Bohol, Destinasi Favorit di Filipina

Pemandangan di Chocolate Hills (bohol.ph)

 

TENTANG BOHOL

Bicara tempat wisata populer dan asyik di Filipina, Bohol lah pilihannya. Bohol adalah sebuah provinsi kepulauan yang berada di central Visayas. Terdiri dari Pulau Bohol dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Wisata ke Bohol banyak piilihan destinasi yang bisa kamu pilih. Sebagai provinsi kepulauan, tentnu saja Bohol kaya aakn pantai dan wisata lautnya.

Selain itu, Bohol juga terkenal dengan bentang alamnya yang menawan dan ikonik. Sebut saja Chocolate Hills, yang terkenal– lebih dari 1.268 kubah batu gamping berselimutkan rumput yang serupa satu sama lainnya. Perbukitan yang indah ini berubah warna menjadi coklat di musim kemarau dan dari situ lah julukannya berasal. Agar kunjungan Anda lebih seru, gunakan kendaraan segala medan untuk menjelajahi perbukitan ini.

Tujuan wisata di Bohol lainnya adalah Taman Margasatwa Tarsius dan Hewan Liar Filipina (Philippine Tarsier and Wildlife Sanctuary) di Corella. Mampir ke taman ini dan hampiri tarsius Filipina di habitat alamiahnya. Dengan panjang badan hanya sekitar tiga sampai enam inci, hewan ini merupakan salah satu primata terkecil di dunia. Dengan mata membelalak dan tubuh kecilnya serta wataknya yang peka, tarsius memang menggemaskan.

Bike Zipline di Chocolate Hills Adventure Park (bohol.ph)

 

KEGIATAN UTAMA

1. Wisata Sungai, Pantai dan Laut

Sebagai provinsi kepulauan Bohol memiliki banyak pantai cantik yang menawan. Sebut saja Pantai Danao dan Pantai Alona di Pulau Panglao .

Untuk wisata kapal pesiar, ada Loboc. Sambil Anda perlahan mengarungi Sungai Loboc, Anda bisa menikmati prasmanan Filipina diiringi alunan lagu warga setempat.

Loboc Ecotourism Adventure Park juga menawarkan kabel titian (zipline) dan kereta gantung di mana keduanya menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari udara.

Pulau Pamilacan di dekat Bohol juga terkenal karena beralih dari praktek penangkapan ikan yang sangat merusak menjadi konservasi biota laut dan ekoturisme yang berkelanjutan. Kebanyakan orang datang untuk menyaksikan wisata mengamati lumba-lumba dan paus. Selain itu pulau ini juga memiliki pantai-pantai berpasir putih, lokasi menyelam yang indah, dan benteng Spanyol berumur ratusan tahun.

Petualangan lebih seru menanti di E.A.T Danao. Tanyakan apa itu “plunge” saat di sana — dan uji keberanian Anda.

 

Gua Cabognaw di Anda, Bohol (bohol.ph)

 

2. Wisata Sejarah

Baclayon merupakan tujuan wisata yang cocok buat peminat arsitektur bersejarah. Gereja Baclayon adalah bangunan yang terawat baik yang dinyatakan sebagai bangunan bersejarah nasional pada tahun 1995. Dekorasi antik dan relikui keagamaannya, yang dipajang di museum gereja, berasal dari abad XVI.

Jalan raya Baclayon juga merupakan lokasi lebih dari 65 bangunan rumah leluhur Spanyol-Filipina. Beberapa di antaranya sudah berdiri sejak 1853 lho!

3. Wisata Belanja

Jalan-jalan tidak elngkap rasanya jika tidak kberkunjung ke tokoh oleh-oleh. Lengkapi kunjungan kamu dengan singgah ke Aproniana Gift Shop yang menjual dari makanan lokal sampai boneka tarsius.

4. Wisata Alam

Kunjungi Chocolate Hills dengan berjalan atau menggunakan kendaraan segala medan. Nikmati gundukan berwarna hijau dari ketinggian dan jangan lupa kamu abadikan dan upload dalam media sosial mu.

Jelajahi juga gua-gua cantik seperti Gua Cabognaw dan Lamanoc Island. Jangan lupa main air di air terjun cantik seperti Pahangog Twin Falls, Can Umantad Falls, dan lainnya.

Satu lagi destinasi di Bohol yang tidak boleh terlewat adalah Philippine Tarsier and Wildlife Sanctuary. Temui si mungil tarsier, salah satu hewan terkecil di dunia dengan mata besar yang menggemaskan.

 

Pantai Alona (bohol.ph)

BAGAIMANA MENCAPAINYA

1. Jalur Udara

Bandara Kota Bohol adalah Bandara Tagbilaran. Penerbangan antara Tagbilaran dan Manila memakan waktu 1 jam dan 15 menit. Beragam penerbangan domestik dan murah ada setiap hari. Silahkan kamu cek di sini ya.

2. Jalur Darat

Anda dapat berkendara dari Cebu ke Tagbilaran dengan menyeberang menaiki kapal fery yang keberangkatannya tersedia setiap hari. Silahkan melihat informasinya di sini ya.

3. Laut

Pelabuhan Wisata Tagbilaran City melayani penyeberangan Cebu-Bohol dan kota-kota besar di pesisir Mindanao. Perjalanan dengan feri cepat dari Cebu memakan waktu 2 jam.

Lumba-lumba di Pulau Pamilaca (bohol.ph)

RINCIAN BIAYA

Kegiatan Harga
Makan – Menu Filipina di restoran. Mis., Ayam panggang mulai Php 90 – 120
akomodasi – Kamar hostel mulai Php 350 – 400 per orang
akomodasi – Kamar hotel mulai Php 1,000 – 2,000
akomodasi – Family room mulai Php 3,000 – 6,0000
akomodasi – cottage mulai Php 2,500 – 8,000
Transpor – 10 menit menggunakan becak mulai Php 8.00 – 15.00
Transpor – 10 menit menggunakan jeepney mulai Php 8.00 – 15.00
Transpor – Rental kendaraan segala medan mulai Php 800 – 1,000
Kegiatan – Tiket museum mulai Php 50 & below
Kegiatan – Kabel titian Loboc mulai Php 350
Kegiatan – Loboc River cruise with lunch mulai Php 400
Kegiatan – Bohol Countryside tour mulai Php 1,200 per orang
[