Monasterio de Tarlac (Biara Tarlac)

 

 

 

Monasterio de Tarlac (dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Monasterio de Tarlac

Liburan ke Filipina, yuk main ke Tarlac. Kota ini berada di Luzon Tengah kaya akan cerita dan ikon sejarahnya yang tersebar di pusat kota. Kota ini berjarak 130 Km dari Manila.

Tarlac bukanlah kota yang besar. Namun, kota ini memiliki biara yang menyimpan salah satu relikui paling suci dalam agama Nasrani, potongan salib Yesus Kristus. Peziarah dari berbagai penjuru datang dan berdoa di tempat ini, satu-satunya potongan salib di seluruh Asia!

Selain wisata sejarah, para petualang juga bisa jelaji Tarlic dengan hiking. Kamu bisa hiking di beberapa gunung yang rata-rata akan memakan waktu 4-5 jam dengan jalur yang tidak berat.

Nikmati juga wisata olah raga arung jeram dengan kayak. Bukan dengan perahu karet tapi kayak lho!. Kamu dapat mengarungi Sungai Camaling yang bergelora dengan kayak. Ada banyak sungai yang dapat Anda pilih di Tarlac seperti Bulsa dan jeram Nambalan.

Kegiatan Utama

1. Wisata Religi

Saat liburan di Filipina, kamu akan mudah menemukan destinasi religi ke gereja dan beragam situs. Begitu juga saat main ke Tarlac, kamu bisa berkunjung ke Monasterio de Tarlac.

Monasterio De Tarlac bukan bangunan tua seperti gereja abad pertengahan yang banyak ditemukan di Filipina. Biara ini relatif baru karena dibangun tahun 2001 di San Jose’s Eco-Tourism Park. Alasan bangunan ini sangat penting bagi umat Nasrani karena di bangunan ini ada relikui potongan salib Yesus Kristus (juru selamat dan Anak Allah bagi umat Nasrani).

2. Adrenalin

Ayo coba arus Sungai Camaling dengan kegiatan arung jeram. Kawasan ini berada di Pegunungan Maamot, sekitar 30 menit dari pusat Kota Tarlac.

Arungi sungai Camaling dengan Rapid Stream, jasa kayak satu-satunya di kota. Rutenya sepanjang 12 kilometer dan paling seru saat hujan. Reservasi terlebih dahulu karena hanya melayani yang mereservasi.

Kamu yang berjiwa jelajah bisa juga hiking ke Gunung Bunkol Baka, yang berarti punuk sapi. Kamu juga bisa mencoba hiking Gunung TMC-Kawayan dan Gunung Tangisan. Di sini kamu bisa bertemu salah satu dari 110 suku asli Filipina, Suku All. Gunung-gunung ini cocok untuk hiking sehari. Pastikan mereservasi dengan Tarlac Mtempat.

3. Eco-Tourism Park

Di Sitio Padlana, kunjungi Eco-Tourism Park yang cocok untuk piknik dan bersantai. Ditambah lagi, ada patung Kristus Bangkit setinggi 9 meter.

Bagaimana Mencapainya

Saat liburan di Filipina, kamu bisa menggunakan transportasi darat yang beragam. Bila kamu ingin ke Tarlac, silahkan naik bus  dari Manila dengan jurusan Tarlac, Baguio atau Dagupan dari Pasay atau Cubao. Minta diturunkan di Tarlac. Lama perjalanan sekitar 2,5- 3 jam. Lalu lanjutkan menggunakan Jeep jurusan kotamadya San Jose.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *