, pemimpin terdidik dengan baik, visibilitas polisi, mudah untuk melakukan bisnis, transportasi yang dapat diakses oleh lahan udara dan laut, bahkan sampai tujuan internasional, dan pemerintahan yang bersih.

Selain itu, Dumaguete juga dinilai cakap dalam memberi makan para pensiunan yang cukup dan murah; fasilitas dan layanan medis modern dan terjangkau; perumahan yang aman; banyak tempat hiburan; fasilitas memadai bagi penyandang cacat; orang asing menikmati pembebasan pajak untuk pensiun; komunikasi dan internet cepat dan murah; dan relatif aman.

Dumaguete Rizal
Dumaguete Rizal. Sumber: Lonely Planet

Tak sampai di situ pencapaiannya, Benvenido K. Chy, PRA General Manager mengatakan bahwa Dumaguete menduduki peringkat tinggi dalam semua ukuran dan kriteria internasional untuk tempat pensiun terbaik, di antaranya: Prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Orang Lanjut Usia, Indeks Pensiun Global Living International, Kota Organisasi Kesehatan Dunia Indeks Kepuasan Umur, Indeks Pengamatan Global Age UNPF dan umpan balik positif dari pensiunan asing yang memilih untuk tinggal atau tinggal berdasarkan PRA SRRV Statistics 2017.

Mayor Remollo memuji semua pemangku kepentingan atas kontribusi mereka dalam membuat kota ini tempat yang ideal bagi para pensiunan asing dan balikbaya untuk menghabiskan masa keemasan mereka dengan nyaman. Sebelumnya, Dumaguete juga disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk pensiun di luar negeri.

Tetapi PRA mengharapkan bahwa lebih banyak lagi yang belum ditemukan, oleh karena itu, Walikota Remollo mendukung rencana pengaturan dari sebuah meja satelit di Kantor Pariwisata Kota untuk meningkatkan bantuan dan penghitungan yang tepat dari para anggota pensiunan.

Akses ke Dumaguete

Ada 3 cara untuk pergi dari Manila ke Dumaguete dengan pesawat, feri, atau feri mobil

Untuk melihat petunjuk langkah demi langkah dan untuk membandingkan harga tiket dan waktu perjalanan di kota di Filipina tersebut, cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *