Pilar, Bataan

[titleborder title=”Sekilas Tentang Pilar, Bataan” color=”green”]
Bataan. Terkenal saat Perang Dunia II dan masih banyak lagi. Provinsi mungil ini terdiri dari 11 kota kecil dan satu kota besar.
Wilayah 3
Bataan
Dalam sejarah dunia provinsi ini terkenal karena March Maut Bataan selama Perang Dunia II. Ada penanda dan monumen di sepenjuru provinsi ini yang memperingati tentara yang telah berjuang keras untuk melindungi Filipina di masa tersebut. Monumen Keberanian (Shrine of Valor) di Gn. Samat salah satunya.
Kalau sejarah PDII tidak menarik bagi Anda, tidak usah khawatir. Bataan memiliki pantai-pantai yang sangat indah. Di pantai di Morong banyak terdapat resor mewah dan milik keluarga. Daerah ini juga memiliki banyak pegunungan yang meliputi 80% luasnya. Anda dapat mendaki gunung seperti Gn. Natib atau menikmati air terjun seperti Paskulan dan Duskulan.
[titleborder title=”Kegiatan utama” color=”green”]

Mendaki gunung

Filipina merupakan negeri yang bergunung-gunung jadi ada banyak gunung yang dapat menjadi pilihan untuk didaki. Bataan, seperti kebanyakan provinsi, memiliki beberapa gunung dan gunung api aktif. Semuanya dapat Anda daki. Gn. Natib memiliki ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut serta penuh dengan spesies endemik dan langka. Perlu sekitar empat jam untuk mencapai puncaknya.
Pilar dan PDII
Karena Amerika Serikat menduduki Filipina, negara ini terlibat dalam Perang Dunia II antara Amerika dan Jepang. March Maut Bataan merupakan bukti nyata perang yang dahsyat ini. Tujuh puluh delapan ribu tentara Filipina dan Amerika berjalan dari Mariveles, Bataan sampai dengan Capas Tarlac. Anda dapat berziarah ke Shrine of Valor di Gn. Samat, dan mengheningkan cipta bagi pahlawan PDII.
Pantai
Di Morong, Bataan, ada beberapa pantai yang menghadap Laut Filipina Barat. Di sini Anda bisa menemukan penyu yang menandakan airnya murni dan bersih. Perlu tempat bermalam? Cobalah Morong Beach Club.
Hidup di masa spanyol
Las Casas Filipinas de Acuzar di Bagac merupakan resor dengan nuansa sejarah budaya karena merupakan replika kota Filipina di masa kolonial Spanyol. Terdapat rumah dan bangunan asli yang dipindahkan dengan susah payah ke lokasi dan dibangun kembali. Jika Anda mengharapkan liburan yang mewah dengan sentuhan sejarah, sebaiknya Anda langsung menuju tempat ini.
[titleborder title=”Bagaimana Mencapainya” color=”green”]

Udara

Diosdado Macapagal International Airport melayani penerbangan internasional dari kota-kota besar seperti Incheon, Singapura, dan Hong Kong.
Darat
Bataan Transit merupakan armada bus yang melayani rute Pasay-Balanga. Armada bus Genesis melayani rute Baguio-Mariveles.
Laut

[titleborder title=”INFORMASI HARGA” color=”green”]
BARANG/JASA Harga
Makan – Tinapa Php 150
Akomodasi – kamar hostel Php 900 / kamar
Akomodasi – kamar hotel Php 1.900 / kamar
Akomodasi – Kamar keluarga Php 2.500 / kamar
Akomodasi – Kamar resor Php 2.500 / kamar
Transportation – 10 menit menggunakan becak Php 50 – Php 100 sekali jalan
Transportation – 10 menit menggunakan jeepney Php 8 / orang
Transportation – 30 menit menggunakan kapal Php 300 / orang
Kegiatan – tiket Museum Php 50 / orang
Kegiatan – tur keliling kota Php 500 / orang
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu Php 500 / orang
Kegiatan – Zip Line Php 300 / orang
Kegiatan – naik perahu Php 300 / orang
Shopping – Suvenir T-Shirt Php 250 / kaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *