Kalinga

[titleborder title=”Sekilas Tentang Isabela” color=”green”]
Sebuah daerah yang sarat dengan budaya suku setempat, Kalinga menjadi percontohan bagaimana gaya hidup masyarakat pegunungan membentuk penduduknya yang gigih.
CAR
Kalinga
Suku Kalinga, dengan 31 anak sukunya menerapkan seni batok atau tato selama seribu tahun terakhir. Hanya diperuntukkan bagi pria dan wanita terberani, tato dirajahkan dengan siit (duri jeruk) dan bilah bambu. Di masa kini Anda dapat melihat pria dan wanita tetua dengan tato menyeramkan di dada dan lengan mereka. Kebanyakan dari seniman tato telah tiada. Wanita mambabatok (seniman tato) yang terakhir, Whang Od, tinggal di Buscalan.
Seni memang sudah mendarah daging di suku Kalingas. Kunjungi desa tenun mereka, seperti Desa Tenun Mabilong. Anda juga dapat menemukan kerajinan gerabah di kota Pasil.
Seperti daerah lainnya di wilayah Cordillera, daerah ini penuh dengan bukit, lembah, tebing, dan teras sawah. Hal yang paling menyenangkan adalah belum terlalu ramai wisatawan di tempat ini. Bahkan tidak terlalu dikenal oleh warga Filipina, Kalinga masih memiliki banyak teras sawah yang belum berubah seperti di Buscalan. Bukan saja cantik, tapi teras sawah di sini menghasilkan nasi yang sangat lezat. Filipina memiliki 6.000 varietas beras dan Kalinga memproduksi puluhan jenisnya. Beras Red Unoy sangat kaya rasa dan telah diekspor ke toko-toko besar seperti Dean and Deluca di Amerika Serikat.
Kalinga juga tempat yang mengasyikkan untuk trekking. Banyak jalur yang digunakan penduduk setempat untuk pergi dari desa ke desa jadi Anda dapat merasakan perjalanan yang kaya budaya. Minta petunjuk dari pemandu Anda mengenai trekking melalui Ngibat, Butbut dan Buscalan.
Senang aktivitas air? Rasakan petualangan di Sungai Chico dengan segala tantangannya. Jeram di sini berkisar dari Kelas III yang mudah sampai dengan Kelas V yang sangat menantang.
Provinsi ini menanti Anda untuk menjelajahinya. Bersiaplah untuk bertualang!
[titleborder title=”Kegiatan Utama” color=”green”]

Tato

Hias tubuh Anda dengan seni yang lain dari pada yang lain dan minta lah seniman tato terakhir di daerah tersebut untuk merajah keindahan di kulit Anda. Walau sakit, tentunya Anda akan punya sesuatu untuk disombongkan.

Karbohidrat nikmat

Bawa pulang varietas beras terbaik di dunia sebagai oleh-oleh untuk sanak dan teman.
Wisata desa ke desa
Perhatikan gaya hidup masyarakat pedesaan saat Anda trekking dari desa ke desa. Pemandangannya sangat memukau jadi perjalanan Anda tidak akan terasa berat.

[titleborder title=”Bagaimana mencapainya” color=”green”]

Udara

Terbang ke Tuguegarao dan lanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke arah selatan ke Tabuk City.
Darat
Victory Liner (terminal Kamias) melayani perjalanan setiap hari ke Tabuk City, ibu kota wilayah ini. Perjalanan memakan waktu 11 jam. Pastikan Anda sudah mereservasi tempat!
Laut


[titleborder title=”Fakta Menarik” color=”green”]

Kalinga dan Apayao

Sampai dengan tahun 1995, provinsi Kalinga dan Apayao dulunya satu provinsidan dinamai “Kalinga Apayao.”
[titleborder title=”INFORMASI HARGA” color=”green”]
BARANG/JASA Harga
Makan – Hidangan khas – Pinikpikan Php 120 / porsi
Transportasi – 10 menit menggunakan becak Php 10 / orang
Transportasi – 10 menit menggunakan jeepney Php 10 – 20 / orang
Kegiatan – hiking sehari dengan pemandu

Php 2.000
Kegiatan – Arung Jeram di Sungai Chico – rute Ulalim

Php 4.000
Kegiatan – Arung Jeram di Sungai Chico – rute Mataguan

Php 7.000
Kegiatan – Arung Jeram di Sungai Chico – rute Ulalim – Mataguan

Php 8.500

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *