Kota Davao Sebagai Pusat Pariwisata Olahraga

Filipina kembali menyelenggarakan kesuksesan triathlon bernama Alveo Ironman 70.3 di Davao pada tanggal 22 hingga 25 Maret 2018. Triathlon 70.3 dengan total lintasan separuh dari triathlon yang sebenarnya ini mencakup tiga cabang olahraga yaitu renang (1.9 km), bersepeda (90 km), dan lari (21.1 km). Nama 70.3 diambil dari total jarak tempuh rangkaian lomba yaitu 113.0 km yang ditulis dalam satuan miles.

Acara yang diadakan oleh World Triathlon Corporation (WTC) sudah berlangsung sejak 2009 di Davao. Tahun ini Alveo Ironman 70.3 diikuti oleh sekitar 1,800 peserta dari 39 negara termasuk 21 juara dunia. Kompetisi triahtlon ini dibagi ke dalam tiga segmen yaitu pria, wanita, dan campuran.

Peserta memulai triathlon dengan lomba renang. Pada akhir lomba setiap peserta akan mendapatkan medali dan trofi yang diukir langsung oleh seniman Mindanao bernama Kublai Millan. 

Davao
Medali dan trofi yang didesain khusus oleh seniman Mindanao, Kublai Millan. Sumber : situs asia.ironman</span.
Davao
Salah satu pemenang Alveo Ironman. Sumber: situs asia.ironman.com

Sejumlah anggota kepolisian setempat dan ratusan relawan dari berbagai komunitas ikut memastikan keamanan dan kelancaran selama lomba berlangsung. Department of Tourism (DOT) Secretary Wanda Tulfo Teo mengatakan bahwa ada puluhan ribu wisatawan mancanegara dan domestik yang datang khusus selama tiga hari berlangsungnya acara kompetisi olahraga prestijius ini. Baca juga kuliner di Ibukota Mindanao

Davao
Alveo Ironman 2019. Sumber: situs asia.ironman

Acara Ironman 70.3 akan kembali diselenggarakan di negara Filipina di tahun ini, tepatnya di Subic Bay pada tanggal 13, 27, 31 Mei dan tanggal 2 – 4 Juni, 4 November. Setelah itu akan diselenggarakan di Cebu, Filipina pada tanggal 5 Agustus. Menurut Teo, kegiatan ini telah menciptakan pengalaman acara triathlon yang tak terlupakan. Melalui kegiatan ini juga Mindanao diperkenalkan sebagai destinasi wisata yang menyeluruh (holistic) mencakup kesehatan dan wisata alam. Selain Davao, Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) menyokong perkembangan pariwisata kota Siargao, Samal Island, Camiguin, Zamboanga dan Tawi-Tawi sebagai bagian dari program ‘Go South’. Area Selatan Filipina dapat dijangkau dengan mudah melalui rute penerbangan dari Manila/Singapura/Kuala Lumpur langsung ke Davao International Airport.  (PDOT)

Sumber: www.asia.ironman.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *