Ormoc

[titleborder title=”Sekilas Tentang Ormoc” color=”green”]
Tenang dan sederhana: demikian lah kota Ormoc.
Wilayah 8
Samar Timur
Kota ini terkenal karena tiga hal.
Pertama karena Danau Danao yang berbentuk seperti gitar, danau air tawar seluas 148 hektar dikelilingi pegunungan hijau dan udara sejuk menyegarkan yang berjarak hanya 30 menit dari pusat kota. Nikmati piknik dan berperahu banca atau bersepeda dan mengamati flora dan fauna setempat sambil ditemani nuansa hening yang tiada tandingannya.
Yang kedua nanas queen, hasil bumi paling terkenal dari Ormoc dan pilihan utama untuk jadi pasalubong (oleh-oleh). Rasakan manisnya potongan nanas yan berair dari perkebunan di utara kota Kananga.
Ketiga adalah Leyte Geothermal Production Field (LGPF) di Tongonan, sebelah timur kota. Ini merupakan kompleks geotermal terbesar di Filipina yang memasok energi bahkan sampai bagian dari Luzon dan Mindanao.
Di kota, berjalan santai dapat mengungkap obyek wisata tersembunyi. Sabin Resort di tepi pantai merupakan penginapan favorit di Ormoc, dengan dekor bergaya Filipina, kolam yang besar, dan pemandangan yang indah.
Anda dapat bersantai di tempat minum setempat seperti café Bebida’s yang nyaman — atau segera menuju pasar unum dan cicipi pacdol (kuah kaldu bening dengan daging lutut kerbau) di Doro’s carinderia (warung makan).
Temukan Monumen Perdamaian Filipina-Jepang, sebuah hadiah persahabatan dari Nagoya dan Gifu setelah Perang Dunia II.
Kunjungi juga Puente De La Reina, jembatan dari batu kali yang dibangun di tahun 1800-an dan juga digunakan sebagai tempat berlabuh bagi para pedagang dari berbagai penjuru Asia; dan Reruntuhan Sen. Dominador Tan, salah satu rumah paling megah di kota sebelum Perang Dunia II.
Anda juga dapat bermain golf di Leyte Golf and Country Club yang memiliki 18 hole, sambil melihat pemandangan berbukit dan Teluk Ormoc.
[titleborder title=”Bagaimana mencapainya” color=”green”]

Udara

Terbang dari Manila (1 jam) ke Tacloban, ibu kota Leyte.
Darat
Gunakan bus atau travel (satu setengah jam) dari Tacloban ke Ormoc.
Laut
Gunakan kapal cepat (dua setengah jam) dari Cebu ke Ormoc.

[titleborder title=”Kegiatan Utama” color=”green”]

Mendayung

Nikmati wisata dengan kapal di Danau Danao.
Nikmati yang manis
Santap nanas Queen dari Ormoc.
Menginap
Menginap di Sabin Resort.

Saran dari penduduk setempat

Dapatkan nanas Queen sebagai oleh-oleh buat sanak dan teman.
Cicipi kerang kepah air tawar yang disebut “tab” di Danau Danao.
Pastinya lebih seru kalau berkendara naik truk tebu yang trandisional dari pertanian ke pusat kota Ormoc. Hanya ada sedikit yang tersisa jadi pastikan Anda menumpang di atasnya kalu melihatnya!
Bawa sepeda ke Danau Danao jadi Anda dapat dengan mudah berkeliling menikmati pemandangan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *