Agusan Del Sur

[titleborder title=”Sekilas Tentang Agusan Del Sur” color=”green”]
Walau Anda tidak akan menemukan pantai di sini, padang-padangnya yang subur, pegunungan tinggi, dan alam yang hijau sudah membuat Anda merasa tidak memerlukan pantai.
Wilayah 13
AGUSAN DEL SUR
Agusan del Sur adalah provinsi terbesar di wilayah CARAGA. Provinsi yang tidak berbatasan dengan laut ini dihuni oleh suku asli Manobo, Higaonon, Aeta, Mamanwa, dan Bagobo.
Obyek wisata alam yang menjadi daya tarik utama adalah Suaka Margasatwa Rawa Agusan. Lahan perairan dengan peran besar dalam lingkungan hidup ini menjadi habitat burung migran dan hewan liar. Gunakan sampan untuk mengarungi suasana gaibnya.
Agusan del Sur juga memiliki banyak air terjun. Beberapa di antaranya tersembunyi di dalam hutan tropis yang lebat dan masih belum ditemukan. Air terjun Tugonan yang bertingkat dua melimpah ke perairan yang berwarna hijau zamrud. Anda pasti tidak tahan untuk tidak menceburkan diri ke dalamnya!
Air Terjun Bega yang memukau tersembunyi di tengah alam liar dan sering dikunjungi petualang setempat. Untuk mencapainya Anda perlu tracking menempuh jalur-jalur yang ternaungi pepohonan. Dari mata air alami, Sungai Gibong yang tenang mengalir ke Air Terjun Binaba.
Obyek wisata yang mulai popular di Agusan del Sur adalah Bunawan Eco-Park yang menjadi tempat buaya terbesar dalam penangkaran: si Lolong.
Satu lagi kebanggan provinsi ini adalah Pohon Toog di Agusan. Pohon tua ini dianggap sebagai pohon terbesar ketiga di dunia dan diterangi dengan sangat cantik di malam hari.
Tapi harta paling berharga selain dari daya tarik alami adalah Golden Tara (patung berhala purba) yang ditemukan wanita suku Manobo di Sungai Wawa di Esperanza. Replikanya disimpan di Museum Nasional Butuan.
Tidak disangkal lagi, Agusan del Sur adalah wilayah terkaya di Tanah Perjanjian – Mindanao. Di sini Anda bisa melihat alam liar yang belum tersentuh usaha komersil.

[titleborder title=”KEGIATAN UTAMA” color=”green”]

Melihat Rawa

Anda dapat mendayung perahu di Suaka Margasatwa Rawa Agusan, salah satu perairan tawar terbesar dan terkaya di Filipina. Lokasi ini menjadi habitat berbagai spesies burung air.
Pohon besar
Pohon Toog di Agusan dikenal sebagai pohon ketiga terbesar di dunia dengan ketinggian sekitar 95 meter. Pohon ini ada di sisi jalan raya di Brgy. Alegria, San Francisco.
Bertemu buaya
Buaya terbesar dalam penangkaran ada di Bunawan Eco-park and Wildlife Reservation Center. Lolong ditangkap tanggal 3 September, 2011 di Bunawan dan panjangnya 6,1 meter.
Mencari air terjun
Anda dapat berendam di perairan sejuk di Air Terjun Tugonan, yang dikelilingi hutan lebat. Air Terjun Bega merupakan favorit trekker. Air Terjun Binaba juga merupakan mata air alami.
[titleborder title=”How to get there” color=”green”]

Air

There are daily flights from Manila to Butuan City, where the nearest airport is located.

Land
Take a bus bound for Davao City and alight in Agusan del Sur.
Sea
The nearest port is located in Nasipit, Agusan del Norte.
FAKTA UNIK

Agusan del Sur juga dikenal sebagai “Tanah Keberuntungan.”

[titleborder title=”INFORMASI HARGA” color=”green”]
BARANG/JASA Harga
Makan – Hidangan khas – Menu Halwan Php 100 / orang
Akomodasi – Kamar Hotel Php 800
Akomodasi – Kamar Keluarga Php 1,500
Akomodasi – Asrama Php 250 / orang
Transportasi -10 menit menggunakan becak Php 25
Transportasi -10 menit menggunakan jeepney Php 10
Transportasi -30 menit menggunakan kapal Php 250
Belanja -Suvenir T-Shirt Php 150
Belanja -Kerajinan tas Php 500
Kegiatan – 1 hari hiking dengan pemandu di Gn. Magdiwata Php 1,000
Kegiatan – 1 hari hiking dengan pemandu di Putting Buhangin Php 1,000
Kegiatan – Kayak Rental Php 100
Kegiatan – Sewa kapal (muat 20 orang) Php 4,000 / hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *