Situs Pengamatan Burung Candaba

 

Tentang Candaba Bird Sanctuary

Candaba Bird Sanctuary atau Situs Pengamatan Burung Candaba berada di Candaba, Pampanga, Filipina. Candaba Bird Sanctuary merupakan daya tarik wisata yang selalu ramai dikunjungi turis setiap tahunnya.

Beberapa tahun yang lalu, Candaba hanyalah sebuah kota kecil yang sepi dikelilingi oleh rawa-rawa. Namun siapa sangka, di sinilah daya tariknya dimana ratusan burung datang dan bermigrasi di kawasan ini.

Kota ini sekarang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi dengan menjadi daerah tampungan air sungai sebelum berhilir di Sungai Pampanga. Rawa yang terendam selama setengah tahun dan setengah tahun berikutnya pun menjadi lahan pertanian. Sekarang lahannya pun hijau dan subur.

Bagi kamu yang suka burung dan ingin hunting foto, datang saja langsung ke Candaba Bird Sanctuary.

 

dok PDOT

Kegiatan Utama

1. Melihat burung

Sesuai dengan namanya, kamu akan melihat puluhan jenis burung di kawasan ini. Dimana-mana kamu akan meliat beragam burung mengepakan sayap dan berkicau dengan riuhnya. Terdengar sangat menyenangkan bukan?

Rawa Candaba luasnya kurang lebih 32.000 hektar dan penuh dengan margasatwa. Waktu terbaik untuk datang ke Candaba Bird Sanctuary yaitu dari bulan Oktober sampai April. Selama waktu ini, kamu akan menemukan burung migran seperti Mandar Besar atau Kuntul Cina. Jangan lewatkan spesies endemik Filipina, itik Filipina.

Jika ini kali pertama buat Anda, perlu ingat bahwa burung tidak terbang sepanjang hari. Burung lebih sering bertengger. Kalau Anda ingin melihat kawan burung terbang, datanglah di pagi hari atau di saat senja. Tanyakan informasi selengkapnya di kantor pariwisata karena mereka pasti akan senang membantu Anda. Pemandu Anda akan mengantar anda ke Doña Simang, lokasi suaka burung.

2. Berkemah

Anda dapat bermalam di kediaman Mayor Pelayo. Bangunan ini merupakan rumah tinggal sehingga lengkap dengan segala fasilitas rumah seperti dapur. Anda dapat menyewa satu kamar atau seluruh rumah. Anda juga bisa memilih bermalam di rumah atau membawa sleeping bag perlengkapan kemah lainnya.

3. Mengarungi sungai

Ada tur mengarungi sungai dengan pemandu dari Candaba ke Arayat.

4. Berkumpul bersama ahli

Anda dapat berkumpul bersama pengamat burung ahli dari Wild Bird Club of the Philippines. Mereka dapat memberi saran dan penjelasan bagaimana mengamati burung, memotret, dan melakukan penelitian. Mereka juga sudah menerbitkan buku tentang burung Filipina.

5. Ikut memanen semangka

Walaupun Candaba terkenal karena suaka burungnya, kota ini juga memiliki produk khas setempat. Mereka menghasilkan 200.000 telur bebek sehari lho!

Juga karena komposisi hara tanahnya, lahan pertanian di sini cocok untuk semangka. Candaba memiliki semangka yang sangat lezat dan Anda dapat memetiknya sendiri di saat musim panen. Asyik!

 

dok PDOT

TIPS

1. Cobalah produk pertanian dan peternakan warga lokal
2. Datanglah saat musim panen semangka dan petik sendiri yang kamu mau.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Candaba Bird Sanctuary dapat dicapai dengan mudah dari Diosdado Macapagal International Airport di Clark. Bandara ini melayani penerbangan internasional ke berbagai kota besar seperti Incheon, Singapura dan Hong Kong.

2. Darat

Anda dapat mencapai Candaba Bird Sanctuary , Candaba melalui beberapa gerbang keluar dari North Luzon Expressway. Anda dapat keluar di Sta. Rita atau Pulilan dan melewati Baliuag. Setiba di Baliuag, Anda dapat naik becak ke Rawa Candaba.

Sebagai alternatif, Anda dapat keluar di San Fernando dan menuju Candaba lewat Sta. Ana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *