Pariwisata Selam di Provinsi dengan Pemandangan Bawah Laut Terindah

Departemen Pariwisata (DOT) telah meningkatkan promosi pariwisata selam yang berkelanjutan (sustainable) di Mindanao utara. Aksi nyata ini dibuktikan dengan diluncurkannya Dive Region 10, inisiatif wisata menyelam DOT 10,  pada hari pembukaan International Travel Festival 2018 ke-5 di Ayala Center di Cebu City.

Situs-situs utama selama peluncuran tersebut adalah Pulau Agutayan, Madinah, Magsaysay, Laguindingan, dan situs menyelam lainnya di Misamis Oriental yang juga merupakan bagian dari kota Davao. Selain itu, ada juga situs menyelam murni di Provinsi Camiguin termasuk Pulau Mantigue, White Island, Burias Shoal, Daan Vulcan, dan karang Jigdup.

“Lokasi penyelaman di Wilayah 10 ini adalah bagian-bagian yang terbaik di Filipina dan siap untuk dipromosikan mengingat ketersediaan resor dan fasilitas menyelam yang memadai,” ungkap Direktur Regional DOT 10, Marie Elaine Unchuan.

Bahkan, dari segi pemandangan pun Fotografer Bawah Laut internasional terkenal, Bo Mancao, menyatakan provinsi Camiguin dan Misamis Oriental dianggap sebagai kawasan paling indah di negara ini dan sudah siap untuk promosi ke pasar lokal dan asing.

Cagayan de Oro

Pemandangan Bawah Laut di Cagayan de Oro. Sumber: DOT Region 10

Unchuan menjelaskan terlaksananya pariwisata selam yang berkelanjutan atas dasar dukungan dan kerja sama yang berharga dari unit pemerintah lokal (LGU), instansi pemerintah dan sektor swasta. Tentunya, tujuan utamanya bukan menjadikan wisata menyelam sebagai mata pencaharian, tetapi juga untuk menempatkan lingkungan undang-undang dan aturan yang berlaku. Menurutnya, komponen yang paling penting dari pariwisata selam adalah kesadaran dan pelestarian lingkungan.

Bagi Anda yang ingin ke Misamis Oriental, ada 5 cara untuk pergi dari Manila ke Ozamiz City dengan pesawat, taksi, feri mobil, mobil, feri atau bus dan feri. Selengkapnya dapat dibaca di sini  https://www.rome2rio.com/s/Manila/Ozamiz-City

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *