San Juan

 

 

Pesisir pantai di San Juan (dok PDOT)

Sekilas Tentang San Juan

Wisata di Filipina, silahkan berkunjung ke San Juan. Kota San Juan  berada di Provinsi La Union yang berada di kawasan Ilocos di Pulau Luzon. Kota ini adalah satu dari 16 kota yang membentuk Metro Manila.

Biasanya saat weekend, San Juan menjadi pilihan warga Manila untuk menghabiskan waktu karena lokasinya yang tidak jauh. San Juan  juga dikenal sebagai  salah satu tempat terbaik untuk wisata surfing di Filipina. Cara menuju tempat ini sangatlah gampang, bisa dicapai dengan Jeepney dan bus.

Bila kamu wisata di Filipina, dan berada di Kota Manila sangatlah mudah menuju ke San Juan. Jaraknya hanya beberapa jam dari Manila dan ini adalah lokasi berselancar terdekat dari ibukota. Dengan garis pantai terpanjang kelima di dunia, San Juan memiliki belasan area berselancar yang siap dinikmati. Kawasan ini selau ramai dikunjungi wisatawan yang ingin wisata surfing bersama keluarga.

 

Kegiatan Utama

1. Menikmati Ombak

Pertama, cobalah Barangay Urbiztondo. Ini titik awal lokasi berselancar di wilayah Ilocos. Pemula menyukai daerah ini karena ombaknya yang mudah dan singkat. Ada banyak akomodasi yang dapat Anda pilih dan kebanyakan di tepi pantai. Kamu bisa memilih antara vila yang mahal atau homestay yang terjangkau.

Belajar berselancar di sini sangat terjangkau dibandingkan lokasi berselancar lainnya di dunia. Walau cukup komersil, usaha berselancar di sini masih dikelola warga setempat dan ini menjadikannya berbeda. Peselancar di kota ini membentuk perkumpulan dan memberikan pelajaran untuk siapa saja. Ada banyak sekolah dan pelatihan berselancar untuk berbagai tingkat keahlian.

Waktu yang paling sesuai untuk berselancar di Urbiztondo ada di bulan Juli- Oktober, dan November- Maret.  Untuk kemudahan kamu menikmati ombak, silahkan reservasi tempat dengan La Union Surf Club. Jadi  kamu bisa bertemu peselancar setempat dan hidup seperti mereka.

2. Jelajah Ibukota

Nikmati keindahan San Fernando dengan perjalanan singkat menggunakan Jeepney. Pastikan kamu singgah di Thunderbird Resort yang bergaya Yunani. Kamu tidak mungkin melewatkan bangunan putih cemerlang di Poro Point ini. Untuk mengenal tradisi Taoisme, kunjungi kelenteng Ma-Cho dan panjatkan keinginan mu.

3. Hiking ke kolam renang

Manjakan diri sambil berenang di kolam renang Bakes.  Kami harus sedikit hiking untuk mencapainya, tetapi sampai di sana dijamin deh penat kamu akan sirna.

4. Dari resor ke resor

Bauang ada di pesisir yang sama dengan San Juan, tapi ombaknya tidak terlalu besar. Karena itu, tempat ini ideal untuk keluarga yang sekedar ingin berenang atau piknik. Resor di tempat ini cukup maju dan kamu bisa bebas memilih resort yang diinginkan.

5. Wisata Kuliner dan Belanja

Beragam restoran dan bar dengan menu terbaik siap memanjakan lidah kamu untuk wisata kuliner di San Juan. Serta destinasi belanja seperti mall dan street market bisa kamu kunjungi. Tradisi setempat lainnya yang menjadikan tempat ini menarik adalah gerabah. Dalikan atau kompor yang terkenal, dibuat dari campuran tanah liat merah, masih terus diproduksi karena masih digunakan untuk keperluan sehari-hari oleh warga.

Bagaimana Mencapainya

Udara
Ingin wisata ke San Juan, kamu silahkan terbang menuju Manila. Setelah itu gunakan transportasi darat menuju San Juan.

Darat

Jaringan bus mengantar kamu dari Utara ke Selatan. Ada beberapa hal yang perlu diingat saat kamu wisata di Filipina dan bertujuan ke San Juan :

1. Bus dapat berhenti di mana saja di sepanjang rute.
2. Ada banyak sekali armada bus.
3. Sebaiknya menggunakan bus AC untuk perjalanan panjang.
4. Untuk jarak jauh (lebih dari 7 jam) paling ideal menggunakan bus malam.
Dengan mengikuti petunjuk tersebut Anda bisa menggunakan bus mana saja ke San Fernando, La Union. Setibanya di sana, lanjutkan dengan Jeepney ke Urbiztondo. Anda bisa juga menggunakan bus langsung jurusan San Juan. Pastikan kamu memberi tahu kondektur mau turun di Urbiztondo

 

INFORMASI HARGA

  • Harga bisa berubah tergantung tempat dan waktu
  • – 1 Peso = Rp 283 (Update November 2018)
BARANG/JASA Harga
Makan – Landak laut / Maritangtang mulai Php 10/ potong
Makan – Chicken Barbecue mulai Php 50 – Php 200 / porsi
Akomodasi – kamar hostel mulai Php 400 – Php 800 / kamar
Akomodasi – kamar hotel mulai Php 1.000 – Php 3.000 / kamar
Akomodasi – kamar keluarga mulai Php 2.000 – Php 5.000 / kamar
Akomodasi – kamar resor mulai Php 2.000 – Php 6.000 / kamar
Transportasi – 10 menit menggunakan becak mulai Php 10 / tarif minimum
Transportasi – 10 min. Jeepney Ride mulai Php 8
Kegiatan – berselancar mulai Php 600 / jam sewa papan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *