Baler, Aurora

[titleborder title=”Sekilas Tentang Baler, Aurora” color=”green”]
Aurora. Provinsi ini dinamakan sesuai nama kekasih dan istri Presiden Manuel Quezon. Sungguh romantis! Provinsi ini salah satu daerah di Luzon Tengah yang masih alami. Dengan 70% hutan dan garis pantai 328 kilometer, banyak sekali keindahan yang dapat Anda nikmati. Baler adalah ibu kota provinsi dan terkenal karena pendudukan bersejarah dan ombak yang dahsyat.
Wilayah 3
Baler, Aurora
Kota ini menjadi lokasi Pendudukan Baler yang terkenal dalam sejarah. Saat bangsa Spanyol menjual Filipina ke Amerika, ada sekelompok tentara Spanyol yang melawan dan merasa Amerika tidak pantas. Mereka menduduki Gereja Baler selama hampir setahun sampai akhirnya menyerah. Tempat ini merupakan pertahanan Spanyol terakhir di Filipina dan kejadian ini disebut Pendudukan Baler.
Saat ini, budaya pop lebih nyata di Baler karena merupakan surga peselancar. Pantai Sabang paling popular dan banyak memiliki toko dan sekolah selancar bagi peselancar pemula maupun berpengalaman. Waktu yang cocok berselancar adalah September sampai Maret.
[titleborder title=”Kegiatan Utama” color=”green”]

Mengendara Ombak Pasifik

Memang perjalanan ke Baler cukup lama. Namun Anda akan melewati hutan tropis yang lebat, pesisir yang indah, dan jalanan sedikit tidak rata yang justru akan menyegarkan panca indera Anda. Yang pasti, ombaknya! Baler memiliki beberapa lokasi selancar dengan berbagai tingkat kesulitan. Anda bisa memilih sendiri seperti memilih di menu. Pantai Sabang cocok untuk pemula. Pantai ini juga memiliku pantai berpasir kelabu yang luas dan cocok untuk berjemur. Untuk yang memiliki jiwa petualang, coba Dapa atau terumbu Cobra. Ombak dapat mencapai ketinggian 4 meter dan cocok untuk yang menyukai tantangan.
Selancar angin, Snorkeling, dan menyelam!
Di luar musim berselancar, Anda dapat berselancar angin di bulan Maret-Juni. Dengan garis pantai yang panjang–328 kilometer–tidak susah mencari lokasi snorkeling. Pantai Digisit, gugus pulau Lukso-lukso, dan Teluk Dicasalarin merupakan lokasi snorkeling yang mengagumkan. Untuk menyelam, Anda dapat menuju Pantai Borlongan dan menyaksikan koral berbentuk jamur.
Melingkari pohon
Pohon ini merupakan pohon balete (beringin) terbesar di Asia dan lebih tua dari masa kolonial Spanyol di Filipina. Untuk melingkari pohon seumur 600 tahun ini perlu 60 orang.
Melihat Pantai
Aurora penuh dengan teluk-teluk yang mengagumkan. Teluk Dibut di San Luis dapat dicapai dengan perjalanan singkat menggunakan perahu tradisional. Ini pantai yang sempurna dengan tebing, pantai, dan formasi batuannya. Ada teluk Casiguran, yang airnya tenang sepanjang tahun. Ditambah lagi, pasirnya putih!
Kenali sejarah kota
Kunjungi rumah peristirahatan Presiden Manuel L. Quezon dan pelajari Pendudukan Baler saat ke Gereja Katolik Baler.
[titleborder title=”Bagaimana Mencapainya” color=”green”]

Udara


Darat
Dari Manila, perjalanan memakan waktu kurang lebih 5-6 jam. Pilihan terbaik menggunakan angkutan umum karena jalanannya berliku-liku di pegunungan bermedan berat. Anda juga daapt menggunakan kendaraan segala medan.
Laut


Saran dari Penduduk Setempat
“Anda harus ke Air Terjun Mother (ibu) dan berjalan di jembatan gantungnya!”

[titleborder title=”INFORMASI HARGA” color=”green”]
BARANG/JASA Harga
Akomodasi – kamar hostel Php 900 / kamar
Akomodasi – kamar hotel Php 1.900 / kamar
Akomodasi – kamar keluarga Php 2,500 / kamar
Akomodasi – kamar resor Php 2,500 / kamar
Transportasi – 10 menit menggunakan becak Php 50 sekali jalan
Transportasi – 10 menit menggunakan Jeepney Php 8 sekali jalan
Transportasi – 30 menit menggunakan perahu Php 300 / orang (10 orang)
Kegiatan – Tiket Museum Php 50 / orang
Kegiatan – Tur keliling kota Php 500 / orang
Kegiatan – Tur sehari keliling kota Php 500
Kegiatan – Trekking Php 500 / orang
Kegiatan – berselancar Php 500 / orang
Belanja – Suvenir T-Shirt Php 250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *