Gunung Pinatubo

[titleborder title=”Sekilas Gunung Pinatubo” color=”green”]
Ada 22 gunung berapi aktif di Filipina, dan Gn. Pinatubo salah satunya. Hal ini baru diketahui tahun 1991.
Wilayah 3
Gunung Pinatubo
Aktifnya Gn. Pinatubo baru diketahui tahun 1991. Gunung ini bagian dari pegunungan Cabusilan. Gunung yang relatif dorman ini meletus pada 15 Juni 1991 dan menyemburkan awan panas yang dahsyat serta jutaan ton lahar dingin–campuran abu vulkanik dan lava. Gunung ini menghancurkan banyak kota, dan banyak desa harus diungsikan serta penduduknya kehilangan tempat tinggal. Namun, 20 tahun kemudian, warga setempat mulai mendapatkan keuntungan dari bencana ini–laharnya yang membatu kini ditambang dan menjadi bahan bangunan serta kerajinan. Pariwisata pun meningkat. Gn. Pinatubo kini menjadi medan hiking kelas dunia dengan danau di kalderanya.
[titleborder title=”Kegiatan Utama” color=”green”]

Trekking dan Kendaraan 4WD

Ada banyak sekali paket wisata trekking ke Gn. Pinatubo. Pada dasarnya ke Gn. Pinatubo memang harus trekking setelah sebelumnya menggunakan kendaraan 4WD. Anda akan melewati Crow Valley Canyon, yang terlihat seperti setting film luar angkasa. Tempat ini merupakan bentangan alam kelabu yang seram dengan lembah dan jurang (karena itu dinamakan Crow) dan sungai. Kemudian trek Anda berawal dari batuan lahar dan bongkahan. Ada pemukiman penduduk pribumi di perjalanan Anda, suku Aeta. Dari 110 suku pribumi di Filipina, Aeta merupakan suku tertua yang bermigrasi ke Filipina 10.000 tahun yang lalu.
Pendaftaran dan Spa Lumpur
Saat Anda mencapai pos pertama Gn. Pinatubo, Anda pertama harus mendaftar di kantor setempat. Di sekitarnya ada banyak sekali spa! Kalau pernah mendengar masker lumpur untuk membersihkan kulit, segera tuju spa tersebut. Kelebihannya tempat ini adalah lumpur dari abu vulkanik Gn. Pinatubo memiliki kandungan yang menyehatkan. Anda juga dapat berbaring di abu panas lalu membersihkan diri dengan lumpur. Daerah ini disebut kota spa Gn. Pinatubo.
[titleborder title=”Bagaimana Mencapainya.” color=”green”]

Udara

Clark hanya berjarak 1-1.5 jam dari Manila. Anda dapat terbang ke Diosdado Macapagal International Airport. Bandara ini juga melayani penerbangan internasional ke kota-kota besar seperti Incheon, Singapura, dan Hong Kong.
Darat
Anda dapat menggunakan paket wisata pribadi yang akan menjemput Anda di hotel atau tempat yang sudah dijanjikan di wilayah Metro Manila. Namun tarifnya premium. Kalau mau menggunakan kendaraan dari Manila, gunakan NLEX dan keluar di Dau. Lalu ambil MacArthur Highway ke Mabalacat ke Capas Tarlac. Ambil kiri ke Barangay Rosario dan terus mengemudi sepanjang 16.5 km ke Barangay Juliana, pos untuk wisata Gn. Pinatubo.
Laut

[titleborder title=”INFORMASI HARGA” color=”green”]
BARANG/JASA Harga
Akomodasi – Kamar Hostel Php 900 / kamar
Akomodasi – Kamar hotel Php 1.900 / kamar
Akomodasi – Kamar keluarga Php 2.500 / kamar
Akomodasi – Resort Room Php 2.500 / kamar
Akomodasi – Homestay Php 250 / orang
Transportasi – 10 menit menggunakan becak Php 100 / sekali jalan
Transportasi – 10 menit menggunakan Jeepney Php 100 / sekali jalan
Transportasi – Jeep 4×4 Php 2.000
Kegiatan – Wisata Gn. Pinatubo dengan pemandu Php 1.000
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu Php 3.000
Belanja – Suvenir T-Shirt Php 250 / kaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *