Albay

 

 

(dok PDOT)

 

Tentang Albay

Liburan di Filipina bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan akhir tahun ini. Salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi adalah Albay.

Albay, provinsi dengan ibukotanya Legazpi City merupakan kawasan yang berada di Regional Bicol di Pulau Luzon, tengara Filipina. Provinsi dikenal dengan Gunung Mayon, yang terpilih menjadi salah situs Warisan Dunia UNESCO.

Liburan di Filipina dan berkunjung ke Albay kamu akan menikmati beragam aktivitas menarik. Banyak destinasi tersembunyi yang jarang diketahui wisatawan. Satu yang penting, warga Albay adalah orang yang ramah dan senang bergaul dengan orang lain. Faktor inilah yang membuat turis manapun berkunjung senang dan merasa nyaman.

Albay tidak hanya kaya dengan alam dan keramahtamahan penduduknya saja. Di sin setidaknya ada 19 festival yang bisa kamu nikmati sepanjang tahun. Beragam festival kebudayaan, religi, karnaval dan tarian-tarian selalu ada setiap bulannya.

Kegiatan Utama

1. Menikmati Bentangan Alam

Liburan ke Albay kamu akan disajikan dengan bentang alamnya yang menawan. Kita mulai saja dari gunung api yang menjadi ikonik Albay, Gunung Api Mayon yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Perlu nih kamu ketahu juga, Albay juga dinyatakan sebagai Cagar Biosfer dalam program MAB UNESCO karena kekayaan 462 spesies flora dan fauna yang sebagian besar itu adalah endemik.

Kamu juga bisa berkunjung ke Ligñon Hill Nature Park, tempat bersantai setinggi sekitar 150 meter di atas permukaan laut. Tempat ini popular di kalangan pe-jogging dan keluarga. Orang-orang juga mendatanginya untuk mencoba melihat pemandangan menggunakan zipline-nya.

Jelajahi juga air terjun di Albay. Yang paling terkenal adalah Air Terjun Busay dengan tujuh air terjunnya. Untuk ke sini kamu hiking melintasi Hutan Malilipot.

Berkunjung juga ke Air Terjun Bugsucan dan Palale. Sewa pemandu untuk mengantar anda ke Saluran Lava. Gunakan ATV untuk mencapai puncak Gunung Mayon. Cobalah mengunjungi Kawah Inang Maharang.

Nikmati juga sensasi Sungai Bawah Tanah Naglaus atau Danau Mendidih Nag-aso. Dijamin, kamu akan merasa beruntung bisa datang ke tempat ini!

Masih belum puas? Kunjungi Reruntuhan Cagsawa yang merupakan objek wisata tak kalah menarik. Ketika Gunung Mayon meletus tahun 1814, segala sesuatu di wilayah sekitarnya tertimbun abu kecuali lonceng Gereja Cagsawa. Coba datangi lalu Anda dapat melihat gunung api di kejauhan dan mengagumi amarah alam yang tidak dapat dikekang.

2. Berbaur dengan Warga Lokal

Saat liburan di Albay, kamu bisa tinggal di rumah pensiunan, penginapan, atau homestay yang disarankan Departemen Pariwisata. Harganya bersahabat dan kamu bisa berinteraksi langsung dengan keluarga setempat. Menyenangkan bukan?

3. Wisata Pantai

Albay juga punnya pantai lho. Datang saja ke Pantai berpasir hitam di Sto Domingo dan Sogod. Kalau kamu lebih suka pasir berwarna kuning pucat, Tiwi dan Joroan cocok untuk Anda.

4. Berbelanja

Tidak lengkap rasanya kalau traveling tidak mencari oleh-oleh. Carilah produk abaca di Legazpi City Grand Terminal, Daraga Public Market, dan Tabaco City Mall. Jangan lupa mencari karya seni gerabah dan keramik di Tiwi.

Cara ke Albay

1.Udara

Setiap harinya ada penerbangan ke Kota Legazpi dari Manila. Begitu juga bila kamu berangkat dari Cebu. Kamu bisa menaiki maskapai Cebu Pacific atau Philippine Airlines. Lihat aja jadwalnya di sini ya.

2. Darat

Jika kamu ingin menggunakan bus, setiap harinya ada bus yang melayani ke Legazpi dari Manila. Waktu tempuhnya kira-kira 8-10 jam.

INFORMASI HARGA

  • Harga bisa berubah tergantung tempat dan waktu
  • 1 Peso = Rp 283 (Update November 2018)
BARANG/JASA Harga
Makan – hidangan khas – Pinangat mulai Php 70- 100
Akomodasi – Kamar Hostel mulai Php 350 / orang
Akomodasi – Kamar Hotel mulai Php 600 / orang
Akomodasi – Kamar Keluarga mulai Php 5,000
Akomodasi – Kamar Resor mulai Php 14,500 untuk 2 orang
Transportasi – 10 menit menggunakan becak mulai Php 8 / orang
Transportasi – 10 menit menggunakan jeepney mulai Php 8 / orang
Berbelanja – Suvenir T-Shirt mulai Php 250 – 500
Kegiatan – suvenir lokal (Pinukpok) mulai Php 400 / meter
Kegiatan – tur setengah hari Legazpi City mulai Php 2.000 / orang
Kegiatan – Arriba Albay Escape mulai Php 7,000 / orang untuk 4 hari 3 malam
Kegiatan – 1 hari hiking dengan pemandu (Gn. Mayon)  mulai Php 5.000 / orang
Kegiatan – Zip Line (Lignon Hill) mulai Php 250 / orang
Kegiatan – Zip Line – Embarcadero mulai Php 150 / orang
Kegiatan – Edge Walk (Embarcadero) Php 250 / orang
Kegiatan – ATV Trail ke Lava Front / Basecamp paket basic Php 1,800 – 3,500
Kegiatan – ATV Trail ke Lava Front / Basecamp paket advanced Php 2,800 – 4,500
Kegiatan – Amazing Race Trail ke Reruntuhan Cagsawa Php 4,500
Kegiatan – ATV Trail ke puncak Mayon Php 7,500
Kegiatan – 1 dasar menyelam Php 3,000 / orang